Yuk Intip Air Terjun Coban Ciblungan Yang Mempesona Keindahannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Air Terjun Coban Ciblungan adalah tempat yang cocok jika anda ingin berwisata menjelajahi keindahan alam dan menikmati segarnya pemandangan air terjun. Tempat wisata alam satu ini memang sangat cocok untuk dijadikan tempat refreshing, karena alamnya yang masih sangat hijau, banyak pohon rimbun dan anda bisa bermain air sepuasnya di kolam air terjun.

Saat berada disini, pikiran anda akan terasa lebih fresh dan segala keluh kesah, beban pikiran, penat akibat kegiatan sehari hari akan tergantikan dengan suasana tenang dan damai yang terpancar dari pemandangan alam Air Terjun Coban Ciblungan.

air terjun coban ciblungan

Alamat : Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Harga Tiket :  Rp. 5.000,-
Jam Buka : Setiap hari
Peta Lokasi : Klik Disini

Air Terjun Coban Ciblungan Malang

Air Terjun ini menawarkan pemandangan yang sangat menawan, keindahan alam yang tertata rapi dengan memadukan satu air terjun utama dan beberapa air terjun kecil yang alirannya membentuk sebuah kolam air yang luas dengan bebatuan yang tersusun indah, serta pemandangan hijau pepohonan disekitar air terjun yang menambah kesan kealamian tempat wisata Malang ini.

Hmm… ! Kedengarannya sungguh seperti sebuah tempat di negeri dongeng ya… ? Tapi tempat yang satu ini nyata dan dapat anda kunjungi, untuk membuktikan benar tidaknya apa yang kami jelaskan diatas. Lantas ada apa saja sih di Air Terjun Coban Ciblungan ? Yuk Simak terus penjelasa kami berikut ini :

coban ciblungan
image by instagram @bw_bayuwicaksono

Jika biasanya air terjun hanya memiliki 1 titik pancuran, maka di Coban Ciblungan ini anda akan menemukan beberapa titik pancuran air yang terdiri dari 1 air terjun utama yang jatuh dan alirannya akan membentuk beberapa air terjun yang lebih kecil.

Posisi air terjun kecil yang lebar akan membuat anda semakin kagum tatkala memandang keindahannya. Tentu pemandangan ini sangat jarang anda temui di tempat lain.

Kolam Air Yang Luas

air terjun di malang
image by instagram @ivanjkembuan

Selain memanjakan anda dengan beberapa air terjun yang dimilikinya, Coban Ciblungan ini juga masih memiliki satu keistimewaan lagi yaitu, terdapatnya sebuah kolam air luas yang terbentuk dari aliran air terjun yang jatuh.

Kondisi airnya yang sangat jernih dan segar akan menggoda anda untuk menyeburkan diri ke dalam kolam. Disini bahkan anda bisa berendam, bermain air, menggunakan ban pelampung, dan masih banyak hal seru lain yang bisa anda lakukan disini.

Pemandangan Sekitar Air Terjun Yang Asri

Semua keindahan yang telah kami sebut diatas akan semakin sempurna dengan pemandangan alam sekitar air terjun yang masih sangat asri, hal ini terlihat dari banyaknya tumbuhan hijau dan pohon pohon rindang yang membuat nuansa disini semakin terasa kealamiannya.

Dengan memandangi alam hijau akan membuat mata anda rileks sejenak setelah lelah dengan rutinitas kegiatan sehari hari anda. Tempat ini juga cocok untuk anda yang ingin refreshing.

Letaknya Mudah Dijangkau

Satu hal yang menjadi point tambahan dari Air Terjun Coban Ciblungan ini ialah letaknya yang cukup mudah dijangkau. Karena lokasinya yang cukup dekat dengan pemukiman warga, bahkan dari lokasi parkir hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk bisa sampai ke lokasi air terjun.

Dan juga Karena dekat pemukiman, disini tersedia warung makan. Akses jalannya juga mudah dilalui sehingga tidak perlu susah payah untuk menempuhnya.

air terjun coban ciblungan
image by instagram @indraiswanto84

Lokasi Air Terjun Coban Ciblungan

Air Terjun Coban Ciblungan berlokasi di Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Daerah Ampelgading sendiri bisa dibilang surga air terjun di Malang, karena disini banyak sekali air terjun yang dapat anda temui.

Jam Buka

Karena merupakan wisata alam terbuka, maka air terjun ini buka setiap hari, dan waktu terbaik untuk bisa bersenang senang di sini adalah saat pagi hingga sore hari.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Air Terjun Coban Ciblungan ini sangatlah murah, hanganya tidak sebanding dengan keindahan alam yang akan anda lihat.

