Pantai Tiga Warna, Primadona Pantai Dengan Segala keindahannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Pantai Tiga Warna Malang bisa dibilang sebagai salah satu pantai andalan yang layak untuk anda kunjungi. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki beberapa keunikan dan daya tarik tersendiri yang membuatnya berbeda dengan pantai lain pada umumnya.

Pantai Tiga Warna ini juga dikenal sebagai tempat konservasi yang dilindungi kealamiannya, jadi ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap wisatawan yang datang berkunjung kesini. Tapi tenang saja, aturan ini dibuat untuk menjaga kelestarian alam di pantai ini dan juga mempunyai dampak pada suasana pantai yang relatif tenang.

pantai 3 warna
image by @pantaitigawarna

Keunikan Pantai Tiga warna

Seperti yang telah kami singgung diatas, pantai ini memiliki keunikan yang membuatnya tampil beda dari kebanyakan pantai lain. Apa aja sih keunikannya ? Yuk… Simak terus penjelasan kami tentang betapa menarik dan uniknya Pantai Tiga Warna ini.
image by @pantaitigawarna

Sama seperti namanya, pantai ini memiliki tiga macam warna yang dapat anda lihat. Warna pertama ialah warna putih, yang berasal dari warna pasir pantai yang putih bersih. Warna kedua ialah hijau, warna ini dapat anda lihat di lepas pantai yang tidak terlalu dalam. Lalu warna ketiga adalah warna biru, warna biru ini berada di lepas pantai yang menandakan area ini memiliki kedalaman yang cukup dalam.

Pantai Yang Sangat Bersih

tiga warna
image by @pantaitigawarna
Pantai ini terkenal sebagai pantai yang memiliki pasir putih dan bersih di Malang, jika biasanya kita masih dapat menjumpai sampah berserakan di sekitar pantai, namun di pantai ini sangat menjaga kebersihannya. Bahkan terdapat aturan tegas apabila ditemui wisatawan yang membuang sampah di area pantai, maka akan dikenai sanksi denda yang cukup besar.

Airnya Yang Jernih & Tenang

image by @pantaitigawarna

Air di Pantai Tiga Warna ini sangatlah jernih, bahkan disini juga terkenal sebagai tempat snorkeling yang nyaman, karena anda bisa jarak pandang yang cukup jauh ketika menyelam di pantai.

Selain itu, pantai ini juga memiliki arus atau ombak yang relatif tenang, padahal letak pantai ini berada di pesisir selatan Jawa yang memiliki tipikal berombak besar. Ombak yang tenang di pantai ini bisa terjadi karena pantai ini berhadapan dengan Pulau Sempu, jadi ombak besarnya terhalang oleh pulau yang ada di depan pantai ini.

Pantai Yang Juga Menjadi Tempat Konservasi

Pantai Tiga Warna ini juga merupakan tempat konservasi dan masih termasuk bagian dari Clungup Mangrove Conservation yang mengutamakan keseimbangan ekosistem. Jadi, karena masuk kawasan konservasi, tentu ada hal hal yang harus anda perhatikan saat berwisata di Pantai Tiga Warna, aturan tersebut tentu bertujuan untuk menjaga kelestarian ekosistem di pantai ini, tanpa harus sepenuhnya mengorbankan kunjungan wisatawan.
image by @pantaitigawarna

Pantai Tiga Warna Memiliki beberapa Aturan Untuk Para Pengunjung

Karena masuk dalam bagian konservasi hutan mangrove, pantai ini memiliki beberapa aturan yang harus dipenuhi oelh wisatawan, tentu aturan ini hanya bertujuan untuk melindungi kawasan konservasi. Berikut ialah aturan yang terdapat di Pantai Tiga Warna :

Sistem Reservasi

Pantai Tiga Warna mungkin menjadi satu satunya pantai di Malang atau bahkan di Jawa Timur yang memiliki sistem reservasi untuk bisa mengunjunginya. Bagi anda yang ingin mengunjungi pantai ini, harap perhatikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu ya…

Pemeriksaan Barang Bawaan & Sampah

Berikutnya ialah adanya pemeriksaan barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah, contohnya ialah botol minuman, plastik, kemasan makanan dll. Barang barang yang anda bawa, akan dihitung terlebih dahulu, jadi ketika anda selesai berwisata dan ingin pulang, maka barang barang anda akan dihitung kembali, apakah ada barang yang kurang dan tertinggal di area pantai yang otomatis menjadi sampah. Jika sampai ditemukan sampah dari barang bawaan anda, maka anda akan dikenakan denda sebesar Rp. 100.000 per item sampah.

