Air Terjun Coban Rais, Destinasi Menantang Untuk Para Petualang

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Kota Batu memiliki destinasi wisata alam yang sangat melimpah. Salah satu spot yang paling recommended untuk kamu kunjungi adalah Air Terjun Coban Rais. Ada yang pernah mengunjungi tempat wisata satu ini? jika ada, berarti kamu adalah salah satu petualang sejati yang ada di negeri ini.

Coban Rais ini viral karena ada banyak netizen yang memposting foto dan videonya di instagram. Tak heran jika kemudian spot wisata satu ini mulai diburu oleh para wisatawan. Tak hanya dari kota Batu saja, tapi juga dari berbagai kota lain.

image by instagram @arsyniojunadewanto

Daya Tarik

Saat kamu datang mengunjungi Air Terjun Coban Rais, ada banyak sekali keunikan yang bisa kamu dapatkan dari destinasi wisata satu ini. Yang pertama bisa dikatakan jika fasilitas yang ada di sekitar air terjun sangat lengkap. Masyarakat setempat juga sangat ramah dalam menyambut tamu yang datang.

Infrastruktur menuju ke destinasi satu ini juga sangat mendukung. Akses jalan menuju ke Air Terjun Coban Rais bisa dilalui oleh kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat. Namun, itu hanya sebatas sampai lokasi parkir saja, selanjutnya anda harus melalui jalan setapak membelah hutan untuk bisa sampai di air terjunnya.

Hebatnya di sekitar Coban Rais ini kamu juga bisa mengunjungi spot wisata menarik lainnya seperti Rumah Hobbit, Batu Flower Garden, dan Wahana Gardu Pandang. Hanya saja kamu harus membayar lagi untuk memasukinya.

Untuk mengunjungi air terjun satu ini, sangat kami rekomendasikan bagi kamu agar datang di pagi hari. Soalnya perjalanannya akan sangat memakan waktu. jika beruntung, kamu akan menemukan destinasi Air Terjun Coban Rais ini dalam kondisi yang sepi, jadi liburan kamu akan terasa lebih nyaman.

coban rais
image by instagram @ivandiyoga

Lokasi

Secara geologis, coban rais ini berada di wilayah Perbukitan Panderman. Titik lokasi air terjun satu ini berada kurang lebih pada ketinggian 1025 mdpl. Sedangkan tinggi air terjunnya sendiri kurang lebih mencapai 75 meter.
Untuk yang hendak berkunjung ke air terjun satu ini, kamu bisa datang langsung ke ke Desa Oro-Oro Ombo yang terletak di Kota Batu.

Namun sepertinya tidak mudah untuk mencapai destinasi satu ini. Terlebih bagi para pemula. Dengan sudut kemiringan yang mencapai 90 derajat, sudah dipastikan jika harus berusaha keras untuk mencapai titik lokasi satu ini. Jalan menuju lokasi Air Terjun Coban Rais ini sangatlah terjal, sempit, dan yang terakhir kamu wajib melewati sungai.

Harga Tiket Coban Rais

Untuk masuk ke destinasi wisata satu ini tidak akan dibebankan biaya yang terlalu tinggi. Cukup hanya dengan membayar RP. 10.000,- saja sudah bisa masuk ke dalam wilayah Air Terjun Coban Rais ini. Hanya saja ada biaya tambahan untuk kendaraan.

Kendaraan kamu memang disimpan jauh dari titik lokasi, kamu hanya bisa mengunjungi air terjun satu ini dengan berjalan kaki saja. Namun di tempat penitipan kendaraan harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda empat.

Mengingat panorama alam yang bisa kamu nikmati di dalamnya, tentu saja biaya tiket masuk yang hanya RP. 10.000 ini sangatlah murah dan terjangkau. Terlebih jika kamu datang bersama tim, akan ada potongan harga khusus untuk rombongan seperti ini.

image by instagram @thata_new_serizawa

Jam Buka

Untuk kamu yang hendak berkunjung ke Air Terjun Coban Rais, air terjun satu ini mulai dibuka pada pukul 7 pagi hingga pukul 17 sore. Wisatawan yang datang berkunjung melewati jam tersebut tidak akan diperkenankan untuk memasuki wilayah air terjun.

Soalnya hal tersebut sangat berbahaya. Terutama bagi kamu yang memang bukan berasal dari wilayah sekitar. Trek menuju lokasi air terjun sangatlah sulit untuk ditempuh. Jaraknya sendiri cukup jauh, sekitar 7 km dari tempat penitipan kendaraan.

Tak heran jika air terjun satu ini disebut sebagai wisata yang paling pas untuk para petualang. Soalnya kamu akan bermandikan keringat saat sampai ke titik lokasi air terjun. Namun hal ini akan terobati dengan panorama alam yang sangat indah di dalamnya.

Fasilitas

Fasilitas di sekitar air terjun satu ini memang cukup lengkap. Soalnya destinasi wisata satu ini sudah dikelola oleh penduduk setempat sejak lama. Jadi mereka berusaha untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan dengan membangun berbagai fasilitas umum berkualitas di dalamnya.

Fasilitas yang tersedia ini mulai dari toilet umum, mushola, tempat makan, dan tempat kamu untuk beristirahat di dalamnya. Kualitas yang disediakan juga sangat bagus. Jelas terlihat jika destinasi wisata satu ini dikelola dengan sangat baik.

Untuk kamu yang tidak suka berkeringat, ada juga fasilitas ojek yang bisa mengantar kamu dari titik parkir kendaraan sampai ke lokasi air terjun. Untuk menggunakan fasilitas satu ini kamu harus merogoh kocek Rp. 25.000,- setiap perjalanan.

image by instagram @fatwaayu,rzahra

Rute

Lokasi Air Terjun Coban Rais ini sangat jauh dari jalan utama. Namun kamu masih bisa menemukannya dengan aplikasi google maps. Mudah sekali bukan?

Kalau kamu datang dari Kota Batu, lokasi Coban Rais ini bisa dikunjungi dalam waktu tidak sampai 1 jam saja. Soalnya jarak air terjun satu ini dari Kota Batu hanya sekitar 7 km. Bahkan jika kamu datang dari Bumi Perkemahan Coban Rais, jaraknya hanya 3,5 km saja.

Dari Kota Batu kamu hanya perlu mengambil arah ke Studio Batu yang terletak di Desa Oro-Oro Ombo. Kemudian kamu hanya perlu mengikuti titik GPS di atas untuk sampai ke lokasi air terjun. Titik lokasi di atas adalah gerbang masuk ke Coban Rais di mana kamu akan diminta untuk membayar tiket.

Dari sini kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan kurang lebih sekitar 7 km untuk sampai ke titik lokasi air terjun. Tapi kamu tidak perlu khawatir kelelahan karena di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi panorama alam yang sangat luar biasa. Jadi perjalanannya tidak akan terlalu melelahkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?