Keelokan Sunrise Bromo Mountain | 6 Sport Terbaik Menikmatinya

Bagi anda pecinta alam pastinya sangat mendambakan untuk menyaksikan berbagai keangungan alam dunia ini. Seperti halnya momen terbitnya matahari atau yang bisa di sebut golden sunrise. 

Wisata Gunung Bromo adalah salah satu tempat wisata alam yang menyuguhkan keindahan golden sunrise terbaik, elok dan begitu menawan, sehingga wajib untuk anda kunjungi.

Berikut 6 tempat / spot sunrise Bromo Mountain terbaik yang harus anda ketahui untuk menyaksikan dan membuktikan keindahan dan keelokanya.

sunrise gunung bromo

1. Puncak Pananjakan Bromo - Favorit Bromo Tour

Puncak Pananjakan 1 merupakan tempat tertinggi untuk Bromo sunrise view point dengan sudut pandang Gunung Batok, Kawah Bromo dan Gunung Semeru.

Fasilitas umum yang ada di Panajakan juga tergolong sangat lengkap, mulai dari toilet, mushola, warung makan dan toko – toko perlengkapan baju hangat seperti jaket, kupluk rajut, syal dan sarung tangan. Bagi anda yang tidak mau beli, di sana juga banyak tempat yang menyewakan jaket, selimut dan tikar untuk duduk menunggu datangnya matahari terbit / sunrise.

Berada paling tinggi dari spot lain, tentunya hawa di sekitar terasa sangat dingin dan memiliki terpaan angin yang paling besar. Oleh sebab itu anda di harapkan lebih mempersiapkan perlengkapan untuk perlindungan diri agar tetap hangat.

2. Bukit Cinta Bromo

Mendangar namanya saja pasti anda akan penasaran, dari nama tersebutlah yang menyebabkan tempat ini populer dan banyak orang memilih Bukit Cinta Bromo sebagi spot menyaksikan sunrise. Lokasi ini adalah jalur terdekat jika anda ikut program Tour Bromo Dari Pasuruan dan berada di ketinggian 2.680 mdpl

Titik tanda tempat ini adalah tembok besar yang bertuliskan “Love Hill Bromo Tengger”. Selain penanda, tembok ini juga merupakan spot foto yang menarik sebagai bukti bahwa kita sudah pernah datang ke Bromo.

Sudut pandang yang di tawarkan dari bukit cinta adalah Gunung Batok, Kawah Bromo, Puncak Mahameru, Kaldera Tengger, Gunung Kursi, Wantangan dan Bukit Widodaren. Masyarakat Tengger menamai tempat ini dengan lemah pasar yang bisa di artikan pasar agung yang biasa di gunakan sebagai tempat di adakannya upacara adat.

3. Bukit Kingkong Sunrise Mount Bromo Viewpoint

Masih berada satu jalan dengan Bukit Penanjakan Bromo dan Bukit Cinta, tempat ini juga tidak kalah menarik untuk menikmati munculnya matahari di bromo. Bukit Kingkong ini juga kerap dijadikan sebagai tempat alternatif jika Puncak Pananjakan 1 penuh, karena merupakan titik antrian jeep paling rame untuk menuju Panajakan.

Dari penuturan masyarakan Suku Tengger, tempat ini di sebut Bukit Kadaluh Bromo, yang bisa diartikan sebuah pengharapan kepada Sang Hyang Widi untuk anugerah kesuburan wilayah sekitar Bromo Tengger. Sudut pandang yang di tawarkan tidak jauh berbeda dari Bukit Cinta. Berlokasi di tanah yang sedikit lapang di atas bukit dan di pagari oleh tembok – tembok beton.

4. Bukit Mentigen Bromo - Cemoro Lawang

Lokasi ini tepatnya berada di Desa Ngadisari Cemoro Lawan, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Di lihat dari lokasinya, sudah jelas jalur terdekat adalah jika anda ikut program Tour Bromo Dari Probolinggo to Bromo.

