Itinerary Paket Wisata Bromo Dari Jakarta Terlengkap 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Bromo menyuguhkan keindahan alam yang tiada duanya, pesona dari gunung yang masih aktif ini menampakkan pemandangan indah berupa kawah dengan kaldera yang luas serta latar Gunung Semeru. Apalagi moment sunrise yang selalu ditunggu – tunggu, banyak wisatawan yang rela datang dari jauh hanya untuk melihat Golden Sunrise Bromo.

Wisata Bromo Jawa Timur tidak hanya menyuguhkan pemandangan sunrise saja, melainkan ada juga banyak spot – spot menarik lainnya yang tidak kalah keren. Mulai dari Kawah aktif Bromo yang eksotis, Pasir Berbisik / Lautan Pasir yang sangat luas, Pura Luhur Poten, Bukit Teletubbies hingga hamparan rerumputan di Padang Savana.

Semua destinasi / spot tersebut bisa anda jelajahi hanya cukup 1 hari saja, atau populer disebut Bromo tour 1 day. Berwisata ke Bromo juga semakin gampang, karena ada banyak sarana transportasi yang bisa anda gunakan serta akses tol yang akan memperlancar perjalanan anda. Ini membuat wisatawan dari luar daerah seperti Jakarta bisa dengan mudah liburan ke Bromo.

paket tour bromo dari jakarta

Berwisata dari Jakarta ke Bromo

Berwisata ke Bromo dari Jakarta bukanlah hal yang merepotkan, meski jaraknya lebih dari 800 km sekalipun. Jika anda ingin praktis, anda bisa memilih Paket Wisata Bromo dari Jakarta, dengan menggunakan paket tour semua biaya perjalanan, akomodasi, tiket masuk dan harga sewa jeep Bromo.

Namun bila anda ingin perjalanan yang lebih fleksibel atau ingin mampir ke beberapa tempat dahulu, anda bisa menggunakan transportasi seperti pesawat, kereta, bus atau membawa kendaraan pribadi. Selanjutnya ketika sampai di Malang / Surabaya (kota tujuan transit sebelum ke Bromo) anda bisa menggunakan paket wisata Bromo dari Malang atau paket wisata Bromo dari Surabaya.

Kenapa lebih baik menggunakan paket wisata ? Karena perjalanan ke Bromo akan lebih mudah jika anda menggunakan paket. Seperti untuk urusan transportasi dan yang paling penting ialah aturan kendaraan di Bromo yang mewajibkan pengunjung menggunakan jeep hardtop 4X4. Dengan menggunakan paket, anda tidak perlu bingung dan takut kehabisan mencari jasa sewa jeep.

Kalaupun anda ingin melakukan perjalanan seorang diri atau ingin merasakan sensasi trip Bromo backpacker, juga bukan hal yang mustahil. Namun anda perlu merencanakan segala sesuatu terkait pengeluaran / biaya tour ke Bromo, harga tiket masuk wisata Gunung Bromo, mencari sewa jeep, pilihan moda dan biaya transportasi menuju Bromo dll.

Cara Menuju ke Bromo

Cara menuju Bromo sangatlah mudah, anda bisa menggunakan jenis transportasi sesuai selera dan budget. Untuk berwisata ke Bromo dari Jakarta, biasanya wisatawan yang menggunakan transportasi seperti pesawat, kereta, bus akan memilih transit di Malang / Surabaya. Dikarenakan dua kota tersebut memiliki bandara, stasiun, terminal serta lokasinya paling dekat dengan Gunung Bromo.

Jika anda sudah memutuskan menggunakan Paket Tour Bromo dari Jakarta, maka anda tidak perlu repot lagi, anda bisa bersantai selama perjalanan ke Bromo. Tapi jika ingin naik transportasi sendiri, anda bisa naik beberapa pilihan transportasi udara maupun darat.

Menggunakan Pesawat

Pilihan pertama, anda bisa naik pesawat dari Jakarta menuju Malang / Surabaya. Jika anda memilih transit di Surabaya, anda bisa landing di Bandara Juanda, setelah itu melanjutkan perjalanan darat menuju ke Probolinggo. Agar lebih mudah, anda bisa memesan Paket Tour Bromo dari Surabaya, jadi begitu mendarat, anda akan langsung dijemput dan diantar menuju Bromo.

Jika anda ingin transit di Malang, anda bisa mendarat di Bandara ABD. Saleh Malang. Anda juga bisa menggunakan Paket Tour Bromo dari Malang, dengan penjemputan di Bandara lalu diantar menuju Bromo via Pintu Masuk Ngadas – Tumpang – Malang.

Menggunakan Kereta

Pilihan kedua ialah menggunakan kereta, anda bisa memilih rute Jakarta – Malang dari stasiun Gambir / Pasar Senen menuju Stasiun Kota Baru dengan kereta Bima, Gajayana atau rute Jakarta – Surabaya dari stasiun Gambir / Pasar Senen menuju stasiun Pasar Turi dengan kereta Argo Bromo Anggrek / Sembrani. Selanjutnya, anda harus melanjutkan perjalanan menuju Bromo via pintu masuk Malang / Pasuruan / Probolinggo.

