Pesona Coban Gintung Malang, Air Terjun Cantik Namun Tersembunyi

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Berkunjung ke Malang untuk menghayati potensi alamnya adalah aktivitas yang menarik. Mengingat betapa luasnya wilayah Malang yang dihiasi banyak pegunungan & dataran tinggi hingga kawasan pesisir pantai di selatan. Mencoba masuk lebih dalam akan membuatmu menemukan banyak tempat tempat menarik yang masih tersembunyi dan bahkan beberapa diantaranya masih belum terjamah.

Salah satunya adalah Air Terjun Coban Gintung, mungkin kamu belum pernah mendengar nama ini. Karena tempat cantik ini memang belum banyak dikunjungi wisatawan, hanya masyarakat sekitar dan para pecinta alam sejati saja yang mengetahui adanya tempat ini. Penasaran seperti apa sih penampakan dari air terjun ini ? Temukan jawabannya disini !

coban gintung malang
image by instagram @faishal_falah

Alamat : Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Malang
Harga Tiket : Rp. 5.000
Jam Buka : 24 jam Setiap hari
Peta Lokasi : Klik disini

Petualangan mengeksplore alam Malang akan lebih menarik jika kamu sempatkan untuk mencoba mencari tau seluk beluk & sejarah dari tempat yang akan kamu datangi. Hal ini bisa menjadi pemicu semangat dan pembangkit rasa penasaran untuk benar benar mendatangi tempat tersebut dan melihatnya secara langsung.

Termasuk ketika kamu ingin berkunjung ke Air Terjun Coban Gintung Malang, kamu mungkin akan sedikit dibuat terkejut dan kagum. Karena siapa sangka jika tempat yang letaknya jauh di pelosok ini sudah ada sejak zaman purba kala. Hal ini dibuktikan dengan adanya goa purba disekitar air terjun, tepatnya dibagian atas air terjun.

Goa Purba Coban Gintung hingga saat ini masih dapat ditemui, kamu harus naik keatas dan melewati jembatan bambu. Begitu sampai, kamu akan disambut dengan bau yang agak menyengat. Bau tersebut berasal dari kotoran kelelawar yang menghuni goa.

Air Terjun Coban Gintung memiliki kemiripan dengan banyak air terjun di Malang lainnya, yakni letaknya yang tersembunyi di balik lebatnya hutan pegunungan dan cukup menguras tenaga untuk mencapainya. Namun itu tidak menghentikan minat wisatawan yang sudah bertekad untuk melihat sendiri keindahannya.

Menikmati Pemandangan Yang Asri

Air terjun Coban Gintung ini memang memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi, namun debit airnya cukup besar hingga bisa membuat kolam luas dibawahnya. Kawasan sekitar air terjun juga masih tampak asri dan rindang. Banyak pepohonan besar yang tumbuh tinggi seolah ingin menyembunyikan tempat cantik satu ini.

Ada pula bangunan kecil yang ikonik, yaitu rumah pohon yang terbuat dari bambu dan ditata sedemikian rupa diatas pohon. Dari rumah pohon ini, kamu bisa memandangi keindahan air terjun yang aliran airnya mengalir melewati bagian bawah rumah pohon ini.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Harga tiket masuk Air Terjun Coban Gintung sangatlah murah, dengan harga tersebut kamu bisa menikmati pemandangan indah yang tak terlupakan. Untuk jam bukanya, air terjun ini selalu buka 24 jam setiap hari, karena tempat ini belum dikelola secara profesional dan hanya dikelola oleh masyarakat sekitar. Jadi tidak ada batasan waktu berkunjung kesini. Namun umumnya wisatawan datang di pagi hari hingga sore hari.

Fasilitas

Mengingat tempat ini lokasinya cukup terpencil dan harus memasuki area hutan dan perkebunan serta cukup jauh dari pemukiman warga. Jadi jangan terlalu banyak berharap dengan fasilitas yang ada disekitar air terjun. Karena semua fasilitas seperti toilet, warung makan, mushola hanya terdapat di area pintu masuk / area parkir yang dekat dengan perkampungan warga. Jadi, usahakan untuk membawa sendiri perlengkapan & kebutuhan pribadi.

Lokasi & Rute

Air Terjun Coban Gintung beralamatkan di Desa Sidorenggo, kecamatan Ampelgading, kabupaten Malang. Dari banyaknya Air Terjun di Malang, Air terjun Coban Gintung ini termasuk yang lokasinya sangat jauh. Kamu mesti menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 setengah jam, letaknya yang berjarak 75 kilometer dari pusat Kota Malang dan berada di perbatasan Malang Lumajang.

Untuk aksesnya, dari Kota Malang kamu bisa menuju ke Gondanglegi, lalu ke arah Turen. Setelah itu lanjut ke kecamatan Tirtoyudo, dari sini kamu masih harus melanjutkan perjalanan menuju kecamatan Ampelgading tempat dimana air terjun ini berada.

Sesampainya di Ampelgading, temukan arah menuju Tumpak Sewu hingga melewati Desa Sidorenggo. Kamu akan melewati sebuah lapangan desa, ambil arah selatan hingga menemukan papan nama air terjun ini. Jika ragu kamu bisa bertanya pada penduduk sekitar, atau gunakan google maps.

Saran & Tips Berwisata ke Alam

Berikut kami berikan beberapa tips dan saran untuk anda yang ingin berwisata ke Air Terjun Coban Gintung, tips ini bisa kamu coba lakukan agar kegiatan mengeksplore keindahan air terjun berjalan lancar.

Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Tips pertama yang bisa kami bagikan adalah gunakanlah pakaian yang nyaman, terutama untuk kegiatan outdoor. Pakaian ini biasanya berbahan ringan dan cepat kering, karena untuk mencapai air terjun ini membutuhkan waktu yang lumayan lama dan melewati medan alam seperti sungai.

Gunakan Sepatu / Alas Kaki Yang Kuat

Akses jalan menuju Coban Gintung ini sendiri cukup jauh dengan medan khas alam berupa tanah, bebatuan & sungai. Jadi gunakan alas kaki yang kuat dan nyaman dipakai serta tidak licin.

Itulah beberapa informasi dan saran yang bisa kami berikan untuk kamu yang penasaran dan ingin liburan ke Malang dengan mengunjungi Air Terjun Coban Gintung, semoga info yang kami sampaikan bermanfaat dan dapat menjadi referensi liburan idaman.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi air terjun lain yang kebetulan letaknya masih satu area dengan Air Terjun Coban Gintung, yakni Air Terjun Coban Ciblungan, Air Terjun Coban Telaga Warna dan Air Terjun Goa Naga Gintung. Atau air terjun terkenal lainnya seperti Air Terjun Tumpak Sewu, Air Terjun Kapas Biru, Coban Tundo, Coban Nirwana, Coban Kedung Jembar, Coban Bidadari dan masih banyak lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?