Pantai Gatra, Pantai Eksotis Yang Tersembunyi di Malang Selatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Pantai Gatra adalah salah satu pantai yang menjadi bagian dari Clungup Mangrove Conservation (CMC), bersama dengan Pantai Tiga Warna dan Pantai Clungup. Seperti semua pantai yang ada di Malang, pantai ini terletak di Malang bagian selatan dan menghadap langsung samudra hindia.

Meskipun letaknya di pesisir selatan Pulau Jawa, yang memiliki tipikal ombak besar, ombak di Pantai Gatra ini relatif cukup tenang dan tidak terlalu besar. Hal ini dikarenakan terdapatnya karang di lepas pantai yang dapat memecah ombak.

image by instagram @rifkydogklekk

Alamat : Sendangbiru, Sitiarjo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Harga Tiket :  Rp. 10.000,-
Jam Buka : Setiap hari
Peta Lokasi : Klik Disini

Pantai ini juga memiliki banyak sekali keindahan yang dapat anda saksikan, dengan pasirnya yang putih bersih, air yang jernih, ombak yang tidak terlalu besar dan pemandangan pulau karang di lepas pantai yang melangkapi keindahan panntai Gatra.
pantai gatra malang
image by instagram @travelningrum_

Yang Menarik Dari Pantai Gatra

Pantai Gatra ini memang masih belum banyak dikenal oleh wisatawan, terutama wisatawan di luar Malang. Namun, meskipun belum terkenal, sisi positifnya ialah tidak banyak orang yang datang berwisata ke pantai ini. Yang artinya anda bisa leluasa menikmati keindahan pantai ini layaknya sedang berada di pantai pribadi.

Menjadi Bagian Clungup Mangrove Conservation

Pantai Gatra termasuk bagian dari Clungup mangrove Consevation, karena masuk kategori wilayah konservasi, maka alam di pantai ini juga masih sangat terjaga. Saking terjaga alamnya, dipastikan tidak akan anda temui sampah di area pantai ini.

Karena letaknya yang berada di kawasan konservasi, maka tidak akan anda temui warung penjual makanan, hal ini akan mengurangi timbulnya potensi sampah. Tapi anda masih bisa menjumpai warung atau homestay di jalan sebelum memasuki kawasan konservasi.

Oh iya… Ada satu lagi yang unik dari pantai ini yaitu ketika anda datang, pengelola pantai ini akan mengecek dan menghitung semua barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah, dan ketika anda pulang, akan dicek lagi dan disesuaikan dengan data barang ketika anda masuk. Intinya anda dilarang keras meninggalkan sampah di area Pantai Gatra.

Memiliki Pasir Puith, Air Jernih & Ombak Relatif Tenang

Pasir putih yang bersih akan membuat penampilan pantai ini menjadi lebih sempurna, karena pantai yang memiliki pasir bersih berwarna putih tentu menjadi primadona pecinta wisata pantai. Selain itu ombak di Pantai Gatra ini juga tidak terlalu besar seperti ombak khas pantai selatan. Hal ini bisa terjadi karena terdapat karang yang terdapat di lepas pantai dan bisa berfungsi memecah ombak yang datang ke arah pantai.

Karena ombaknya yang relatif tenang, pantai ini juga memiliki air yang jernih. Jadi Pantai Gatra ini juga menjadi salah satu tempat yang cocok untuk snorkeling. Pemandangan alam bawah lautnya pun tidak kalah cantik dengan pemandangan pantainya, saat bersnorkeling disini, anda bisa melihat aneka terumbu karanng dan ikan ikan kecil yang hidup disini.

Anda Dapat Menikmati Berbagai Wisata Air Yang Tersedia

Selain menikmati pemandangannya yang indah, disini juga anda bisa mencoba beberapa kegiatan seperti bersnorkeling atau juga berkano menikmati landainya ombak Pantai Gatra.

Berkemah

Berkemah atau camping di pantai adalah aktifitas yang menyenangkan, Camping di pantai tidak kalah serunya dengan camping di gunung lo.. suasananya yang sepi akan membuat anda rileks dan santai menikmati indahnya langit malam bertabur bintang sambil diiringi oleh suara ombak.
pantai di malang
image by instagram @adhi_potrock

Lokasi

Pantai ini berlokasi di Malang Selatan, pintu masuknya harus melalui Pantai Clungup, karena untuk bisa memasuki Pantai Gatra ini anda harus melewati pantai Clungup terlebih dahulu.

Lokasi pantai ini tepatnya berada di Sendang Biru, Sitiarjo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 72 kilometer dari pusat Kota Malang.

Jam Buka

Jam buka Pantai Gatra ini full 24 jam setiap hari, karena disini juga terdapat tempat camping, jadi anda bisa bersenang senang menikmati keindahan pantai dari pagi hari hingga pagi di keesokan harinya lagi. Jadi puas puaskan anda menyusuri setiap jengkal area Pantai Gatra ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Gatra

Harga tiket masuk Pantai Gatra sangatlah murah, dengan harga yang murah tersebut, anda bisa menikmati pemandangan indah yang tak terlupakan.

