Pantai Licin, Eksotisnya Pantai Berpasir Hitam nan Menawan

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Pantai Licin, Pantai unik yang terletak di Malang ini memiliki nama yang mungkin membuat orang bertanya – tanya “apakah pantai ini licin sesuai namanya ?” Tentu saja tidak, hanya karena bernama licin dan selalu basah oleh air laut, bukan berarti membuat pantai satu ini licin saat dijejak (kecuali di bagian karang berlumut).

Nama tersebut didapat karena pantai ini berlokasi di Dusun Licin, di Malang Selatan. Pantai yang terletak di ujung paling timur selatan Malang ini sangatlah unik. Keunikannya bahkan tidak banyak dimiliki oleh pantai lain. Mau tau apa saja keunikan yang dimiliki Pantai Licin ? Simak lebih lanjut dibawah ini !

image by instagram @a.amlbe

Alamat : Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Harga Tiket : GRATIS
Jam Buka : Setiap hari 24 jam
Peta Lokasi : Klik disini

Bukan hanya namanya saja yang menarik dari pantai ini, melainkan kondisi alam dan panorama yang disajikan oleh Pantai Licin, pasti akan membuat siapapun merasa takjub saat melihatnya langsung.
image by instagram @lilvan.jpg

Pasir Hitam Yang Terlihat Eksotis

Satu yang menjadi ciri khas dan pengingat dari pantai ini ialah pasirnya yang berwarna hitam. Jika umumnya pantai memiliki pasir berwarna coklat atau putih, tetapi pantai ini malah berbeda dan sangat unik karena pasir hitamnya.

Kenapa pantai ini bisa memiliki pasir berwarna hitam ? Pasir hitam ini berasal dari sisa sisa material letusan Gunung Semeru yang hanyut terbawa aliran Sungai Glidik yang bermuara di sebelah timur pantai licin. Saking banyaknya material yang terbawa arus sungai hingga sampai di laut, kemudian terhempas ombak ke daratan yang akhirnya mengubah warna pasir Pantai Licin yang dulunya putih menjadi hitam.

image by instagram @bektiari_89

Rumah Biota Cantik

Pantai licin dulunya adalah hutan dan rawa lebat yang kemudian dibuka untuk pemukiman. Tetapi jauh sebelum dibuka, pantai ini ternyata sudah ada penghuninya, yaitu aneka hewan hewan kecil yang sampai saat ini masih dapat ditemui.

Jika bertemu dengan hewan hewan lucu nan mungil tersebut, jangan mengganggu atau membawanya pulang ya…Biarkan saja hidup disana untuk menjaga ekosistem dan kehidupan biota di Pantai Licin.

image by instagram @ali_masbuchin

Batuan Karang Yang Kokoh

Rata – rata pantai di Malang memang memiliki batuan karang yang menghiasi keindahannya. Tak terkecuali untuk Pantai Licin, disini juga akan anda temui batuan karang yang terlihat sangat gagah meski diterpa ombak. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai spot foto.
image by instagram @cindyyall

Garis Pantai Melengkung

Satu lagi yang membuat pantai ini berbeda, jika biasanya kita melihat pantai yang memiliki garis memanjang lurus, namun pantai ini justru melengkung. Ditambah dikedua sisinya yang dihiasi tebing karang, sehingga terlihat seperti teluk
image by instagram @pantailicin

Ombak Relatif Tenang

Berkat batuan karang yang terdapat di perairan pantai, ternyata juga berdampak pada ombak pantai ini. Karang karang tersebut memecah ombak yang menerjang, sehingga menimbulkan ombak besar.

image by instagram @hqqhaki

Karang Raksasa Terbelah

Jika anda berwisata ke Pantai Licin, anda akan menyaksikan karang raksasa yang terbelah 2, seolah ada yang memotongnya secara sempurna. Berfoto dengan latar belakang karang ini, akan membuat foto anda terlihat lebih artistik.
pantai selatan malang
image by instagram @ahmed25_al.ali

Gerbang Menuju Laut Selatan

Tidak hanya karang terbelahnya saja yang menarik untuk dilihat, melainkan ada juga karang raksasa yang berlubang. Entah bagaimana lubang ini bisa terbentuk, namun saat melihatnya, mungkin akan terlintas dibenak anda bahwa itu seolah gerbang menuju laut selatan.

Serasa di Pantai Pribadi

Berwisata ke pantai akan terasa lebih nyaman jika tidak terlalu ramai, dengan begitu, anda bisa semakin leluasa menikmati dan menyusuri setiap jengkal dari pantai tersebut.

Jika anda ingin menikmati suasana tersebut, maka anda harus datang ke Pantai Licin, karena pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Sehingga anda dapat sedikit merasakan suasana pantai pribadi.

Fasilitas

Untuk fasilitas pantai ini, saat ini hanya terdapat toilet dan mushola, maklum karena akses menuju ke pantai ini yang sedikit sulit dan belum terlalu ramainya wisatawan yang datang.

Namun jika anda benar benar seorang traveler sejati, rasanya ada atau tidaknya fasilitas tersebut tidak akan menyurutkan antusiasme untuk mengunjungi pantai ini. Karena begitu sampai di Pantai Licin ini, semua akan terbayar oleh keindahan pantai yang memukau.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Untuk harga tiiket masuk Pantai Licin sendiri, sampai saat ini masih gratis, karena belum dikelola secara maksimal. Dan juga pantai ini bisa anda kunjungi kapanpun karena selalu buka 24 jam. Jika ingin parkir (Untuk roda 2), anda bisa membawa motor anda hingga area pantai.

Lokasi & Rute

Lokasi Pantai Licin berada di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten malang. Untuk rute pantai Licin, dapat anda tempuh dari pusat Kota Malang menuju Turen – Dampit dan lanjut ke Tirtoyudho, setelah itu teruskan perjalanan hingga ke Ampelgading, sesampainya di pertigaan, belok kanan menuju Desa Lebakharjo hingga sampai di Dusun Licin

Jarak Dusun Licin dari Desa Lebakharjo sendiri masih cukup jauh, anda harus melewati jalan sempit yang penuh dengan tikungan dan tanjakan maupun turunan. Yang disisi kanan kirinya dihiasi oleh tebing dan jurang. Oleh karena itu, mengingat jalurnya yang sempit, kami sarankan untuk membawa kendaraan roda 2 (jangan matic)

wisata pantai malang
image by instagram @muhammad_soerya_ady

Itulah sekilas info terkini mengenai Pantai Licin, salah satu pantai indah yang ada di Malang. Anda bisa mengunjungi pantai ini kapanpun anda mau, tentu anda perlu menyiapkan kebutuhan pribadi terlebih dahulu.

Simak terus artikel kami untuk mendapatkan info terupdate mengenai sewa mobil malang dan info wisata yang ada di Jawa Timur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?