Museum Ganesha Malang, Wisata Sejarah Yang Instragramable

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Museum Ganesha adalah salah satu museum terbaru di Kota Malang yang didirikan oleh wisata Hawai Grup. Museum ini dibangun dengan tujuan untuk memperkenalkan budaya nusantara kepada generasi milenial, khusunya budaya malangan. 

Menarinya museum ini di desain dan dokorasi dengan balutan kreasi exsotis modern, sehingga menarik dan bikin para pemburu foto instagramable jatuh cinta untuk mengexsplornya.

Selain itu juga banyak koleksi barang barang antik, mulai dari senjata tajam sampai dengan peralatan rumah tangga antik. Penasaran ? …. berikut beberapa artikel yang kami rangkum tentang museum ganesya hawai malang.

museum ganesha
image by instagram @museumganesyamalang

# Artefak Pusaka & Pataka

Koleksi yang dihadirkan di dalam museum ini adalah berbagai macam bentuk artefak pusaka tradisional dan pataka manifestasi kerajaan nusantara pada masa lampau, yang terdiri dari peninggalan – peninggalan kerjaan berupa legitimasi kerajaan, keris, manik-manik, terakota, arca, prasasti dan juga menghadirkan beragam kebudayaan Indonesia dengan bentuk karakter seperti Topeng, wayang serta Khazanah Panji.

# Properti Presiden Dan Benda - Benda Kesinia Jawa

Di sini juga tedapat properti yang tertata rapi milik Presiden Indonesia, mulai dari Soekarno hingga sampai Presiden aktif saat ini Bapak Joko Widodo. Koleksi lainnya seperti topeng Panji, Majapahit, menak, dan wayang kulit, krucil, klitik, beber, gedog, kesenian reog ponorogo, gamelan, serta wayang golek wali songo, dan wayang potehi Laksamana Cheng Ho.

# Kesenian Topeng dan Perhiasan Emas Pada Jaman Majapahit

Deretan koleksi pada Museum Ganesha ini terbagi menjadi dua tempat. Untuk koleksi pada lantai atas yaitu tepatnya di lantai tiga hawai waterpark, terdapat berbagai koleksi topeng, dan wayang hasil kreasi seniman se-Malang raya dan seluruh penjuru Nusantara. Terdapat kurang lebih 1.000 topeng yang dapat dijadikan spot foto yang aestetik.

Salah satu koleksi yang tak kalah menarik yang belum pernah dilihat dimanapun, yaitu perhiasan emas kerajaan majapahit. Yang aslinya barang barang ini hanya disimpan secara pribadi. Namun, dikenalkan kepada publik agar dapat diketahui oleh generasi kedepannya.

Tujuan Didirikanya

Koleksi barang barang yang ada sekarang mendapatkannya ini tidak semudah apa yang dilihat, dan juga tidak dalam waktu sekejap. Hal itu dikatakan oleh pemilik atau Owner dari Hawai Grup Malang yaitu Bpk. Yogi Kurniawan. Namun karena ada niat yang tinggi untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal nusantara ini maka terwujudlah satu tempat ini. Museum Ganesha diresmikan pada tanggal 12 juli 2019, diresmikan oleh Direktur pelestarian cagar budaya dan permuseuman.

Museum Ganesha sendiri banyak diburu oleh Pelajar pelajar yang ingin mengetahui kebudayaan nusantara yang dikemas dengan diorama yang modern dan tidak meninggalkan ke khasannya. Dengan tujuan awal dari pemilik yaitu meninggalkan jejak warisan budaya yang dapat dikenal oleh generasi generasi muda dan anak anak masa kini.

Museum baru yang satu ini bisa dibilang museum yang akan banyak diminati oleh anak anak remaja dan juga pencari spot foto instagramable karena museum ini memiliki ciri khas yang berbeda dari museum – museum pada umumnya.

Lokasi / Alamat

Untuk akses menuju tempat wisata ini sangatlah mudah, karena letaknya yang berada di dalam perumahan di sebelah jalan raya menuju exit tol singosari, yang letaknya sangat strategis dapat dilalui berbagai jenis kendaraan.

Berada di perumahan Graha Kencana Raya yang tepatnya berada di JL. Balearjosari di sebelah barat simpang Karanglo Malang. Selain kendaraan pribadi kalian juga mudah menaiki transportasi umum, karena akses jalan yang mudah dilewati.

Harga Tiket Masuk Museum Ganesha & Jam Bukanya

Harga tiket masuk Museum Ganesha ini berbeda dengan harga tiket masuk dari Hawai waterpark dan Malang Night Paradise, namun masih satu tempat dengan kedua tempat wisata tersebut. Untuk harga tiket masuk regular Museum Ganesha sendiri yaitu 40 ribu rupiah per orang. Dan untuk jam buka mulai pukul 10.00 sampai 22.00.

     Menarik bukan? Masih belum puas dengan pejelasan diatas? langsung saja kalian datang liburan ke Malang dan berkunjung ke museum ganesha, jangan lupa ajak saudara dan teman teman kalian…

HAVE FUN AND ENJOY STUDY

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?