Air Terjun Coban Nirwana Malang, Intip Keindahannya Yuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Air Terjun Coban Nirwana – Malang memang memiliki alam yang luar biasa indah, kandungan alam yang menyimpan banyak tempat eksotik ini membuat banyak orang berdecak kagum ketika melihat keindahannya. Pesona wisata alam Malang, memang tak pernah membuat kecewa siapapun yang telah mengunjunginya.

Bicara mengenai wisata alam di Malang, tentu ada banyak sekali tempat menarik yang bisa anda kunjungi. Jenisnya pun juga sangat lengkap, mulai dari wisata pantai Malang, Air Terjun, Telaga, Gunung, Hutan, semua lengkap tersaji untuk anda.

Image by instagram @wanderlust_sky16

Nah… Kali ini wisata alam di Malang yang akan kami bahas adalah Air Terjun Coban Nirwana, air terjun ini patut anda kunjungi karena memiliki keunikan tersendiri dan membuatnya berbeda dibanding kebanyakan air terjun lainnya.

Lantas apa aja sih yang membuatnya berbeda dibading air terjun lainnya ? Untuk mengetahui jawabannya, simak terus penjelasan kami berikut ini !

Alamat : Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Harga Tiket : Gratis
Jam Buka : 08.00 – 18.00 WIB (Setiap hari)
Peta Lokasi : Klik disini

Air Terjun Coban Nirwana

Air terjun Coban Nirwana ini juga dikenal memiliki banyak julukan, untuk masyarakat sekitar, banyak menyebutnya sebagai air terjun Mbok Karimah, nama ini berkaitan dengan nama tokoh sesepuh yang tinggal di sekitar air terjun tersebut. Selain itu air terjun ini juga dikenal dengan nama Coban Gedangan, nama “Gedangan” ini didapat dari daerah tempat air terjun ini berada, yaitu di daerah Kecamatan Gedangan.

Namun, nama yang paling populer dari air terjun ini dan paling banyak dikenal masyarakat luas adalah Air Terjun Coban Nirwana. Penyematan nama “Nirwana” ini merupakan gambaran visual tentang keindahan wisata air terjun ini yang memang luar biasa indah.

air terjun coban nirwana
Image by instagram @ahmed25_al.ali

Seperti yang telah kami singgung diatas tentang keunikan Air Terjun Coban Nirwana yang berbeda dari kebanyakan air terjun lainnya, yaitu bentuk air terjun ini yang memiliki desain tebing bebatuan yang bertingkat, sehingga membuat aliran air terjun ini tersebar dan terbagi menjadi beberapa bagian yang mengikuti kontur tebing dan akhirnya jatuh membentuk kolam air di bawahnya.

Tebing batuan yang tersusun acak secara alami ini selalu basah dan mempunyai warna kecoklatan yang mengkilap saat diterpa cahaya matahari. Tak hanya air terjunnya saja yang memukau, Pemandangan di sekitar air tejun juga tak kalah indah. Menampilkan pemandangan yang sangat asri berupa hijaunya pepohonan yang sangat rimbun yang seolah olah melindungi air terjun ini dari dunia luar.

Lokasi

Air Terjun ini berlokasi di Dusun Sumberbende, Kecamatan Gedangan, Kabupaten malang, Jawa Timur. Berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Malang dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam jika menggunakan kendaraan bermotor.

coban nirwana
Image by instagram @hendrik_jruxz_setiawan

Rute

Rute Coban Nirwana ini cukup mudah dilalui dan anda bisa mengikuti rambu penunjuk jalan yang banyak terpasang di setiap jalan. Dari pusat kota Malang, anda bisa menuju ke Gadang, lalu ke arah Kecamatan Turen, sampai di Turen, anda lanjut menuju Kecamatan Gedangan.

Sampai di Gedangan, anda bisa menuju ke Pasar Gedangan, karena lokasi Air terjun ini berada cukup dekat dengan pasar. Dari pasar ini anda tinggal ikuti petunjuk arah menuju lokasi air terjun.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Coban Nirwana ini hingga saat artikel ini ditulis, belum dipungut biaya apapun, jadi bisa dibilang gratis untuk mengunjunginya.

Kegiatan Menarik Yang Bisa Anda Coba

Tentu ada banyak hal menarik yang bisa anda lakukan di sini, tentu setiap orang memiliki cara tersendiri ketika menikmati kegiatan wisata mereka. Tapi yang pasti, kegiatan bermain air seperti berenang atau berendam di kolam air terjun ini sangatlah menyenangkan dan sayang sekali jika dilewatkan.

Tidak hanya bermain air saja yang menyenangkan, menikmati betapa indahnya pemandangan hijau pepohonan di sekitar air terjun juga tak kalah menarik. Anda juga bisa berfoto ria mengabadikan momen indah yang menjadi bukti bahwa anda pernah menginjakkan kaki di Air Terjun Coban Nirwana ini.

Berfoto disini dan memamerkannya di media sosial anda, tentu akan membuat siapapun yang melihat foto itu akan berdecak kagum, melihat kecantikan atau ketampanan anda bersanding dengan keindahan panorama air terjun yang menawan. Sungguh perpaduan ciptaan tuhan yang sempurna bukan ?

Jam Buka

Untuk jam operasional wisata ini buka setiap hari, jadi anda bisa kapanpun berkunjung ke air terjun ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Coban Nirwana ialah saat pagi hingga sore hari saat cuaca cerah, anda bisa melihat keindahan air terjun ini secara maksimal.

