Beda KLX dan CRF, Dua Motor Offroad Idaman Para Biker

Tren motor trail atau motor dua alam semakin menggeliat di Indonesia. Motor satu ini semakin banyak diminati, lantaran dapat digunakan di dua jalur sekaligus. Entah itu jalur on road atau off road. Sebagai contoh, KLX dan CRF yang menjadi 2 tipe motor trail karena paling diburu para bikers. Walaupun tampak terlihat sama, namun bedanya KLX sama CRF tetaplah ada.

Keduanya sama-sama masuk kedalam kategori motor trail atau dirt bike, namun KLX dan CRF memiliki keunggulan dan karakteristiknya masing-masing. Missal dari segi kapasitas mesin, performa, gaya desain, dan kemampuan laju yang dimiliki oleh masing-masing motor tersebut. Mengingat keduanya merupakan motor produksi 2 pabrikan raksasa yang berbeda.

rpm motorent malang

Walaupun Sekilas Terlihat Sama, Beda KLX dan CRF Tetapkah Ada!

Motor trail merupakan jenis motor yang sering dipakai pada ajang balap motocross atau supercross. Secara kegunaan, motor trail sering dipakai untuk melibas jalur off road atau jalur-jalur yang dikenal jauh dari kata mulus. Misal jalur extreme dengan berbagai rintangan terjal, seperti bebatuan, tanah berlumpur, dan medan licin.

Menanggapi hal tersebut, banyak pabrikan motor ternama yang ikut serta untuk berlomba-lomba mengeluarkan produk terbaiknya. Dan alhasil KLX dan CRF menjadi 2 tipe motor trail yang paling diburu para bikers. Namun apa bedanya KLX sama CRF? yuk pahami lebih detail mengenai kedua tipe motor yang saat ini sedang menjadi primadona bagi para biker trail adventure.

Beda KLX dan CRF Dilihat Dari Kemunculan Perdananya

KLX dan CRF memang tidak dibuat secara bersama-sama. Melainkan dibuat sesuai permintaan dan kebutuhan konsumen di Indonesia. Adapun awal kemunculan atau peluncuran perdana dari kedua tipe motor tersebut dapat anda simak pada informasi berikut ini.

Kawasaki KLX

KLX atau Kawasaki Light Cross merupakan motor pabrikan Kawasaki yang menjadi pelopor motor trail di Indonesia. KLX sendiri telah hadir sejak tahun 2009 melalui debut pertamanya melalui seri KLX 150. Motor garuk tanah satu berkapasitas 150 cc ini sukses menjadi idaman para pecinta trail di tanah air.

Kawasaki mulai mengeluarkan seri terbaru KLX pada tahun 2013 melalui KLX 150L, KLX 150 BF Seris pada tahun 2015, dan ada pula tipe KLX yang berada diatasnya. Dengan tampilan yang gahar, mesin bertenaga, dan suspense tinggi, Kawasaki KLX siap digunakan untuk melibas jalur off road yang terkenal buas.

Honda CRF

CRF atau Competition Race for Stroke merupakan produk andalan Honda, yang dilengkapi dengan desain dan performa mesin on-off road sejati. CRF sendiri pertama kali diluncurkan pada awal November 2017 melalui produk pertamanya, yakni Honda CRF 150L. Bahkan CRF 150L menjadi unit motor terlaris setelah berhasil menjual produk sebanyak 3.869 unit.

CRF memiliki fitur yang mampu menaklukkan tantangan segala medan. Sehingga dapat memberikan kebebasan berkendara untuk menikmati petualangan. Desain on-off yang diusung dapat digunakan berkendara di lintasan jalan raya, atau lintasan extreme seperti medan terjal, tanah berlumpur, atau bebatuan licin sekalipun.

Berdasarkan Spesifikasi

Motor off road sekelas KLX dan CRF memang menjadi motor primadona para biker Indonesia. Kawasaki yang dikenal sebagai pionir motor entry level, berhasil merebut hati masyarakat Indonesia sejak tahun 2009 silam. Sedangkan Honda mulai memiliki banyak peminat setelah debut pertamanya pada tahun 2017 silam.

Sebagai pendatang baru, Honda memiliki pamor yang kuat untuk bisa mengimbangi produk Kawasaki yang telah muncul lebih dulu melalui KLX 150L-nya. Sama halnya dengan KLX, Honda CRF juga dibuat dengan mengadopsi gaya CRG Global, yang sangat kental dengan nuansa motocross secara real.

Lantas apa bedanya KLX sama CRF secara keseluruhan? Berikut detail perbedaan dari dua kendaraan trail andalan Honda dan Kawasaki, melalui produk CRF 150L dan KLX 150.

