Pemandian Air Panas Songgoriti Batu, Info Alamat, HTM & Jam Buka

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Menikmati suasana berendam di air panas alami memang terasa sangat menggairahkan, apalagi saat kamu merasa capek dan jenuh setelah seharian bekerja dan beraktifitas. Dengan berendam di air panas, itu dapat membuat otot menjadi rileks, tubuh terasa lebih segar dan pikiran pun menjadi lebih fresh. Salah satu tempat wisata di batu yang menyediakan sarana untuk kamu bisa berendam air panas ialah di Pemandian Air Panas Songgoriti.

Bagi masyarakat Malang Raya tentu sudah familiar dengan tempat ini, tempat wisata yang juga dikenal sebagai Tirta Nirwana Songgoriti ini dapat menjadi pilihan menarik untuk kamu kunjungi. Tidak hanya sekedar menawarkan kolam air panas saja, melainkan kamu juga bisa menemui beragam spot spot cantik lo… mulai dari taman hijau yang tertata rapi, danau buatan yang bisa kamu susuri menggunakan perahu kayuh, bahkan sebuah candi kuno peninggalan masa kerajaan Medang Kamulan juga bisa kamu singgahi. Sangat lengkap bukan….?

tirta nirwana songgoriti
image by instagram @PemandianAirPanasSonggoriti

Alamat : Jl. Raya Songgoriti, Dusun Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu
Harga Tiket : Rp. 20.000
Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB (Setiap hari)
Peta Lokasi : Klik disini

Seperti yang telah kami singgung diatas, kawasan Pemandian Air Panas Songgoriti ini juga menyuguhkan pemandangan asri berupa taman yang luas dan rindang. Di taman ini, kamu bisa berjalan- jalan menyusuri setiap jengkalnya. Saking luasnya tempat ini bahkan memiliki ground outbound sendiri dan bisa menampung banyak orang. Oleh karena itu, kawasan Songgoriti banyak dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan outbound, karena fasilitasnya memang sangat lengkap.

Ditambah pula dengan adanya danau buatan yang terlihat alami, di danau ini kamu bisa menjajal sepeda air mengitari area danau. Kapasitas dari sepeda air ini bisa menampung 2 orang, kamu bisa mencobanya bersama pasangan dan menikmati suasana romantis sambil mengarungi danau bersama. Di tengah – tengah danau, kamu akan menjumpai patung kura kura raksasa yang terlihat muncul dari dalam air.

Mengulik Sejarah di Masa Lampau

Seakan belum lengkap, masih ada satu lagi area istimewa yang harus kamu datangi saat berkunjung ke pemandian Songgoriti. Tempat istimewa tersebut ialah Candi Songgoriti, candi peninggalan masa kerajaan Medang Kamulan (penerus kerajaan Mataram Kuno) ini dibangun oleh Mpu Supo atas perintah Mpu Sindok, penguasa kerajaan Medang.

Awal mula kisah dibangunnya candi ialah ketika Raja Sindok meminta orang kepercayaannya yaitu Mpu Supo untuk mencari lokasi yang cocok untuk kemudian dibangun sebuah tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan. Lokasinya harus istimewa dan dekat dengan mata air, sesuai petunjuk yang diberikan, Mpu Supo pun lantas mencari daerah mana yang bisa dibangun tempat peristirahatan khusus bagi sang raja.

Candi Songgoriti diperkirakan dibangun pada abad ke 9 hingga abad 10 masehi. Jika dilihat dari ciri dan arsitekturnya, candi ini merupakan candi Hindu beraliran Syiwa. Ukurannya pun relatif lebih kecil dibanding candi candi Jawa Timur seperti Candi Singasari, Candi Jago, ataupun Candi Jawi.

Candi Songgoriti ini diketemukan kembali oleh seorang arkeolog berkebangsaan Belanda, bernama Wouter Hendrik Van Ijsseldijk tahun 1799. Selanjutnya, candi ini direstorasi kembali oleh arkeolog lain yang bernama Jonathan Rigg pada tahun 1849 dan Jan Frederik Gerrit Brumund di tahun 1863. Setelah itu, perbaikan dan perawatan terus dilakukan hingga saat kini.

Fasilitas

Objek wisata Pemandian Air Panas Songgoriti ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik yang bisa kamu gunakan. Mulai dari kolam dan kamar untuk berendam, gazebo untuk bersantai, taman yang luas, candi, danau, sepeda air, ground outbound, waterpark mini, toilet, kamar ganti dan kamar bilas, mushola, kantin, warung makan area parkir dan pasar wisata yang menjual aneka tanaman dan oleh oleh khas Batu. Selain itu, dikawasan sekitar pemandian juga banyak berdiri penginapan mulai dari hotel, villa hingga homestay yang terjangkau.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Untuk mengunjungi objek wisata ini, kamu hanya perlu membayar tiket yang terjangkau. Meski murah, penataan dan perawatan area wisata songgoriti ini tetap tampak memukau dan menarik. Untuk jam operasional, kamu bisa mengunjunginya setiap hari dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Untuk tiket masuk wisata Songgoriti Batu bisa anda lihat pada tabell dibawah ini :

KeteranganHarga
Harga Tiket MasukRp. 20.000,-
Harga Kamar BerendamRp. 30.000,-
Parkir Motor / MobilRp. 3.000 / Rp. 5.000,-

Lokasi & Rute

Berada di Jalan Raya Songgoriti, Dusun Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu. Berjarak kurang lebih 1,5 km dari pusat Kota Batu, aksesnya pun sangat mudah dilalui, karena terletak di jalur utama Batu – Pujon. Bila kamu datang dari arah Alun Alun Batu, pintu masuk Songgoriti berada di sisi kanan, dan akan terlihat jelas gerbang gapura bertuliskan “Pemandian Tirta Nirwana.

Jika kamu mencari angkutan umum menuju Songgoriti, caranya pun sangat mudah. Berhubung angkutan umum / angkot di kota Batu yang unik karena memiliki warna khas sesuai jalur trayek yang ditetapkan. Untuk angkutan umum yang bisa membawamu menuju Songgoriti, kamu tinggal naik angkot berwarna hijau jurusan Batu – Songgoriti jalur BS/A atau jalur BS/B (meski terdapat 2 jalur, namun jalur akhirnya tetap menuju Songgoriti – Terminal Kota Batu). Kemudian turun di Jl. Songgoriti, jarak lokasi sudah tidak jauh, dari sini kamu bisa jalan kaki atau naik ojek.

Tempat Wisata Terdekat Lainnya

Tempat Wisata Songgoriti ini juga dekat dengan beberapa tempat wisata Batu Lainnya. Mulai dari Paralayang Batu, Goa Pinus, Taman Langit, Omah Kayu, Air Terjun Coban Rondo, Cafe Sawah, Flora Wisata San Terra dan masih banyak lainnya. Jika kamu berkesempatan liburan ke Batu Malang, cobalah untuk mampir sejenak di Pemandian Air Panas Songgoriti dan rasakan sensasi Berendam Air Panas yang menyenangkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?