Kampung Warna Warni Jodipan, Kampung Tematik Penuh Warna

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Kampung warna warni jodipan atau sering juga disebut sebagai kampung pelangi ini merupakan kampung yang terkenal di kota malang. Kampung ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena tertarik dengan ragam warna rumah yang ada di kampung 3D ini, sejarah kampung warna warni Malang ini dulunya adalah kampung yang sangat kumuh dan tidak terawat. Bahkan bisa termasuk dalam 11 kampung terkumuh di Indonesia, tempat ini juga hampir pernah digusur dan warga akan di pindahkan ke rumah susun.

Kemudian muncul satu solusi dari beberapa mahasiswa Universitas Muhammadyah Malang jurusan Ilmu Komunikasi yang sedang melakukan praktek sehingga kampung ini berubah menjadi perkampungan yang unik, dan indah dipandang, setelah wisata ini telah dicat, wali kota malang telah menetapkan kampung jodipan ini sebagai objek wisata yang ada di malang.

jodipan
image by instagram @fajarhw

Kampung jodipan ini tidak hanya sekedar rumah yang di cat dengan banyak warna saja, melainkan tempat ini juga dipenuhi beragam gambar lukisan 3 Dimensi seperti hiu, ikan, kupu kupu, sayap burung dan banyak lukisan lainnya sehingga wisatawan juga bisa berfoto di lukisan yang sudah di sediakan, juga terdapat spot foto jembatan yang bisa menambahkan estetika di social media kalian, kampung jodipan ini hampir mirip dengan wisata Gamcheon culture village yang berada di korea.

Untuk ekonomi warga warga di sini juga lebih baik, banyak orang yang sudah membuka toko dan berjualan makanan, banyak yang mengatur lahan parkir bagi wisatawan. Jika kalian masuk ke kampung ini sudah terdapat food court yang berjualan seperti bakso, gorengan, es krim dan makanan ringan lainnya.

Di Kampung ini Juga Terdapat Beberapa Spot Foto Menarik

jembatan kaca jodipan
image by erc trans

Jembatan Kaca

Jembatan ini juga merupakan spot foto yang menarik perhatian karena jembatan ini merupakan jembatan seperti model yang hampir mirip dengan jembatan yang ada di china meskipun jembatannya tergolong ukurannya sangat kecil, jembatan ini sangat berguna untuk melintasi sungai brantas yang membelah kampung ini.

Tidak hanya digunakan untuk berfoto saja jembatan ini juga menghubungkan kampung warna warni dan kampung 3D, tetapi jembatan ini hanya bisa menampu sekitar 50 orang dan memiliki panjang 25 meter, jembatan ini di resmikan pada tanggal 9 oktober 2017. Yang juga di hadiri oleh wali kota malang pada saat itu

lukisan 3d kampung 3d
image by instagram @dimasramadhan408

Lukisan 3D

lukisan ini juga cukup menarik dan keren, lukisan ini di lukis oleh warga sekitar karena mereka juga sudah berpengalaman dalam melukis dan menggambar, ada beberepa lukisan yang di gambar seperti hiu, kupu kupu, sayap burung, dan ikan sehingga banyak wisatawan tertarik untuk berfoto.

tangga warna warni
image by @outdoorstravelblogger

Tangga Warna Warni

Di kampung jodipan ini kebanyakannya adalah anak tangga, sehingga warga mempunyai ide untuk mengecat semua tangga agar telihat lebih keren.

Dinding Warna Warni

Dinding ini terdapat banyak ragam warna warna yang menghiasi dinding rumah, sehingga spot ini merupakan spot foto yang sangat cocok untuk berfoto ataupun berselfie.

Lokasi, Jam Buka & HTM

Kampung ini terletak di jl jodipan, gang 1,kesatrian, blimbing, kota malang. kampung ini sangat dekat hanya berjarak 500 meter dari stasiun kota malang. Jika dari alun alun kota malang berjarak 2 km.

Untuk jam operasional kampung ini buka pukul 06.00-18.00 dan harga tiket masuk ke wisata ini hanya membayar Rp. 3000 saja/orang. untuk tiket motor cukup mebayar Rp. 2000, mobil Rp. 5000, dan bus Rp. 15.000

image by erc trans

Rute Menuju Kampung Warna Warni

Jika menggunakan transportasi umum seperti angkot dari terminal landungsari kalian bisa menggunakan angkot ABG, AJG, dan AMG dan turun tepat di depan kampung Jodipan. Jika dari stasiun kereta Malang, rute menuju kampung ini jauh lebih dekat, bahkan anda bisa berjalan kaki untuk mencapainya, tepatnya dari stasiun ke arah timur sekitar 500 meter.

Fasilitas Yang Tersedia

Wisata ini terdapat beberapa fasilitas seperti toilet umum, kios, mushola, warung makan, tempat parkir.

Jadi, kapan nih kamu liburan ke kampung warna warni jodipan ini ? jika liburan ke sini jangan lupa ya buang sampah pada tempatnya agar kelestarian kampung ini tetap terjaga dan selalu banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top
Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?
Powered by