Taman Selecta, Taman Bunga Penuh Warna Di Kota Batu

Taman Selecta Malang rupanya masih menjadi magnet yang dapat menarik minat para wisatawan untuk berkunjung, meskipun sudah berdiri sangat lama, bahkan sudah ada sejak jaman penjajahan belanda dulu, tempat wisata di Batu Malang ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung baik dari dalam hingga luar daerah.

Memiliki konsep sebagai taman bunga penuh warna yang memiliki aneka ragam jenis tanaman ini tak membuatnya membosankan, karena selain taman bunga disini juga terdapat beragam wahana permainan seru dan kolam renang.

wisata selecta
image by instagram @tamanrekreasiselecta

Sebagai tempat rekreasi tertua yang ada di Kota Batu, tempat ini masih sangat layak untuk dikunjungi, bahkan tak lengkap rasanya jika melakukan perjalanan wisata ke Malang tanpa mampir ke Taman Bunga Selecta.

Ngomong – ngomong bicara mengenai wisata tertua, selecta ini telah dibangun sejak tahun 1920 hingga 1928. Pertama kali diprakarsai oleh seorang belanda bernama Ruyter de Wildt dan diberi nama “SELECTIE” dari bahasa belanda yang artinya pilihan. Maka tak heran apabila terdapat sentuhan arsitektur ala Belanda begitu kental terasa di sini.

Dahulu tempat ini dikhususkan hanya sebagai tempat peristirahatan orang – orang belanda, namun setelah masa kemerdekaan tepatnya tahun 1950 wisata ini mulai direnovasi dan dikembangkan sebagai tempat wisata di Malang yang terbuka untuk masyarakat umum.

selecta
image by instagram @tamanrekreasiselecta

Taman Bunga Penuh Warna

Taman bunga yang jadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang paling populer ini ditata dengan sangat apik, susunannya rapi, teratur dan terdiri dari banyak jenis tanaman. Berjalan di taman ini terasa sangat menyenangkan, apalagi jika musim bunga bermekaran, disini juga menjadi salah satu spot favorit untuk berfoto ria dengan latar kebun bunga.

Untuk menyusuri taman ini, sudah tersedia jalur yang telah dibangun membelah taman bunga yang indah, anda bisa menyusuri jalur itu dan menemui banyak sekali spesies bunga dengan berbagai jenis dan warna yang berbeda pula. Tanaman yang tersedia mulai dari bunga krisan, ajisai dan masih banyak bunga bunga lain yang berasal dari berbagai daerah.

Oh ya…., Bagi anda yang berjalan – jalan di area taman bunga ini, jangan sampai anda memetik bunganya ya, karena terdapat larangan keras bagi wisatawan untuk memetik atau membawa pulang bunga yang ditanam. Bagi anda yang nekat untuk memetiknya akan ada sanksi atau denda yang harus anda bayar.

Aturan ini tentu dibuat untuk menjaga agar tanaman bisa tumbuh dengan baik sekaligus menjaga tanaman tetap cantik untuk wisatawan lainnya.

Alamat Selecta

Taman rekreasi selecta berada di Jalan Raya Selecta No. 1, Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Lokasinya berjarak 4 km dari pusat kota Batu dan 25 km dari kota Malang.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk selecta ini sepadan dengan pemandangan indah yang akan anda dapat, harga tiket berlaku untuk semua hari baik weekday maupun weekend. Harga yang tertera hanya untuk tiket masuk saja, beberapa wahana dikenakan biaya.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk RegulerRp. 40.000,-
Harga Tiket Wahana
Flying FoxRp. 25.000,-
Perahu BebekRp. 15.000,-
Menunggang KudaRp. 15.000,-
Sky RideRp. 20.000,-
Perahu AyunRp. 10.000,-
Kiddie BikeRp. 10.000,-
Cinema 4DRp. 10.000,-
BianglalaRp. 10.000,-
Parkir Kendaraan
MotorRp. 5.000,-
MobilRp. 10.000,-
BusRp. 30.000,-

Jam Buka

Anda bisa datang berkunjung setiap hari dari pagi hari hingga sore haris mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB.

taman di malang batu
image by instagram @tamanrekreasiselecta

Wahana Taman Bunga Selecta

Seperti yang telah kami sampaikan diatas, taman rekreasi selecta tidak hanya menyuguhkan pemandangan taman penuh bunga, melainkan juga terdapat wahana seru yang bisa anda coba. Wahana – wahana permainan ini disediakan untuk para pengunjung agar semakin menikmati liburan di selecta, berikut penjelasan singkat mengenai beberapa wahana populer yang ada di Taman Rekreasi Selecta Malang.