Wajib Menggunakan Jasa Guide

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, anda diharuskan menggunakan jasa guide yang telah disediakan oleh pengelola pantai. Guide ini bertujuan untuk memandu dan menjelaskan tentang segala hal dari pantai ini.

Jasa guide ini digunakan untuk maksimal 10 orang, jadi jika kelompok anda kurang dari 10, maka anda akan dimasukkan kedalam kelompok lain

Pembatasan Kuota Pengunjung

Selain reservasi, untuk bisa berkunjung ke pantai ini juga dibatasi dengan kuota harian jumlah wisatawan yang dapat berkunjung yang berjumlah 200 pengunjung per harinya. Jadi, saat melakukan reservasi anda akan mendapat pemberitahuan apakah, hari kunjungan anda masih tersisa kuota atau sudah full.

Pembatasan jumlah kunjungan ini juga berakibat positif pada para wisatawan yang berwisata di Pantai Tiga Warna ini, karena suasanyanya menjadi tenang, tidak ramai orang dan anda bisa leluasa menikmati keindahan pemandangan pantai. Bahkan banyak wisatawan yang berpendapat jika berkunjung ke pantai ini serasa sedang berada di pantai yang private lo….

Jadi pastikan untuk melakukan reservasi sebelum datang berkunjung ke pantai ini.

image by @pantaitigawarna

Lokasi

Pantai Tiga Warna ini berada di area Clungup Mangrove Conservation (CMC) tepatnya berlokasi di Sendang Biru, Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dan berjarak kurang lebih 150 km dari pusat kota Malang.

Harga Tiket Masuk

Harga yang harus anda bayar untuk bisa berwisata ke Pantai Tiga Warna ini sebenarnya cukup murah, tapi ada beberapa rincian yang bisa anda perhatikan pada tabel dibawah.

Tiket Masuk Pantai Tiga Warna
RincianHarga
Tiket masukRp. 10.000,-
Sewa guideRp. 100.000,-
Sewa Lahan & Tenda (camping)Rp. 150.000,-
Sewa Peralatan SnorkelingRp. 15.000,-
Parkir MotorRp. 10.000,-
Parkir MobilRp. 15.000,-

Jam Buka

Pantai Tiga Warna bisa anda kunjungi mulai dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 14.00, anda bisa puas menjelajahi area pantai dan bersenang senang dari pagi hingga sore hari.

Rute

Rute menuju Pantai Tiga Warna ini bisa anda tempuh dari pusat kota Malang menuju daerah Bululawang – Turen – Sumbermanjing Wetan dan tiba di area Sendang Biru. Tiba di Sendang Biru, anda akan menemui papan penujuk jalan menuju Clungup Mangrove Conservation, petunjuk itu akan menuntun anda menuju Pantai Tiga Warna.

Tips Berkunjung ke Pantai Tiga Warna

Reservasi

Seperti yang telah kami singgung diatas, karena pantai ini termasuk dalam kawasan konservasi, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, tapi aturan ini berlaku dengan tujuan untuk melindungi kawasan konservasi dan tidak akan mengekang kegiatan wisata anda menikmati keindahan alam Tiga warna.

Sebelum berangkat pastikan untuk melakukan reservasi pada pengelola balai konservasi CMC, anda bisa melakukan pemesanan melalui telepon atau Wa : 081333777659 (Admin Bhakti Alam Sendang Biru)

Bawa Bekal Sendiri

Karena pantai ini sangat jarang anda temui pedagang atau warung makan, maka ada baiknya anda untuk mempersiapkan bekal sebelum berangkat, tapi jangan ampai lupa untuk membawa pulang barang atau bungkus makanan yang anda bawa ya jika tidak ingin membayar denda.

Jangan Sekali Kali Membuang Sampah

Ini adalah larangan keras, karena kawasan konservasi ini sangat dijaga kebersihannya, maka siapapun yang terbukti membuang atau meninggalkan sampah akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp. 100.000 per item.

Sekian sudah yang bisa kami sampaikan tentang wisata Pantai Tiga warna, semoga bisa membantu anda yang sedang merencanakan liburan ke Malang. Oh ya, jika ke pantai 3 Warna ini jangan lupa juga untuk mampir ke pantai Gatra dan Pantai Clungup, karena lokasi pantai ini bersebelahan, dan untuk menuju Pantai 3 Warna, anda juga terlebih dahulu harus melewati 2 pantai lainnya tersebut.

Jadi puaskan anda bersenang senang menikmati keindahan pemandangan Pantai Tiga warna dan pantai lain disekitarnya.

Have a Good Trip

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top