Tempat Wisata Songgoriti Batu Malang & Sekitarnya, HTM 2022

Kota Batu menyajikan banyak sekali pilihan wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata hiburan & wahana permainan, wisata malam, wisata kuliner, wisata oleh oleh dan masih banyak lainnya.

Anda pun tinggal cari referensi tempat wisata yang menarik, dan pilih mana yang ingin dikunjungi. Jika masih bingung, kami akan memberikan rekomendasi Tempat Wisata Songgoriti Malang. Memang apa saja yang menarik di Songgoriti ? Temukan jawabannya dibawah ini !

wisata snggoriti malang

Sebagai salah satu kawasan wisata di Kota Batu yang populer, Songgoriti sangat cocok digunakan sebagai tempat rekreasi dan refreshing. Karena letaknya yang berada di dataran tinggi dan memiliki kontur perbukitan dengan pemandangan indah serta hawa sejuk yang menyegarkan.

Wisata Songgoriti Batu Malang ini sangat cocok dikunjungi bagi anda yang menginginkan suasana baru untuk refreshing dan menyegarkan pikiran. Umumnya bagi wisatawan yang kesehariannya sibuk bekerja atau memiliki aktifitas padat.

Seperti yang kami singgung sebelumnya, bahwa kawasan ini menyuguhkan wisata alam yang asri dan menyegarkan. Namun jangan berpikir kalau tempat ini letaknya terpencil di tengah hutan dan jauh dari keramaian.

Untuk anda ketahui, Songgoriti berada sangat dekat dengan Pusat Kota Batu. Jaraknya tidak sampai 5 menit berkendara dari Kantor Balaikota Batu dan aksesnya sangat mudah dilalui, karena terletak di jalan utama Batu – Pujon.

Nah… berbicara tentang Tempat Wisata Songgoriti, ada beberapa destinasi yang bisa anda kunjungi. Hampir semuanya merupakan wisata bertema alam yang sangat ideal serta masuk dalam kategori Tempat Wisata Keluarga di Malang Batu.

Tirta Nirwana Songgoriti

Tirta Nirwana Songgoriti merupakan pemandian air panas alami yang menjadi salah satu wisata legendaris di Malang. Seperti namanya, tempat ini menyediakan kolam air panas yang airnya bersumber dari pegunungan.

Terdapat juga kolam air dingin untuk dewasa dan kolam khusus untuk anak kecil yang dilengkapi wahana seluncuran. Selain itu, jika anda tidak ingin berendam air panas bersama banyak orang di kolam umum, anda bisa memesan kolam tipe kamar / bathup.

Wisata alam Songgoriti Batu ini juga dilengkapi dengan banyak fasilitas, antara lain tempat beristirahat, bazebo, mushola, tempat makan, area outbound, kamar mandi, kamar bilas dll.

  • Alamat : Jalan Arumdalu No. 1, Songgokerto, Kota Batu
  • Htm : Rp. 15.000 – Weekday, Rp. 19.000 – weekend & hari libur
  • Jam Buka : 07.30 – 17.00 WIB

Candi Supo

Masih berada di kawasan Tirta Nirwana Songgoriti, terdapat sebuah candi peninggalan era kerajaan hindu kuno. Candi Songgoriti namanya, atau kadangkala juga disebut Candi Supo, karena dibangun oleh Mpu Supo atas perintah Raja Medang Kamulan bernama Mpu Sindok.

Candi Songgoriti dibangun sebagai candi petirtaan, yang juga digunakan sebagai tempat liburan bagi anggota keluarga raja saat itu.

Oh ya… sumber air panas yang mengaliri pemandian Songgoriti itu berasal dari bawah candi ini lo… Dibagian dibawah candi terdapat 2 buah sumber mata air, yaitu mata air panas dan mata air dingin. Uniknya, kedua mata air ini tidak bercampur suhunya, padahal jaraknya hanya terpaut beberapa meter saja.

Anda sendiri bisa melihatnya langsung saat berkunjung ke Candi Songgoriti, sekaligus merasakan masing masing mata air tersebut. Untuk tiket masuk wisata Songgoriti ini tidak dipungut biaya, kecuali jika anda ingin berendam air panas.

  • Alamat : Jalan Raya Songgoriti, Songgokerto, Kota Batu
  • Htm : Gratis
  • Jam Buka : 24 jam

The Onsen Hot Spring Resort

The Onsen Hot Spring merupakan wisata Songgoriti terbaru yang bisa anda kunjungi. Tempat ini merupakan sebuah penginapan / hotel yang menawarkan suasana ala jepang. Mulai dari interior kamar, taman, restoran dan tentu saja kolam berendam air panas.

