Tips Liburan Backpacker Ke Bromo, Lebih Hemat, Praktis & Mudah 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Berwisata ke Bromo memang menjadi pilihan banyak orang untuk mengisi waktu liburan. Tempat wisata yang tergolong sebagai wisata alam ini menawarkan anda suasana asri pegunungan dengan view yang luar biasa indah. Tempat – tempat seperti ini sering diburu wisatawan untuk rekreasi dan bersenang senang.

Namun satu yang menjadi kendala ialah biaya wisata ke Bromo yang terbilang cukup menguras kantong, apalagi jika tempat anda tinggal jauh dari Bromo / berada di luar kota. Pasti kebutuhan transportasi juga akan menjadi beban. Kondisi semacam ini banyak dialami oleh individu yang belum memiliki tabungan rekreasi atau sudah memiliki budget tapi minim.

Untuk mensiasati hal tersebut, anda bisa mencontoh tips liburan ala Backpacer ke Bromo. Para backpacker / individu yang gemar melakukan perjalanan hanya dengan membawa ransel dan perlengkapan seperlunya ini biasanya akan meminimalisir barang bawaan dan menghindari hal – hal yang tidak terlalu penting dalam berwisata.

Hal - Hal Yang Harus Anda Perhatikan Saat ke Bromo

Liburan dengan budget minim bukanlah hal mustahil, anda tetap bisa bersenang – senang kemanapun asalkan anda bisa mengatur / merencanakan perjalanan anda dengan cermat. Dalam merencanakan liburan hemat ala Backpacker ke Bromo, ada beberapa hal yang perlu anda perhitungkan. Yaitu :

Bawa Kebutuhan Seperlunya

Mengingat anda akan berwisata ke alam terbuka yakni Gunung Bromo, hindari membawa barang – barang yang tidak perlu agar tidak merepotkan anda dalam perjalanan nanti. Selain itu, dengan membawa barang berlebih juga akan berimbas pada biaya perjalanan. Contohnya bila anda naik pesawat / kereta, dan barang bawaan anda melebihi batas berat yang ditentukan, anda akan dikenakan biaya bagasi ekstra.

Jadi, bawa saja barang / keperluan yang sangat penting seperti obat pribadi, pakaian ganti secukupnya dll.

Pilih Akomodasi & Transport Sesuai Budget

Jenis transportasi dan akomodasi penginapan juga memakan budget yang cukup besar, apalagi jika anda datang dari tempat yang jauh seperti luar provinsi / luar pulau. Jika anda naik pesawat, tentu biayanya lumayan mahal, untuk itu anda perlu memilih jenis transportasi yang terjangkau. Seperti kereta ekonomi / naik bus, meski akan memakan waktu perjalanan lebih lama dari pesawat, namun anda bisa sedikit berhemat.

Untuk urusan memilih akomodasi wisata Gunung Bromo Penginapan yang murah bisa menjadi pilihan terbaik. Bila anda berwisata cukup lama / lebih dari sehari, anda tidak perlu menginap di hotel / villa. Di Bromo terdapat beberapa hostel yang bisa anda gunakan, biayanya cukup terjangkau alias murah. Jika mau, anda juga bisa meminta iin untuk menginap di rumah warga sekitar dan menyewa satu kamar.

Jika beruntung, anda bisa mendapatkan Hotel di Bromo dengan harga murah. Anda bisa mencari tau dulu rate kamar hotel di internet, atau bisa memilih di situs booking hotel online seperti Traveloka, Tiket.com, Airy Room, Air B&B dll, biasanya di situs tersebut banyak menawarkan harga promo yang menggiurkan.

Cari Info Detail Tentang Wisata Bromo

Untuk bisa merencanakan pengeluaran yang tepat, anda perlu mencari tau lebih detail tentang apa saja yang dibutuhkan saat berwisata ke Bromo. Seperti rute Bromo,
penginapan di Bromo, biaya wisata Bromo mencangkup tiket masuk,  harga sewa jeep di Bromo dll. Untuk harga tiket masuk Bromo berbeda antara weeday dan weekend, yang paling murah tentu saat weekday.

Untuk urusan sewa jeep, memang menjadi hal wajib bagi setiap pengunjung. Bila ingin lebih berhemat, anda bisa hiking / jalan kaki, meski akan sangat menguras tenaga.