KeteranganHarga
Harga Tiket MasukRp. 5.000,-
Parkir MotorRp. 5.000,-

Note : Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu

air terjun di jawa timur
image by instagram @achai_windharta

Fasilitas Yang Tersedia

Karena wisata ini masih sangat alami dan belum banyak pembangunan, maka fasilitas yang tersedia juga terbilang sangat sedikit. Namun jika anda ingin mencari makanan, anda bisa menemukan warung di pemukiman warga.

Rute

Karena terletak di Kabupaten Malang dan sangat dekat dengan perbatasan Kabupaten Lumajang, anda bisa menempuh lokasi ini dari 2 Kabupaten tersebut. Anda bisa sesuaikan rute tercepat yang ingin anda lalui

Jika anda ingin menempuh dari Malang, anda bisa mulai dari pusat kota Malang menuju Turen lalu ke Dampit dan ambil arah kiri menuju Tirtiyudho, lanjut menuju Kecamatan Ampelgading.

Sampai di Purworejo (PLTA Ampelgading), anda sudah berada dekat dengan perbatasan Malang Lumajang. Sebelum Gapura Perbatasan, anda belok ke kanan dan akan menemukan papan petunjuk menuju Air Terjun Coban Ciblungan, anda tinggal mengikutinya dan sampai di tempat parkir, lalu silahkan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi air terjun.

image by instagram @therza1409

Tips Berwisata di Air Terjun Coban Ciblungan

Berikut kami berikan tips dan saran jika anda ingin berwisata menaikmati keindahan Air Terjun Coban Ciblungan. Anda bisa mengikuti tips yang kami berikan ini untuk mempermudah perjalanan anda menuju lokasi air terjun.

Gunakan Pakaian Dengan Bahan Cepat kering

Karena wisata ni identik dengan basah basahan, sebaiknya anda menggunakan pakaian yang memiliki bahan cepat kering. Karena begitu sampai disini, anda akan dihadapkan dengan derasnya pancuran air terjun, bahkan dari jarak beberapa meter anda bisa merasakan hempasan air yang terbawa angin.

Selain itu gunakan alas kaki yang nyaman untuk meyusuri medan tanah & bebatuan. Akan sangat baik jika anda menggunakan sepatu trekking atau sepatu hiking dan pastikan yang memiliki bahan cepat kering, karena anda juga akan menyusuri sungai kecil.

Bawa Bekal Sendiri

Mekipun letaknya cukup dekat dengan pemukiman warga, namun tidak banyak warung makan yang bisa anda temui, pilihan terbaiknya adalah membawa sendiri bekal makanan dan botol minuman anda dari rumah.

Tapi INGAT ! Jika anda membawa bekal sendiri, pastikan untuk tidak meninggalkan sedikitpun sampah di area ini. Karena alamnya yang masih sangat terjaga, tentu akan merusak pemandangan jika sampai ada sampah yang tertinggal di lokasi ini.

Bawa Pakaian Ganti

Jika anda ingin bermain basah basahan di kolam air terjun, anda tidak perlu khawatir jika anda membawa pakaian ganti. Karena sangat disayangkan jika berwisata ke Coban Ciblungan tanpa menikmati segarnya air yang mengalir disini.

Pastikan Baterai Handphone Atau Kamera Anda Dalam Kondisi Full Charge

Poin ini mungkin menjadi yang paling penting bagi kaum milenial atau bagi mereka yang gemar mengoleksi foto, tentu akan sangat menjengkelkan jika sudah menempuh jarak jauh, melewati medan yang penuh tantangan, menyusuri sungai, naik turun lembah, namun saat sampai di lokasi Air Terjun Kabut Pelangi dan ingin mengabadikan foto, baterai anda ternyata habis dan perlu di isi daya.

Mengingat lokasinya yang berada di Pelosok, tentu tidak akan anda temui charge station. Jadi solusi terbaiknya adalah pastikan semua perlatan elektronik anda dalam kondisi full charge, atau bawa baterai cadangan untuk kamera anda.

Bagaimana ? Tertarik untuk berwisata dan bersenang senang menikmati keindahan Air Terjun Coban Ciblungan ? Langsung saja rencanakan perjalanan liburan anda ! Tentukan jadwal keberangkatan & siapkan segala perlangkapan yang dibutuhkan untuk berpetualang menikmati alam bebas.

Dan satu yang lebih penting yaitu bekal informasi yang terupdate & Terpercaya. Maka dari itu simak terus artikel kami untuk mendapatkan segala informasi tentang temat wisata populer di Malang & Jawa Timur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top