Fasilitas

Wisata Air Terjun Coban Nirwana ini masih sangat asri dan belum banyak tersentuh manusia, sehingga fasilitasnya pun masih belum memadai untuk ukuran sebuah tempat wisata. Jadi, anda harus menyiapkan bekal makanan atau minuman sendiri. Dan untuk fasilitas toilet dan mushola, bisa anda temui di kawasan permukiman penduduk yang ada di sekitar air terjun.
air terjun
Air Terjun Coban Nirwana Image by instagram @ahmed25_al.ali_compressed

Tips Berwisata di Air Terjun Coban Nirwana

Berikut kami berikan tips dan saran untuk anda yang penasaran dan ingin mengunjungi Air Terjun Coban Nirwana untuk melihat keindahannya. Anda bisa mengikuti tips yang kami berikan ini untuk mendapat pengalaman indah tak terlupakan saat berwisata kesini.

Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Karena wisata ini masuk dalam kategori wisata alam, serta lokasi air terjun ini yang juga masih sangat asri dan cukup jauh dari keramaian, tentu untuk mencapai lokasi air terjun ini anda harus menempuh medan alam yang tidak rata. Oleh karena itu, menggunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi tempat wisata ini akan membuat anda lebih mudah dan praktis untuk menjangkaunya.

Selain itu gunakan alas kaki yang nyaman untuk meyusuri medan yang masih berupa tanah & bebatuan. Akan sangat cocok jika anda menggunakan sepatu trekking atau sepatu hiking dan pastikan yang memiliki bahan cepat kering, karena anda juga akan menyusuri sungai kecil.

Bawa Bekal Sendiri

Karena wisata ini masih belum banyak terjamah manusia, sehingga fasilitasnya juga sangat minim, jadi anda tidak akan menjumpai warung makan di area sekitar air terjun. alternatif terbaiknya adalah membawa bekal makanan dan botol minuman anda sendiri dari rumah.

Tapi INGAT ! Jika anda membawa bekal sendiri, pastikan untuk tidak meninggalkan sedikitpun sampah dan barang bawaan anda di area ini. Karena alamnya yang masih sangat terjaga, tentu akan merusak pemandangan jika sampai ada sampah yang tertinggal disini.

air terjun coban nirwana
Image by instagram @feriyudianto97

Siapkan Transportasi

Karena lokasi wisata Air Terjun Coban Nirwana ini berada cukup jauh dari pusat Kota Malang, anda harus cermat merencanakan bagaimana cara anda menuju kesana. Jika anda membawa kendaraan pribadi akan lebih praktis, anda cukup mengikuti rute yang telah kami sebut diatas atau menggunakan map digital seperti google map atau lainnya.

Tapi jika anda tidak membawa kendaraan pribadi dan berencana untuk menggunakan angkutan umum, mungkin ini yang sedikit menjadi masalah, karena belum ada angkutan umum yang langsung menuju ke lokasi air terjun, jadi anda harus berganti ganti kendaraan dan tidak bisa langsung mengantar anda hingga pintu masuk air terjun.

Untuk alternatif jika anda tidak membawa kendaran pribadi, anda bisa memanfaatkan jasa Sewa Mobil Malang untuk mengantar anda hingga menuju lokasi air terjun. Dengan menggunaka jasa Rental Mobil Malang, akan membuat perjalanan anda menjadi lebih mudah, nyaman, aman dan tidak perlu khawatir tersesat.

Bawa Pakaian Ganti

Jika anda ingin bermain basah basahan di kolam Air Terjun Coban Nirwana ini, anda tidak perlu khawatir jika anda sudah membawa pakaian ganti. Karena akan sangat disayangkan jika berwisata ke Coban Nirwana dan tanpa menikmati segarnya air yang mengalir disini.

Pastikan Baterai Handphone / Kamera Anda Full Charge

Poin ini mungkin menjadi yang paling penting bagi kaum milenial atau bagi mereka yang gemar mengoleksi foto, tentu akan sangat menjengkelkan jika sudah menempuh jarak jauh, melewati medan yang penuh tantangan, menyusuri sungai, naik turun lembah, namun saat sampai di lokasi Air Terjun dan ingin mengabadikan foto, baterai anda ternyata habis dan perlu di isi daya.

Mengingat lokasinya yang berada di Pelosok, tentu tidak akan anda temui charge station. Jadi solusi terbaiknya adalah pastikan semua perlatan elektronik anda dalam kondisi full charge, atau bawa baterai cadangan untuk kamera anda.

air terjun malang
Image by instagram @denny.iskandar02

Bagaimana ? Apakah anda tertarik dengan Air Terjun Coban Nirwana setelah membaca penjelasan kami diatas ? Ataukah anda merasa bahwa penjelasan kami ini terlalu melebih – lebihkan ? Kalau begitu anda harus menyaksikannya dengan mata kepala anda sendiri.

Segera Rencanakan liburan ke Malang dan kunjungi Air Terjun Coban Nirwana untuk melihat sendiri keindahan dan merasakan kesegaran airnya. Karena Malang juga terkenal dengan aneka wisatanya yang menarik, anda juga bisa mampir ke tempat wisata unik dan menarik lainnya seperti Jatim Park 3, Museum Angkut, Hawai Waterpark, Wisata Bromo, Air Terjun Coban Rondo, Air Terjun Coban Ciblungan, Pantai di Malang seperti Pantai Tiga Warna, Pantai Gatra dan tempat wisata menarik lainnya.

Dan satu yang lebih penting yaitu bekal informasi yang terupdate & Terpercaya. Maka dari itu simak terus artikel kami untuk mendapatkan segala informasi tentang tempat wisata populer di Malang & Jawa Timur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?