Candi Sumberawan, Peninggalan Kuno Yang Memiliki Pemandangan Indah

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Candi Sumberawan adalah salah satu candi yang berada di Malang. Candi Suberawan ini aslinya adalah sebuah stupa yang ditemukan pada tahun 1904 yang diperkirakan dibangun pada abad ke 14 dan termasuk candi peninggalan kerajaan singasari. Kawasan disekitar candi juga memiliki pemandangan asri yang sangat indah karena terletak di dekat telaga yang airnya jernih.

image by instagram @rizdhani

Lokasi

Candi ini berlokasi di Desa Toyomarto, kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Tak jauh dari Candi Singasari yang hanya berkisar kurang lebih 6 km saja. Terletak di ketinggian 650 m diatas permukaan laut, dan berada di kaki Gunung Arjuna. Candi yang berbentuk stupa ini memiliki ukuran panjang 6,25 m, lebar 6,25 m, dan tinggi 5,23 m yang terbuat dari batu andesit.

Untuk lokasinya sendiri yang tak begitu jauh dari candi singosari ini dan juga satu jalan membuat para wisatawan tidak perlu khawatir akan akses yang dapat ditempuh untuk pengendara roda empat. Dan juga untuk para pengguna transportasi umum, kalian juga bisa naik transportasi umum dan kemudian turun di depan gapura, untuk menuju ke lokasi kalian bisa menaiki ojek yang sudah ada di depan gapura.

image by instagram @tiikaatikoo

Asal Usul & Fungsi Candi Sumberawan

Candi Sumberawan ini belum ditemukan asal usul dan kegunaannya secara jelas. Namun, oleh masyarakat setempat dan juga peneliti dinas purbakala mengatakan bahwa candi ini hanya digunakan untuk pemujaan saja. Mengapa demikian? Karena candi ini hanya sebuah stupa yang tidak memiliki anak tangga yang dapat digunakan untuk menyimpan benda suci diatasnya, seperti lazimnya candi pada umumnya. Mungkin jaman dahulu dibangun hanya untuk pemujaan saja.

Pada zaman Belanda candi ini diadakan pemugaran dan konstruksi secara darurat pada tahun 1937 yang awalnya candi ini hanya di pugar pada bagian kaki candi. Stupa yang berbentuk bujur sangkar yang tidak memiliki relief ini berselasar pada keempat kaki candi. Dengan membuat bantalan Padma ynag berjumlah delapan bantalan.

Candi Sumberawan ini berlatar belakang kebudayaan dan agama yang bersifat Buddhisme. Para ahli purbakala mengatakan bahwa candi ini dulunya bernama Kasurangganan yang namanya sering dikenal di dalam kitab Negarakartagama. Tempat ini pernah dikunjungi oleh Raja Hayam wuruk pada 1359 masehi, sewaktu melakukan perjalanan keliling.

Candi Sumberawan yang berdiri kokoh di lereng gunung Arjuno , sehingga memiliki atmosfer yang memberikan ketenangan yang cocok untuk meditasi dan juga ketenangan yang datang dari panorama sekitar lokasi yang sangat alami dan memiliki keasrian tersendiri. Salah satunya adalah berasal dari sumber air suci yang muncul di dekat stupa tersebut.

sejarah candi sumberawan
image by instagram @yennyndutz

Menurut pakar ahli yang berada disana, kata atau nama sumberawan sendiri berasal dari tempat berdirinya stupa ini dengan maksud yaitu berasal dari dua kata sumber dan rawan yang kurang lebih memiliki arti sumber yang berasal dari rerawan atau rawa rawa.

Kawasan Sumberawan yang dahulu disebut juga dengan Tanah Bidadari. Karena terdapat sumber yang konon katanya sering di kunjungi oleh para bidadari – bidadari. Dan konon jika kita meminum air sumber dan membasuh muka disana akan terasa awet muda.

Air suci itu bernama Air Suci Tirta Amerta sumber yang mengalirkan air suci ini karena menurut penjaga candi, para pertapa sangat kuat untuk bertahan meditasi di dalam candi ini sehingga candi ini menjadi air Amerta atau air keabadian. Dan juga menurut penelitian laboratorium air sumber ini sangat jernih dan dapat diminun secara langsung.

Sumber ini dipercaya sering di perebutkan oleh para dewa dan raksasa karena dapat menambah kesaktian. Saat ini air sumber ini dipercaya tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk upacara waisak saja. Namun pada saat ini dapat digunakan untuk upacara pembaptisan bagi para penganut agama Kristen protestan.

gambar candi sumberawan
image by instagram @indramon_

Fasilitas & Harga Tiket Masuk Candi Sumberawan

Fasilitas yang tersedia di sana antara lain berbagai spot foto, mulai dari stupa itu sendiri, pohon pinus, dan juga taman dengan spot foto yang kekinian. Dan juga tempat camping yang cocok untuk anda dan keluarga. Untuk masuknya sendiri kalian cukup membayar 10 ribu rupiah saja.

Saat kalian datang kesana jangan lupa juga untuk mampir ke Candi Singasari dan melihat arca dwarapala nya ya gengs… HAPPY HOLIDAY!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top
Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?
Powered by