Patungan Untuk Sewa Jeep

Solusi untuk sewa jeep Bromo dengan harga murah, anda bisa mencari sesama backpacker untuk patungan menyewa jeep. Kapasitas 1 jeep bisa mengangkut hingga maksimal 6 penumpang dengan harga per jeep mencapai sekitar 600 ribuan. Bila anda berhasil mendapatkan 6 orang untuk bersama – sama menyewa jeep, anda hanya perlu mengeluarkan 100 ribuan per orang.

Hiking menuju Kawah / Menawar Ongkos Naik Kuda

Salah satu spot utama wisata ini adalah kawah Gunung Bromo, kawah ini menjadi legenda dan dipercaya sebagai salah satu misteri Gunung Bromo yang wajib anda kunjungi. Untuk bisa mencapai kawah, anda akan diantar oleh jeep, namun jeep & kendaraan lain hanya bisa mengantar anda sampai batas area parkir. Lalu anda harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju puncak kawah, biasanya di area parkir jeep, anda akan ditawari untuk naik kuda menuju kawah.

Tapi harga naik kuda di Bromo cukup mahal, mencapai 100 rb – 150 ribuan. Agar lebih menghemat kantong, anda bisa jalan kaki sekalian olah raga hiking. Jarak yang akan anda tempuh kurang lebih mencapai 3 kilometer

Hindari ke Bromo Saat Musim Liburan

Satu aturan yang pasti berlaku di tempat wisata manapun, yaitu usahakan menghindari berwisata saat musim liburan. Dijamin pengeluaran anda akan menjadi jauh lebih besar, karena biaya transport, hotel, sewa jeep dll akan melambung sangat tinggi. Untuk itu, anda bisa memilih liburan di hari biasa.

Selain harga yang dipatok masih wajar, anda juga bisa menghindari keramaian. Karena waktu liburan, jumlah wisatawan yang datang ke Bromo sangatlah padat.

Hemat Tanpa Membeli Oleh – Oleh

Bagi para backpacker ke Bromo, oleh – oleh adalah hal yang tidak terlalu penting. Cukup dengan pengalaman dan merasakan suasana Bromo yang menawan, itu bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan. Terlebih oleh – oleh di Bromo yang banyak dijajakan adalah bunga abadi / Edelweis yang dijual menjadi buket / dibentuk berbagai rupa.

Untuk anda ketahui, Bunga Edelweis merupakan tumbuhan yang dilindungi dan dilarang untuk dipetik. Karena bunga ini tumbuh di area konservasi dan jarang ditemui ditempat lain. dengan tidak membeli atau memetik Edelweis sembarangan, anda sudah membantu melestarikan bunga cantik ini.

Solusi Terbaik Dengan Ikut Open Trip Bromo

Bila anda rasa tips – tips diatas cukup membuat anda bingung, seperti dalam hal menyewa jeep dan transport ke Bromo. Anda bisa memilih ikut Paket Open Trip Bromo, dengan menggunakan opentrip, anda tidak perlu repot – repot mencari barengan untuk patungan.
Karena penyedia jasa open trip lah yang akan mengatur perjalanan dan berbagai keperluan seperti transport dll. Harga yang ditawarkan pasti lebih murah dibanding harga Paket Wisata Bromo Private.

Jika anda bingung mencari Open Trip Bromo Murah dan terpercaya dari Malang, anda bisa menghubungi Erctrans Malang. karena Erctrans menyediakan paket opentrip terbaik untuk anda, semua sudah termasuk transport ke Bromo, tiket masuk wisata Gunung Bromo dan biaya sewa jeep. Jadi, langsung saja menghubungi customer service kami di 081233930143 (layanan fast respon dan siap berkonsultasi untuk merencanakan liburan hemat dan terbaik untuk anda.

Rekomendasi Objek Wisata Sekitar Gunung Bromo

Jika liburan anda cukup panjang, anda bisa mampir ke berbagai tempat wisata Bromo dan sekitarnya. Mungkin anda akan bertanya alamat Gunung Bromo Dimana ? dan apa saja yang bisa dilakukan disana ? jawabannya tentu ada banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan disini.

Bromo yang terletak di Jawa Timur dan areanya mencangkup 4 wilayah yakni Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Jadi anda juga bisa mampir ke kota – kota tersebut. Untuk wisata Bromo sendiri anda akan menikmati beberapa spot seperti :

Untuk tempat wisata di sekitar Bromo, anda bisa mengunjungi :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?