Berpetualang ke Coban Telaga Warna & Menikmati Keindahannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Liburan ke Malang menjadi pilihan tepat apabila kamu ingin mencari suasana baru yang lebih natural dan asri. Karakteristik wilayah Malang yang luas dengan kombinasi alam yang lengkap, mulai dari deretan pegunungan, air terjun hingga garis pantai yang sangat panjang. Dan salah satu jenis wisata alam unggulan yang menjadi daya tarik wisatawan adalah Air Terjun.

Air terjun atau masyarakat Malang sering menyebutnya “Coban” memiliki kekhasannya sendiri, memadukan keindahan tebing berlumut dan tumbuhan hijau berpadu dengan putihnya air yang jatuh membentuk sebuah kolam dibawahnya. Siapapun yang melihatnya pasti akan terpukau.

coban di malang
Image by instagram @didin_emelu

Alamat : Dusun Sumber Pitu, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Malang
Harga Tiket : GRATIS
Jam Buka : 24 jam Setiap hari
Peta Lokasi : Klik disini

Sebutan Air Terjun Telaga Warna disematkan karena penampakan dari air terjun ini, jika kamu lihat bagian kolam yang ada di bawah air terjun akan nampak berwarna biru, lalu agak ke tengah warnanya berubah menjadi hijau dan di bagian tepi berwarna cokelat. Perbedaan warna inilah yang melatar belakangi penamaan Telaga Warna.

Sebelum dapat melihat keindahannya, pengunjung terlebih dahulu harus menyusuri medan hutan dan naik turun lembah. Kondisi jalanan setapak berupa tanah dan bebatuan adalah tantangannya, untuk itu gunakanlah alas kaki yang sesuai seperti sandal gunung atau sepatu hiking. Kamu juga akan menemui beberapa anak tangga dari bambu yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

Disepanjang perjalanan, kamu dapat menikmati pemandangan hijau yang sangat asri. Jika lelah cobalah untuk beristirahat sejenak. Setelah menempuh waktu cukup lama, kamu akan sampai di lokasi air terjun. Hanya dengan melihat pesona air terjun secara langsung, rasa lelah dan penat akan hilang seketika.

Pemandangan berupa kucuran air yang jatuh dari ketinggian 90 meter lalu membentuk sebuah kedung atau kolam dibawahnya. Berdiri di tepi kolam pun kamu masih bisa merasakan hembusan air yang terbawa oleh angin. Merasakan bagaimana kesegaran airnya, pasti akan membuatmu kembali segar dan fresh.

Fasilitas

Mengingat tempat ini masih belum dikelola secara maksimal, ditambah letaknya yang jauh didalam hutan dan harus melewati area perkebunan. Jadi, jangan terlalu berharap dengan fasilitasnya, karena tempat ini masih benar benar asri dan alami. Untuk urusan kamar mandi, mushola atau warung makan, kamu bisa menjumpainya di sekitaran permukiman penduduk.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Karena tempat ini belum dikelola secara profesional, maka tiket masuk Coban Telaga warna ini masih GRATIS. Begitupun dengan jam bukanya, yang selalu buka setiap hari 24 jam. Jadi, puas puaskan berwisata ke air terjun Telaga Warna Malang kapanpun kamu mau. Jika ingin parkir kendaraan, kamu bisa menitipkannya di rumah rumah warga.

Lokasi & Rute

Air Terjun Coban Telaga Warna berlokasi di Dusun Sumber Pitu, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Berjarak kurang lebih 56 kilometer dari pusat Kota Malang dengan waktu tempuh sekitar 1 setengah jam menggunakan kendaraan bermotor. Untuk saat ini, belum ada angkutan umum yang bisa langsung mengantarkanmu kesini, jadi harus bolak balik oper angkutan.

Rute menuju Coban Telaga Warna, jika berangkat dari Kota Malang kamu bisa menuju arah Kepanjen, lalu lanjut menuju Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Ampelgading.

Lalu ikuti papan petunjuk arah menuju Air Terjun Coban Ciblungan, nanti akan menemui persimpangan, kamu akan menemui lagi papan petunjuk menuju lokasi Air Terjun Coban Telaga Warna atau Pancawarna. Ikuti saja papan petunjuk tersebut hingga membawamu sampai di lokasi. Jika bingung, jangan sungkan untuk bertanya pada penduduk sekitar.

Tips Berwisata ke Alam

Gunakan Pakaian Yang Sesuai & Nyaman

Pertama, gunakanlah pakaian yang sesuai dengan tempat yang akan kamu kunjungi. Untuk berkunjung ke air terjun Telaga Warna, kamu bisa memilih menggunakan pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat. Penting untuk memilih bahan pakaian yang bisa membuatmu leluasa dalam bergerak.

Gunakan Alas Kaki Yang Kuat

Akses menuju air terjun yang harus melewati jalanan tanah dan batu, pasti kamu akan membutuhkan alas kaki yang kuat. Gunakan sandal gunung atau sepatu hiking, pilih yang alasnya kasar agar mudah untuk berpijak dan tidak gampang terpeleset.

Bawa Bekal Sendiri

Point ini sangatlah penting, karena disekitar kawasan air terjun belum terdapat warung penjual makanan ataupun minuman. Dengan akses jalannya yang jauh, kamu pasti akan lapar. Oleh karena itu, bawalah sendiri perbekalan untuk dpaat kamu nikmati di sana. Jangan lupa untuk membawa kembali bungkus makananmu agar tidak menjadi sampah.

Oh ya… tempat ini masih berada satu lokasi dengan Air Terjun Coban Ciblungan dan Air Terjun Coban Gintung. Jadi usahakan untuk mampir sejenak kesana ya… apabila masih sempat, cobalah mengunjungi tempat wisata Malang populer lainnya. Seperti Air Terjun Coban Rondo, Coban Jahe, Coban Putri Malang, Coban Rais, Coban Sewu, Coban Pelangi Bromo dan masih banyak lagi lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?