Pantai Batu Bengkung Malang, Pantai Eksotis di Pesisir Selatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Malang memang mempunyai banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi, salah satu tempat yang cukup menarik perhatian ialah wisata pantai Malang. Di Malang terdapat deretan pantai eksotis nan indah, satu diantaranya ialah Pantai Batu Bekung Malang.

Bagi Anda yang senang menikmati keindahan panorama pantai, Pantai Batu Bengkung sangat layak untuk anda kunjungi. Pantai ini menyimpan banyak hal yang bisa anda eksplorasi karena daya tariknya yang sedikit berbeda dari kebanyakan pantai lainnya. Ya…. Seperti yang kita ketahui, bahwa masing – masing tempat wisata dimana pun itu pasti memiliki tingkat daya tarik tersendiri, termasuk pada pantai batu bengkung ini.

Pantai yang berada di pesisir pantai selatan jawa ini menjadi salah satu Cagar alam yang di patut dijaga kelestariannya karena keindahan alam yang dimilikinya, sehingga disebut oleh khazanah pariwisata Indonesia dengan sebutan untaian untaian mutiara. Pantai – pantai yang berada di sisi selatan pulau jawa ini sudah tidak perlu di ragukan lagi keindahannya.

pantai batu bengkung
image by instagram @riednum

Eksotika Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung merupakan salah satu tempat wisata di malang yang populer, pantai ini memiliki keunikan tersendiri dan tidak bisa anda temui di pantai lain, keeksotikan pantai yang dipenuhi batuan karang semakin menambah daya tariknya. Proses alamiah dari dulu telah mengubah bukit – bukit menjadi karang disebelah tepian pantai. Apalagi ketika air laut surut maka kelihatan jelas sekali karang – karang ditepian yang sangat mengasyikkan untuk dibuat bermain air oleh pengunjung.

Istilah penamaan pantai Batu Bengkung itu sendiri sangat erat kaitannya dengan batuan yang mengelilingi sekitaran pantai. Menariknya gugusan batuan karang itu berbentuk melengkung dan menyerupai wanita yang sedang dalam keadaan dibengkung, tradisi orang jawa untuk wanita yang setelah melahirkan menggunakan semacam ikat pinggang untuk mengembalikan bentuk perut. Sehingga nama tersebut dijadikan sebagai nama dari pantai tersebut.

image by instagram @febydita96

Pantai Batu bengkung ini juga menjadi primadona pantai selatan pada saat itu. Banyak alasan mengapa wisatawan merasa betah dan senang saat berada di Pantai ini, karena disini terdapat sebuah kolam air asin alami yang mirip dengan kolam renang, ini disebabkan karena adanya cekungan alami yang berada di sebelah batu karang bengkung ini, kolam tersebut akan nampak ketika air laut surut dan meninggalkan air yang terjebak dalam cekungan diantara batu karang. Menjadikan wisatawan seperti sedang berenang di kolam renang dengan pemandangan yang alami dan indah.

Disana kita juga disuguhkan dengan indahnya pemandangan sunset yang membuat kita melihat betapa indahnya siluet. Ini adalah salah satu yang paling digemari dan dicari oleh pengemar swafoto dan juga fotografer.

Pantai batu bengkung ini berada di Desa Gajahrejo, kecamatan Sumber Manjing Wetan. Pantai yang memiliki bukit karang yang memberikan efek panorama yang eksotis pada saat sunset terjadi. Dari atas bukit tersebut kita juga dapat melihat hamparan indahnya tirai biru yang berada diatas kita yaitu langit yang cerah, dan kita juga dapat melihat indahnya lautan samudra yang membentang luas hindia.

pantai batu bengkung
image by instagram @zharnd

Akses Menuju Pantai

Akses menuju pantai batu bengkung ini juga hampir sama dengan pantai pantai selatan pada umumnya. Rute yang harus dilalui juga dapat ditempuh dengan berbagai jalan, yang paling cepat di lalui yaitu melewati Kota Malang – Kepanjen – Pagak – Bantur – Gondanglegi – Pantai Balekambang, menuju ke Pantai Batu Bengkung.

Nah untuk rute yang lain yaitu yang sering digunakan para wisatawan yang ingin pergi ke pantai lainnya, yaitu melewati Kota Malang – Turen – Sumbermanjing wetan – Pantai sendang biru – Pantai Goa cina – Pantai Bajul Mati, namun akses jalannya yang melewati pegunungan ini menjadi salah satu alasan banyak yang tidak ingin melewati rute tersebur karena jalannya yang berkelok dengan di sebelahnya jurang yang curam.

Harga Tiket Masuk & Fasilitas

Untuk biaya harga tiket masuk juga tidak perlu dikhawatirkan, karena harganya yang murah dan ramah di kantong. Karena tempat tersebut masih di kelola oleh masyarakat setempat, yang mana tempat tinggalnya masih berdekatan dengan kawasan pantai tersebut.

Untuk tiket masuknya hanya dibandrol dengan harga Rp. 7.500 rupiah untuk orangnya dan untuk parkir kendaraan pribadi yaitu Rp.3.000 dan Rp. 5.000 untuk mobil. Dan jika kalian menginap dikenakan biaya parkir Rp. 10.000, dan juga fasilitas yang memadai. Fasilitas yang tersedia di sana seperti Musholla, toilet, kamar mandi, sampai warung tempat makan.

image by instagram @akbarirwansyah

Jam Buka Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu bengkung dapat diakses kapan pun tidak ada jam operasional yang berlaku. Fasilitas yang memadai pun juga menjadi salah satu tempat ini menjadi favorit dan banyak di minati oleh masyarakat yang ingin pergi belibur dan bersantai di pantai dengan harga tiket masuk yang tidak begitu mahal.

Jadi gimana? Tertarik untuk mengunjungi Pantai Batu Bengkung ? Jangan lupa siapkan rombonganmu ya teman teman.

Oh ya anda juga dapat mengeksplore pantai lain yang ada di Malang lo seperti pantai tiga warna, pantai sendiki, pantai clungup, pantai banyu meneng, pantai licin, pantai teluk asmoro, pantai watu leter, pantai tamban, pantai watu lepek dan lain sebagainya Jangan lupa jaga kelestarian lingkungan alam dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan merusak terumbu karang di Pantai Batu bengkung ya gengs.

SALAM LESTARI!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?