Banyak wisatawan yang menjulukinya sebagai Wisata Malang ala Jepang. Meski dibangun sebagai tempat penginapan di Songgoriti, bagi anda yang hanya ingin datang untuk mengunjungi restoran dan menikmati suasana wisata onsen di Songgoriti Batu, anda tidak harus menginap.

  • Alamat : Jalan Arumdalu No. 98, Songgokerto, Kota Batu
  • Htm : Rp. 50.000 (tanpa menginap, tiket sudah termasuk voucher restoran senilai Rp. 40.000)

Pasar Wisata

Pasar Wisata Songgoriti terletak di pintu masuk menuju pemandian air panas, lokasinya pun tidak jauh dari jalan raya. Seperti pasar pada umumnya, tempat ini juga menjadi sentra jual beli oleh oleh khas Batu. Seperti bunga, buah buahan dan sayuran segar dll.

Paralayang

Kota Batu juga terkenal dengan olah raga Paralayang serta atlet atletnya yang berprestasi. Salah satu tempat untuk mencoba olahraga ini terletak tidak jauh dari kawasan Songgoriti, yaitu di Gunung Banyak.

Jika ingin mencoba sensai terbang di atas langit, anda bisa mencobanya dengan datang ke Puncak Bukit. Jangan takut mencoba, karena anda akan dipandu atau tandem dengan instruktur profesional dan pastinya dilengkapi peralatan keamanan.

  • Alamat : Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kota Batu
  • Htm : Rp. 10.000 (jika ingin mencoba paralayang, bisa memesan paket tandem)
  • Jam Buka : 07.00 – 00.00 WIB

Taman Langit

Taman Langit Gunung Banyak berlokasi tepat dibagian bawah spot Paralayang Batu. Tempat wisata ini ccocok dikunjungi bagi wisatawan yang gemar berfoto. Karena ada banyak sekali spot foto instagenic dan gardu pandang yang menghadap ke lereng gunung dan memperlihatkan Bukit Songgoriti indah Kota Batu Jawa Timur.

  • Alamat : Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kota Batu
  • Htm : Rp. 10.000
  • Jam Buka : 07.00 – 00.00

Omah Kayu

Masih berlokasi di Gunung Banyak, ada satu tempat wisata lagi selain Paralayang dan Taman Langit, yaitu Omah Kayu. Dalam bahasa Indonesia artinya Rumah Kayu.

Penginapan Omah Kayu Malang ini dibangun diatas pohon, anda bisa mencoba menginap disini dan menyaksikan pemandangan landscape Kota Batu yang Indah di malam hari.

  • Alamat : Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kota Batu
  • Htm : Rp. 10.000
  • Jam Buka : 09.00 – 17.00

Coban Rondo

Meski menjadi bagian dari Tempat Wisata Pujon, jika anda ingin berkunjung ke Air Terjun Coban Rondo dari Malang dan Batu, anda akan melewati kawasan Songgoriti terlebih dahulu. Jaraknya pun tidak jauh, hanya 5 menit berkendara.

Air terjun di Malang ini memiliki pemandangan yang sangat indah, airnya dingin dan menyegarkan. Serta aksesnya sangat mudah dilalui oleh semua kalangan, baik anak muda, orang tua bahkan ramah difabel.

  • Alamat : Jalan Coban Rondo, Pandesari, Pujon, Malang
  • Htm : Rp. 40.000 (sudah termasuk tiket masuk Coban Rondo & Taman Labirin)
  • Jam Buka : 07.30 – 17.00

Bagaimana ada banyak sekali pilihan Tempat Wisata di Songgoriti Malang bukan…? Tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan anda ! agar perjalanan berlibur terasa mudah dan praktis, anda bisa menggunakan jasa Sewa Mobil Malang untuk berkeliling mengeksplore setiap tempat yang menarik.

Cara sewanya pun sangat mudah, silahkan menghubungi Erctrans dan sampaikan keinginan anda untuk menyewa mobil. Terdapat 2 layanan yang bisa dipilih, antara lain :

Rekomendasi Penginapan & Hotel di Songgoriti Batu

  • Jambuluwuk Hotel & Convention
  • El Hotel Kartika Wijaya
  • Seulawah Grand View
  • The Onsen Hot Spring Resort
  • Hotel Songgoriti
  • Totie Boutique & Villa
  • Arumdalu Hotel
  • Villa Songgoriti Malang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Anda terhubung dengan Admin kami
Hallo, selamat datang di Erc Trans,
ada yang bisa kami bantu?

Perhatian :
1. Untuk pemesanan Travel, bisa menghubungi nomor 0813-3654-1286.
2. Untuk pemesanan dan tanya jawab, diutamakan via chat saja,

Terimakasih