Menggunakan Bus

Transportasi selain kereta yang bisa anda gunakan adalah Bus. Saat ini ada cukup banyak P.O Bus yang menawarkan rute Jakarta Surabaya seperti Bus Pahala Kencana, Tiara Mas, Rasa Sayang. Jika turun di Surabaya, anda perlu melanjutkan perjalanan menuju Probolinggo.

Bila memilih rute Jakarta Malang, anda bisa menggunakan Bus Rosalia Indah, Lorena, Gunung Harta, Pahala Kencana, Medali Mas dan masih banyak lainnya. Setelah itu mencari angkutan menuju Tumpang.

Membawa Kendaraan Pribadi

Membawa kendaraan pribadi untuk berwisata saat ini sedang menjadi tren, anda bisa lebih fleksibel dan bebas dalam perjalanan. Tak terkecuali berkendara dari Jakarta menuju Bromo, anda bisa melewati jalan Tol bebas hambatan dan juga bisa mampir – mampir ke tempat lain terlebih dahulu.

Membawa mobil sendiri, memungkinkan anda membawanya langsung sampai gerbang pintu masuk Bromo tanpa perlu transit di kota lain. Namun anda hanya bisa membawa kendaraan sampai di rest area Bromo, selanjutnya anda diharuskan menggunakan jeep hardtop 4X4. Aturan ini berlaku untuk semua pengunjung untuk keamanan dan keselamatan selama menyusuri medan ekstrim Bromo yang terjal dan curam.

Untuk anda yang ingin membawa mobil ke Bromo tapi bingung mencari jasa Sewa Jeep di Bromo, anda bisa menghubungi Erctrans yang menawarkan harga paket wisata Bromo murah dan sewa jeep :

Dengan memesan sewa jeep Bromo di Erctrans, anda tidak perlu lagi bingung dan takut kehabisan unit. Anda bisa langsung menuju pintu masuk Bromo di masing – masing kota diatas, lalu driver jeep kami akan menjemput anda dan mengantarkan menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Driver jeep kami juga bisa menjadi guide yang akan memandu anda menikmati setiap tempat di Bromo.

paket bromo dari jakarta

Itinerary Paket Wisata Bromo Dari Jakarta

Trip Bromo umumnya dimulai dengan menyaksikan Sunrise pukul 04.00 – 05.00, untuk itu anda harus tiba di rest area Bromo pukul 03.00 dinihari. Mengingat anda berangkat dari Jakarta, anda harus memperhitungkan lama perjalanan yang harus anda tempuh sesuai dengan jenis transportasi yang anda gunakan. Jika transit di Malang / Surabaya, anda harus tiba disana pukul 00.00 dinihari.

Tiba di rest area Bromo pukul 03.00, anda bisa menggunakan waktu untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Sekira pukul 03.15 perjalanan explore Bromo akan dimulai, anda bisa langsung menaiki jeep untuk diantar menuju spot pertama yaitu Bukit Penanjakan / Bukit CInta untuk melihat sunrise.

04.00 : Tiba di spot pertama, disini anda bisa menunggu sejenak hingga munculnya sunrise. Sambil menunggu, anda bisa menikmati aneka jajanan ringan dan minuman hangat, sunrise biasanya muncul pukul 04.30 – 05.00.

06.00 : Selesai melihat sunrise, waktunya menuju spot selanjutnya yaitu Kawah Bromo. Turun dari bukit, anda bisa melihat kaldera Bromo yang tampak masih dipenuhi kabut. Pengantaran menuju kawah, hanya bisa sampai di batas parkir jeep, selanjutnya anda harus berjalan kaki menyusuri kaldera sejauh kurang lebih 3 kilometer.

Perjalanan menuju kawah, anda akan berjalan melewati Pura Luhur Poten Bromo yang merupakan tempat peribadatan umat Hindu Suku Tengger. Tiba di kaki kawah, anda akan dihadapkan dengan anak tangga berjumlah 250 yang harus anda lewati untuk bisa sampai di puncak kawah.

08.00 : Selesai melihat pemandangan dari atas bibir kawah, anda akan diantar menuju spot selanjutnya yaitu Pasir Berbisik Bromo. Area ini merupakan kawasan berpasir yang sangat luas sehingga dijuluki lautan pasir.

10.00 : Explore Bromo dilanjutkan dengan mengunjungi Bukit Teletubbies dan Padang Savana Bromo. Spot ini sering dijadikan sebagai latar untuk berfoto dan selfie, karena pemandangannya tampak begitu indah dengan hamparan padang rumput yang hijau.

11.00 : Trip Bromo selesai, anda akan diantar menuju rest area / meeting point, silahkan beristirahat sejenak, membersihkan diri dan bersiap kembali ke kota asal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?