Flying Fox

Wahana ini cukup banyak digemari karena dapat memacu adrenalin anda, tetapi ketika anda mencoba wahana ini, anda akan bisa melihat pemandangan indah dari atas. Hal itu karena lintasan flying fox ini berada di sepanjang taman bunga, jadi anda bisa meluncur sembari melihat bunga – bunga indah dari atas.
sky ride
image by instagram @tamanrekreasiselecta

Sky Bike

Wahana Sky Bike atau sepeda udara. Sudah jelas seperti namanya, wahana satu ini akan membawa anda menyusuri area wisata selecta. Wahana ini dapat anda manfaatkan untuk berkeliling area taman tanpa harus lelah berjalan kaki.

Sky bike ini didesain agar bisa dinaiki oleh 2 orang, sehingga anda bisa mengayun sepeda bersama teman atau pasangan anda sambil melihat taman bunga yang ada di bawah.

Waterpark

Waterpark Selecta bisa anda gunakan untuk bermain air, dengan kolam renang yang luas dan airnya sangat jernih. Anda bisa mengajak buah hati anda untuk bersenang senang bermain air, di kolam ini juga terdapat seluncuran yang seru untuk dinaiki.

Menunggang Kuda

Wahana menunggang kuda keliling bisa anda coba jika anda lelah berjalan kaki, wahana kuda ini bisa digunakan wisatawan baik itu anak – anak maupun orang dewasa. Untuk naik kuda disini anda juga tidak perlu khawatir karena sudah disediakan perlengkapan keamaanan seperti sepatu, topi dan peralatan lain.

Selain itu, selama anda berkuda anda bisa menikmati sisi lain taman rekreasi selecta dengan ditemani oleh pawang kuda yang siap memandu perjalanan anda.

Bioskop 4D

Bioskop 4D, sama seperti di kebanyakan tempat, bioskop 4D menyajikan tontonan film yang akan membuat anda merasakan secara langsung petualangan dan keseruan yang ada di film tersebut.

Lewat konsep 4 dimensi, anda tidak hanya menikmati tayangan secara audio dan visual saja, melainkan anda juga bisa merasakan langsung efek guncangan yang muncul dalam adegan film. Anda bisa menyaksikan film film yang ada bersama dengan teman, keluarga atau pasangan anda.

Perahu Ayun

Perahu ayun bisa menjadi wahana yang cukup menegangkan untuk dinaiki, karena akan akan dibawa berayun kedepan dan belakang. Wahana ini bisa menampung cukup banyak penumpang, sehingga anda bisa bersenang – senang dengan banyak orang.

Pasar Bunga

Jika anda terpesona dengan kecantikan aneka tanaman bunga yang ada di taman, dan ingin membawanya pulang untuk anda tanam sendiri, ada tempat yang menyediakan jenis tanaman persis seperti yang ada di taman. Seperti yang telah kami singgung diatas, anda tidak diperbolehkan memetik atau mencabut tanaman yang telah tertanam di taman Selecta.

Jika hendak membawa pulang tanaman yang anda suka, anda bisa berbelanja di Pasar Bunga Selecta. Di Pasar bunga ini tersedia berbagai macam jenis benih dan bibit bunga, selain itu anda juga bisa belajar cara berkebun di pasar ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Anda terhubung dengan Admin kami
Hallo, selamat datang di Erc Trans,
ada yang bisa kami bantu?

Perhatian :
1. Untuk pemesanan Travel, bisa menghubungi nomor 0813-3654-1286.
2. Untuk pemesanan dan tanya jawab, diutamakan via chat saja,

Terimakasih