Harga Tiket Pantai Gatra
Tiket masukRp. 10.000,-
ParkirRp. 5.000 – 10.000
Sewa kanoRp. 25.000,-
Berkemah (sewa ground + tenda)Rp. 100.000,-

Note : harga diatas dapat berubah sewaktu waktu

Rute

Jika anda memulai perjalanan dari Kota Malang, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Turen, Sampai di Turen, anda akan menemukan pertigaan dengan papan petunjuk menuju Pantai Sendang Biru, anda tinggal mengikuti papan petunjuk tersebut hingga menemui papan petunjuk Clungup Mangrove Conservation. Dan setelah tiba di kantor Clungup Mangrove Conservation, anda tinggal berjalan kaki menuju Pantai Gatra.

Rute Alternatif juga bisa anda capai jika melewati Pantai balekambang, dari Kota Malang, anda kemudian menuju Kecamatan Gondanglegi lalu melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Bantur hingga sampai perempatan sebelum masuk kawasan Balekambangm anda belok ke arah kiri dan terus mengikuti Jalur Lintas Selatan hingga sampai di pintu masuk Clungup Mangrove Conservation.

wisata pantai malang
image by instagram @__ulfaa

Tips & Saran Berwisata ke Pantai Gatra

Berikut kami berikan beberapa tips dan saran untuk anda yang ingin berwisata ke Pantai Gatra, tips ini bisa anda coba lakukan agar kegiatan anda dalam mengeksplore keindahan pantai berjalan lancar.

Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Tips pertama yang bisa kami bagikan ialah gunakan pakaian yang menurut anda nyaman, terutama untuk kegiatan outdoor. Pakaian ini biasanya berbahan ringan dan cepat kering, karena untuk mencapai pantai ini dari tempat parkir cukup jauh jadi mungkin diperjalanan anda akan berkeringat.

Gunakan Sepatu atau Alas Kaki Yang Kuat

Akses jalan menuju Pantai Gatra ini sendiri cukup jauh dengan beberapa medan yang berupa tanah dan bebatuan. Jadi gunakan alas kaki yang kuat dan nyaman dipakai.

Siapkan Stamina Anda

Seperti yang telah kami singgung diatas, akses dari tempat parkir menuju loaksi pantai cukup jauh dan cukup menguras tenaga, jadi siapkan stamina anda agar tidak mudah lelah. Tapi jangan khawatir, meskipun dibutuhkan tenaga ekstra untuk bisa mencapai pantai ini, setelah sampai, semua rasa lelah dan pegal anda akan terbayar lunas dengan pemandangan indah pantai yang sangat bersih ini.

Bawa Bekal Sendiri

Poin ini cukup penting untuk anda perhatikan, karena di area sekitar pantai tidak akan anda temui pedagang yang berjualan makanan, kecuali di jalan sebelum masuk area konservasi (itupun jaraknya jauh). Jadi, alangkah baiknya jika anda membawa sendiri bekal makanan favorit anda sebelum berangkat. Tapi jangan lupa untuk membawa kembali bungkus makanan atau sampah jika anda tidak ingin didenda.

Bawa Pakaian Ganti

Akan sangat disayangkan jika berwisata ke pantai tanpa nyebur ke airnya. Karena di pantai ini terkenal dengan airnya yang jernih dan anda bisa bersnorkeling dan mencoba mengayuh kano ataupun hanya sekedar bermain air di bibir pantainya. Jika anda membawa pakaian ganti, anda tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan segala hal yang anda inginkan.

Jangan Sekali Kali Membuang atau Meninggalkan Sampah

Aturan satu ini harus benar benar anda patuhi jika tidak ingin terkena sanksi, yakni tentang larangan keras membuang sampah di area pantai. Saat anda memasuki area konservasi, pengelola akan memeriksa barang bawaan anda dan mendata setiap barang yang berpotensi menjadi sampah. Saat pulang petugas akan kembali mendata apakah ada barang yang tertinggal atau tidak sesuai dengan data saat anda masuk.

Jika sampai ditemukan sampah yang berasal dari barang bawaan anda, siap siap untuk menanggung sanksi berupa denda, dendanya pun tak main main, yaitu sebesar Rp. 100.000,- per item sampah. Ketimbang harus membayar denda sebesar itu, akan lebih baik jika anda repot sedikit dengan memperhatikan detail setiap barang bawaan anda agar tidak menjadi sampah di pantai ini.

pantai malang
image by instagram @travelningrum

Itulah beberapa informasi dan saran yang bisa kami berikan untuk anda yang penasaran dan ingin liburan ke Malang dengan mengunjungi Pantai Gatra, semoga info yang kami sampaikan bermanfaat dan dapat menjadi referensi liburan anda.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi panta pantai lain yang ada di Malang seperti Pantai Balekambang, Pantai Sendang Biru, Pantai Ngliyep, Pantai Sendiki, Pantai Teluk Asmara, Pantai SIpelot, Pantai Licin, Pantai Goa Cina, Pantai Tiga Warna dan masih banyak pantai lainnya.

Sekian Terimakasih !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?