Tidak kalah menarik, spot Bukit Mentigen menawarkan keunggulan sunrise dengan pemandangan berupa lautan awan yang menyelimuti kawasan kaldera, pasir berbisik Bromo, kawah Gunung Bromo dan puncak gunung batok. Sangat rekomended buat berburu foto eksotik dan instagramable. Spot Mentigen termasuk masih alami, berada di pinggiran bukit sisi timur laut Bromo dan hanya memiliki jalan setapak yang sekelilinya di tumbuhi pepohonan cantigi dan pakis.

5. Pos Dingklik

Spot sunrise ini tepat berada di pertigaan arah ke Bromo dan Bukit Panjakan, 5 menit dari gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Keunggulan tempat ini banyak terdapat warung – warung di sepanjang sisi kanan jalan menuju bromo. Hanya saja, tempat ini tidak bisa menampung banyak wisatawan karena areanya yang berupa teras di sisi tepi tebing kaldera Bromo dan untuk parkir jepp nya pun juga hanya bisa di sisi – sisi jalan.

6. Puncak Seruni Point

Inilah tempat paling hits saat ini guna menikmati sunrise. Berada di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Berupa menara pandang dengan bagunan tugu Brawijaya yang di belah jadi empat pilar dan gapura khas Suku Tengger yang di lengkapi anak tangga dengan jumlah 256, membuat Puncak Seruni jadi sangat istimewa sebagai pilihan terbaik untuk para wisatawan.

Spot pandang yang di tawarkan juga sangat mempesona, di sini wisatawan bisa menikmati semua panorama indah kawasan Bromo dari terbit hingga tengelamnya matahari.

Waktu Yang Tepat Mendapatkan Moment Terbaik Sunrise Bromo

Jika Anda Ingin berkunjung ke Bromo dan ingin mendapatkan momet sunrise terbaik, pastikan terlebih untuk spot mana yang akan anda tuju. Mengingat Bromo memiliki banyak tempat / sport untuk menyaksikan keindahan sunrisenya. Hal tersebut juga akan memberikan kemudahan Anda untuk mencapai lokasi sunrise sesuai lokasi pintu masuk Bromo yang anda lalui. 

Selain itu penting juga untuk memilih waktu yang tepat agar mendapatkan keindahan moment bromo terbaiknya. Anda ingin tau waktu terbaiknya ? atau sunrise Bromo jam berapa ?…. Yaitu pada saat musim kemarau, sekitar akhir juni sampai dengan bulan September.

Perlengkapan Wajib Untuk Berwisata Ke Bromo

Membawa perlengkapan yang memadai untuk berwisata ke bromo akan memberi kenyamanan dan keamanan dalam mengexplor keindahan yang ada, seperti pakaian hangat/jaket, sarung tangan, syal pelindung leher, celana yang nyaman, kaos kaki dan perlengkapan pendukung lainya. 

Janga sampai kelupaan juga untuk membawa perlengkapan kesehatan atau obat – obatan pribadi, agar kegiatan anda lebih maksimal dan aman. Kedisiplinan anda dalam menyiapkan segaha hal kebutuhan untuk berwisata akan memberi perjalanan wisata yang maksimal, aman dan berkesan.

Penting dan jangan lupa untuk membawa kamera, abadikan moment teridah yang anda dapatkan dengan latar Sunrise Bromo. Hal ini tentu dapat menjadi penanda bahwa anda pernah menginjakkan kaki di Gunung Bromo, sekaligus dapat di gunakan mengisi keindahan galeri di media sosial.

         Itulah info tentang beberapa spot / tempat terbaik dan waktu yang tepat untuk menyaksikan Sunrise Bromo. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Anda terhubung dengan Admin kami
Hallo, selamat datang di Erc Trans,
ada yang bisa kami bantu?

Perhatian :
1. Untuk pemesanan Travel, bisa menghubungi nomor 0813-3654-1286.
2. Untuk pemesanan dan tanya jawab, diutamakan via chat saja,

Terimakasih