Perbandingan Mesin

  • Honda CRF 150L sudah menggunakan mesin jenis 4 langkah. Yakni dengan SOHC dan satu silinder yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 12,7 HP pada 8000 Rpm. Dengan torsi sebesar 12,4 Nm pada 6.500 Rpm. Mesin tersebut telah didukung sistem air cooled PGM-FI. Sehingga banyak diklaim sebagai mesin paling bertenaga di kelasnya. Selain dapat dibawa ke beberapa medan jalan, CRF 150L juga irit bahan bakar. Karena bahan bakar yang dikonsumsi tidak lebih dari 39,3 liter km/liter dari uji tes EURO 3.
  • Kawasaki KLX 150 menggunakan mesin jenis Air-cooled, 4 stroke Single, dengan kemampuan mengeluarkan tenaga sebesar 11,8 Hp pada 8.000 Rpm. Dengan torsi maksimal 11,3 Nm pada 6.500 Rpm. Walaupun Kawasaki KLX 150 masih mengandalkan dapur pacu karburator, tetapi motor trail andalan Kawasaki yang satu ini sudah menggunakan mesin yang memenuhi standar Euro 3.

Perbandingan Dimensi

  • Honda CRF 150L memang memiliki ukuran rangka badan yang lebih bongsor jika dibandingkan dengan KLX 150. CRF 150 memiliki panjang sekitar 2.119 mm, dengan lebar 793 mm, dan tinggi 1.153 mm. Belum lagi ukuran ground clearance yang mencapai angka 285 mm. Cukup tinggi untuk ukuran motor trail yang bernuansa adventure bukan.
  • KLX 150 memang memiliki ukuran dimensi yang sedikit lebih kecil dari CRF 150L. Dimana ukuran badan KLX mencapai panjang 2.050 mm, lebar 830 mm, dan tinggi sekitar 1.115 mm. Sedangkan untuk ukuran ground clearance yang dimiliki KLX 150 adalah 225 mm. Di sisi lain, ukuran bobot KLX 150 lebih ringan dibandingkan CRF 150L. dimana KLX 150 memiliki berat sebesar 116 kg. Sedangkan untuk CRF 150L memiliki bobot sekitar 122 kg.

ERC Trans, Jasa Rental KLX dan CRF Untuk Kebutuhan Wisata Adventure

Jika mengulas kembali pembahasan di atas mengenai KLX Kawasaki Light Cross dan CRF Competition Race for Stroke memang menjadi kedua motor tipe trail yang menjadi primadona biker tanah air. Namun anda bisa memanfaatkan kedua jenis motor tersebut untuk touring atau wisata adventure, seperti menjelajah dan melahap jalur extreme di pegunungan Malang.

Kami perusahaan ERC Trans menyediakan unit rental transportasi roda dua bertipe adventure layaknya Kawasaki KLX dan Honda CRF. Kami telah menyediakan unit Trail keluaran terbaru dengan performa dan tenaga nya yang masih prima. Sehingga dapat anda gunakan untuk melibas jalanan yang terkenal buas sekalipun.

Misalkan untuk menyusuri, menerjang, dan mencoba trek-trek terjal, untuk menemukan destinasi wisata menakjubkan. Karena dengan motor Anda bisa mengunjungi spot wisata unik yang mungkin belum banyak dijamah orang. Misal wisata alam di Malang yang menyuguhkan panorama alam indah dan mempesona.

Itulah bedanya KLX sama CRF dari segi ketangguhan mesin, performa, gaya desain, dan kemampuan untuk menjajal trek-trek buas. Bagi anda yang menginginkan sewa motor trail Malang untuk kebutuhan wisata adventure, maka bisa mencarinya di ERC Trans. Selaku perusahaan jasa Sewa Motor Malang untuk semua kebutuhan liburan. Tunggu apa lagi? Segera penuhi kebutuhan kendaraan anda hanya di ERC Trans.

Hubungi kami jika anda membutuhkan :

  • Rental motor murah malang
  • Rental motor terminal Arjosari
  • Penyewaan motor dekat Stasiun Malang
  • Sewa motor di Batu Malang
  • Sewa motor murah Malang kota
  • Sewa motor Landungsari

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Anda terhubung dengan Admin kami
Hallo, selamat datang di Erc Trans,
ada yang bisa kami bantu?

Perhatian :
1. Untuk pemesanan Travel, bisa menghubungi nomor 0813-3654-1286.
2. Untuk pemesanan dan tanya jawab, diutamakan via chat saja,

Terimakasih