Puncak B29 Lumajang, Negeri Di Atas Awan Yang Sesungguhnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Puncak B29 adalah objek wisata yang menunjukkan keindahan lautan awan di atas lereng gunung bromo dengan pemandangan sunrise yang sangat menabjubkan. Keindahan ini bisa tercipta karena letak bukit B29 yang relatif berada lebihtinggi dari Gunung Bromo.

Bukit B29 Lumajang mulai populer sejak beberapa tahun terakhir ini. Jadi, destinasi wisata ini bisa dibilang masih belum banyak orang ketahui bila dibandingkan dengan spot sunrise lainnya, seperti penanjakan Bromo / bukit cinta.

puncak b29
image From instagram by @rianpratama10

Lokasi Bukit B29

Bukit B29 terletak di desa argosari, kecamatan senduro, kabupaten lumajang. Bukit ini berada di ketinggian 2.900 meter diatas permukaan laut. Kebanyakannya orang berangkat pada pagi hari sekitar jam 3 karena ingin melihat matahari terbit dari atas bukit.

Tiket Masuk B29 Lumajang & Jam Buka

Untuk harga masuk B29 hanya dibandrol sebesar Rp. 5.000 rupiah. Sedangkan untuk jam operasional puncak ini selalu buka 24 jam, jadi jika kalian kesini bisa datang sesuka kalian kapanpun aja. Bagi Anda yang tidak mau capek capek untuk jalan menuju kawasan puncak b29, di sekitar kawasan wisata ini juga ada jasa penyewaan ojek.

Rute Menuju Puncak B29 Lumajang

Rute menuju puncak b 29 lumajang ini jika dari kota Surabaya bisa menggunakan kendaraan mobil atau motor pribadi, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Kemudian jika sudah sampai di Desa Argosari Anda bisa memarkirkan kendaraan, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menyewa ojek yang dibandrol dengan harga sekitar 100.000 untuk pulang pergi. 

Jika kalian membawa kendaraan roda dua sendiri, kalian bisa juga untuk langsung naik ke puncak B 29. Namun perlu anda ketahui, bahwa jalaur yang akan di lewati sangat extrim, licin berdebu dan memiliki tanjakan dan turunan yang terjal. Tetapi jika Anda tetap ingin membawa kendaraan sendiri, baiknya untuk tidak membawa motor metik, karena sangat berbahaya. 

Motor yang tepat untuk langsung menuju ke lokasi b29 dengan motor sendiri adalah motor dengan kopling manual, atau lebih aman lagi anda gunakan motor trail. Jika anda ragu ragu, sangat kami rekomendasikan untuk sewa ojek setempat saja. Tentunya lebih terjamin keamananya, karena mereka lebih pengalaman dan tau persis jalur yang akan di laluinya.

Keunikan B29 Negeri Diatas Awan

Bukit B29 biasa di sebut dengan negeri diatas awan, selain melihat indahnya matahari terbit, anda juga bisa melihat lautan awan yang menyelimuti lereng. Keunikan Puncak B29 yaitu memiliki 2 pemandangan : pemandangan arah kaldera tengger dan gunung bromo serta gunung batok dan juga pemandangan perkebunan teh argosari dan gunung semeru dari kejauhan

Terdapat Beberapa Aktivitas yang Dilakukan di Tempat Ini

Melihat Sunrise

Keistimewaan yang sangat menawan adalah keindahan sunrise yang terlihat dari puncak B29 Lumajang. Sungguh pemandangan yang luar biasa, melihat pancaran sang surya dengan lautan awan yang indah luar biasa.

Melihat keindahan Awan Tumpah B29 Lumajang

Gugusan awan bergelombang bak tumpahan susu ini begitu menakjubkan, memanjang dari bukit ke bukit, dari lembah ke lembah, Ah indahnya!! Panorama terbaik ini akan anda dapatkan pada waktu yang tepat yaitu 06.05 WIB

Melihat Matahari Terbenam

Waktu yang tepat untuk menikmati sunset biasanya pukul 17.35. pergantian hari dari siang menuju malam dengan udara dan angin yang sepoi-sepoi serta pemandangan di puncak B29 malam hari juga tidak kalah indah lo…

Berkemah

Di puncak ini kalian juga bisa camping, banyak wisatawan membawa tenda untuk menginap semalam agar esok paginya bisa melihat matahari terbit, sebenarnya di puncak ini terdapat penginapan.

Jika kalian hanya membawa budget sedikit kalian bisa membawa tenda sendiri agar bisa meminimalisir pengeluaran / menghemat budget kalian, tetapi jika kalian menginap menggunakan tenda, kalian juga bisa merasakan dinginnya puncak B29 dan bisa melihat sekaligus keindahan pada malam hari.

Fasilitas Yang Tersedia

Di puncak ini juga terdapat fasilitas seperti warung, kamar mandi dan ojek, jadi jika kalian lapar gak perlu susah susah membawa makanan mentah dari rumah, kalian bisa beli saja di warung yang sudah di sediakan.

Di warung ini juga menyediakan makanan minuman seperti nasi, mie instant, kopi, susu, teh, wedang jahe, dan minuman lainnya yang menghangatkan badan di cuaca yang dingin. Serta terdapat juga mushola yang bisa anda gunakan untuk beribadah.

Jadi apa kalian tertarik mengunjungi puncak B29 ini, tempat ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk teman berpetualang, jadi jika kalian suka dengan wisata alam tempat ini sangat cocok untuk di kunjungi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?