Unik ! Perbaduan Pantai Sipelot Dan Air Terjun Tepi Pantai

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Malang memang terkenal dengan wisata alamnya yang beragam, satu diantaranya adalah wisata pantai. Jika ingin berkunjung ke tempat Wisata Pantai Malang yang belum terlalu ramai, Pantai Sipelot bisa menjadi pilihannya. Belokasi di kecamatan Tirtoyudo, kawasan pantai ini dipenuhi oleh hijaunya tumbuhan yang mampu menyejukkan hawa pantai yang pada umumnya panas.

Pantai Sipelot ini membuat siapapun merasa betah dan seakan tak ingin beranjak pergi. Kombinasi pemandangan hijau perbukitan berpadu dengan birunya lautan dan pasir yang terbentang luas. Seperti khasnya Pantai di Malang, Pantai Sipelot ini juga memiliki batuan karang berukuran besar yang semakin menambah eksotis.

pantai sipelot malang
image by instagram @diy_mmt

Alamat : Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirto Yudo, Malang
Harga Tiket : GRATIS
Jam Buka : 24 jam Setiap hari
Peta Lokasi : Klik disini

Nama Pantai Sipelot berasal dari bahasa Belanda “Apelot” yang memiliki arti persinggahan, mungkin nama ini disematkan karena dulu tempat ini menjadi persinggahan bagi orang orang Belanda ketika berlibur ke Pantai. Tak heran jika tempat ini dipilih sebagai tempat wisata, karena pemandangannya yang enak dipandang dan mampu memikat siapapun yang melihatnya.

Pantai ini mempunyai garis pantai yang sangat panjang, hal ini menjadikan pengunjung bisa lebih bebas dan leluasa ketika ingin mengeksplore setiap spot. Silahkan jelajahi setiap jengkal Pantai Sipelot. Berperahu juga menjadi hal menarik yang bisa dilakukan, cobalah untuk mengarungi lautan dengan perahu yang bisa disewa melalui nelayan sekitar.

# Masih Sangat Asri & Alami

Pantai Sipelot terkenal dengan keasriannya, disepanjang Pantai banyak pepohonan hijau, sehingga menambah kesejukan pantai ini. Hamparan pasir berwarna coklat yang membentang luas disepanjang teluk dan deretan perbukitan di bagian belakang yang menambah kesan tersembunyi. Ombak yang cukup tenang, juga menjadi daya tarik yang patut dipertimbangkan.

# Terdapat Air Terjun Sipelot

Di kawasan pantai juga tedapat satu tempat menarik yang bisa dijelajahi, yaitu sebuah air terjun. Sangat jarang bukan menemui air terjun yang lokasinya jadi satu dengan pantai. Air terjun ini juga memiliki nama yang sama, yaitu Air Terjun Sipelot. Lokasinya cukup tersembunyi, karena berada di perbukitan di sisi barat pantai.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

# Berenang & Bermain Di Bibir Pantai

Liburan ke pantai tanpa terkena air, pasti rasanya ada yang kurang. Oleh karena itu, sempatkan dirimu untuk berenang atau sekedar bermain air ditepian. Jangan lupa bawa baju ganti agar bisa leluasa bermain air.

# Susur Pantai

Sekedar bejalan jalan disekitar pantai juga sangat menarik, kamu bisaberjalan menyusuri bibir pantai sambil merasakan deburan ombak menerpa kaki. Akan terasa lebih romantis apabila berjalan jalan di sore hari bersama pasanganmu, dan nikmati suguhan alam dengan background sunset Pantai Sipelot.

# Memancing

Mengingat potensi hasil lautnya yang kaya, Pantai Sipelot juga terkenal sebagai tempat favorit bagi para pemancing. Dikawasan perairan pantai, terkenal dengan banyaknya jenis ikan. Tentu bagi para penghobi memancing, ini menjadi hal yang menggembirakan. Masyarakat yang bermukim di sekitar pantai pun juga banyak yang berprofesi sebagai nelayan.

Bila ingin ikan namun malas apabila harus memancing, pengunjung bisa membeli ikan segar langsung dari nelayan. Dengan begitu akan terasa lebih praktis dan bisa langsung dibakar di tempat. Untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh pun juga boleh, karena harganya tentu akan jauh lebih murah bila dibandingkan membeli di pasar.

# Berkemah / Camping

Apakah Pantai Sipelot bisa digunakan untuk berkemah ? Bisa , Pantai ini bisa digunakan untuk berkemah karena fasilitas nya pun cukup memadai. Kawasan pantai yang luas bisa dijadikan ground untuk mendirikan tenda. Dan jika lapar, kamu bisa beli ikan segar dari para nelayan disana untuk di bakar di malam hari.

# Spot Berfoto / Selfi

Berfoto di tempat wisata tentu harus kamu sempatkan, rugi dong.. apabila sudah jauh jauh pergi ke Pantai Sipelot tanpa mengabadikan moment disana. Selain sebagai pengingat bahwa kamu pernah menjejakkan kaki di Pantai Sipelot, foto tersebut juga bisa dijadikan tambahan koleksi instagram.

Tiket Masuk & Jam Buka

Untuk saat ini, tiket masuk Pantai Sipelot masih gratis, karena tempat ini masih dikelola secara tradisional oleh masyarakat sekitar. Dan juga terbuka setiap hari 24 jam, jadi kamu bisa kesini kapanpun kamu mau.

Fasilitas

Meski belum terlalu populer dan belum banyak dikunjungi, namun pantai ini memiliki sejumlah fasilitas yang cukup memadai, diantaranya mushola, warung makan, toilet, area parkir dan beberapa spot photo untuk pengunjung.

Lokasi & Rute

Pantai ini terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudho, Kabupaten Malang Jawa Timur. Untuk mencapainya, pengunjung memang harus melewati rute yang cukup panjang, karena Pantai ini terletak di timur Malang dan sudah hampir berbatasan dengan Kabupaten Lumajang. Berjarak kurang lebih 75 kilometer dari pusat Kota Malang dengan waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Akses menuju Pantai Sipelot tergolong mudah karena kondisi jalannya sudah beraspal halus. dari pusat kota Malang kamu bisa menuju Turen – Dampit dan lanjut menuju Kecamatan Tirtoyudo.

Daftar Pantai Baru di Malang lainnya

1. Pantai Goa Cina

2. Pantai Watu Leter

3. Pantai Bantol

4. Pantai Clungup

5. Pantai Licin

6. Pantai Gatra

7. Pantai Tamban

8. Pantai Sendiki

9. Pantai Bolu Bolu

10. Pantai Teluk Asmoro

11. Kondang Iwak

12. Pantai Sidosari

13. Pantai Ungapan

13. Pantai Watu Pecah Malang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?