Rute Malang ke Bromo Naik Motor Lewat Tumpang Tercepat

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Riding ke Bromo saat ini sedang menjadi tren di kalangan wisatawan muda, terutama bagi mereka yang gemar berpetualang menggunakan kendaraan roda 2. Dengan naik motor ke Bromo, anda bisa lebih leluasa menikmati waktu di sepanjang perjalanan dan yang lebih penting biaya liburan ke Malang Bromo lebih murah dibanding membawa mobil (karena bila membawa mbil, anda juga dihruskan menggunakan jasa Sewa Jeep Bromo).

Meski banyak peminatnya, namun nyatanya banyak juga yang masih belum tau mengenai jalur mana yang harus dilewati dan apa saja yang harus dipersiapkan agar perjalanan ke Bromo menggunakan motor bisa berjalan lancar tanpa kendala. Untuk anda ketahui, Bromo bisa ditempuh dari 4 kabupaten berbeda yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Namun bila anda berkunjung ke Bromo menggunakan motor, dari 4 jalur tersebut. jalur manakah yang sebaiknya anda lalui ? Bila mengacu pada jarak terdekat menuju Bromo, maka pilihannya jatuh pada jalur Bromo via Malang. Jika anda ingin tau rute Malang ke Bromo Naik Motor, silahkan simak terus penjelasan dibawah ini dan dapatkan tips berkendara ke Bromo Naik Motor yang aman !

ke bromo naik motor dari malang

Jalur berkendara dari Malang ke Bromo Naik Motor ini sebenarnya merupakan jalur yang sama yang digunakan para pendaki Gunung Semeru. Bila anda menggunakan jalur jalur Bromo lewat Tumpang, mungkin anda akan berpapasan dengan banyak pendaki yang ingin ke Gunung Semeru.

Untuk rute Bromo anda bisa berangkat dari Kota Malang menuju Kecamatan Tumpang lalu terus menuju Gubuklakah. Lanjutkan perjalanan sampai ke Ngadas, medan di Ngadas ini akan terus menanjak dan banyak perkebunan dan hutan Jati di kanan dan kiri, teruskan perjalanan hingga tiba di wilayah Jemplang. Di kawasan Jemplang ini anda akan menemui sebuah persimpangan atau pertigaan.

Di pertigaan tersebut, belok kiri untuk menuju Bromo (jalur ini akan langsung membawa anda tiba di spot Padang Savana Bromo). Bila anda lurus, anda akan sampa di Desa Ranu Pani yang merupakan Pos awal untuk Pendakian Semeru.

Jarak Malang ke Gunung Bromo sekitar 53 kilometer dengan estimasi waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam sampai 2 jam berkendara. Disepanjang jalur ini terdapat banyak hotel di Bromo serta bisa juga anda jadikan panduan untuk rute ke Bromo dengan mobil pribadi.

Lebih Nyaman & Aman Menggunakan Motor Trail

Mengingat Bromo merupakan alam terbuka dengan medan pegunungan yang terjal dan ekstrem dengan banyak jalur menanjak yang curam serta dipenuhi tebing dan jurang disepanjang perjalanan. Maka anda harus menggunakan kendaraan yang prima dan memiliki kemampuan melibas medan tersebut.

Sebenarnya Bromo bisa dilalui oleh beragam jenis motor bahkan untuk Motor Matic sekalipun, ada banyak contoh di internet mengenai pengendara yang menggunakan motor matic dan bisa sampai di Bromo.

Namun untuk pilihan paling aman tentu menggunakan Motor khusus offroad seperti Motor Trail yang memiliki ban khusus untuk dapat melalui jalur tanah berbatu dan lumpur sekalipun. Dengan menggunakan Motor Trail, resiko yang mungkin akan anda alami akan lebih sedikit dan mempermudah perjalanan anda.

Sewa Trail Malang Untuk ke Bromo

Bila anda ingin riding ke Bromo menggunakan Motor Trail namun terkendala oleh jauhnya jarak yang harus dilalui menuju Bromo, tentu akan sangat melelahkan bila anda harus berkendara atau membawa motor anda (terlebih bila anda berasal dari luar Jawa Timur / luar pulau / memulai perjalanan ke Malang naik pesawat).

Jika tu adalah kendala yang anda rasakan, anda tidak perlu khawatir. Karena anda bisa memanfaatkan jasa Sewa Trail Malang ke Bromo melalui Erctrans Malang. Erc Trans menyediakan beragam jenis Trail seperti Honda CRF dan Kawasaki KLX.

Tentu armada Trail yang Erc Trans sediakan dalam kondisi prima dan terawat dengan baik, karena Erctrans selalu melakukan service rutin di bengkel resmi untuk menjaga performa agar bisa denga mudah melibas jalur Bromo.

Bila anda berminat menggunajan jasa Sewa Trail Bromo dari Malang, silahkan hubungi customer service kami di 081233930143 (fast respons). Anda juga bisa bertanya – tanya mengenai segala hal yang berkaitan dengan Bromo atau rute dari Malang to Bromo Naik Motor Trail.

5 Spot di Bromo Yang Harus Anda Explore

Spot Sunrise

Bromo memiliki cukup banyak spot untuk melihat Surise Bromo yaitu Bukit Penanjakan 1 & 2, Bukit Cinta, Bukit Kingkong, Bukit Mentigen, Puncak Seruni dan Puncak B29 Bromo. Satu keuntungan yang bisa anda dapatkan bila naik motor ialah anda akan terbebas dari macet. Bromo pun terkadang terjadi kemacetan khususnya di sepanjang jalur menuju spot sunrise, karena kondisi jalur yang sempit dan banyak dilalui kendaraan / jeep.

Kawah Bromo

Kawah Bromo juga bisa anda lalui dengan mudah bila naik Trail, untuk kendaraan roda 4 / jeep tidak diperbolehkan mendekati kawah dan harus diparkir di area sekitar 2 kilometer dari kawah (ditandai dengan adanya patok – patok yang tidak bisa ditembus kendaraan roda 4, jadi wisatawan harus melanjutkan berjalan kaki).

Pura Bromo

Pura Luhur Poten Bromo juga menjadi destinasi yang menarik banyak minat wisatawan, pura ini terleta di tengah – tengah kaldera menuju Kawah. Kendaraan roda 4 pun juga tidak menjangkau pura karena lokasi pura berada di dalam area yang tidak bisa dilewati mobil. Jika anda membawa motor, anda bisa mendatangi pura ini dengan mudah.

Pasir Berbisik

Pasir Berbisik ini mungkin menjadi spot paling sesuai untuk anda yang membawa trail, karena anda bisa bebas menjajal area berpasir yang sangat luas ini dan menjadikan area ini sebagai trek offroad yang ideal.

Padang Savana

Spot terakhir dalam rangkaian tour Itinerary Gunung Bromo ini sebenarya akan menjadi spot pertama yang akan anda lalui bila anda berangkat dari Malang ke Bromo Naik Motor. Karena spot inilah yang paling dekat dengan kawasan Gubuklakah dan pintu masuk Bromo via Tumpang Malang.

Tips Touring ke Bromo Naik Motor

Pastikan Kendaraan Dalam Kondisi Baik

Hal terpenting yang pertama kali harus anda perhatikan ialah kondisi motor, pastikan tidak ada kerusakan atau kendala yang nantinya akan menghambat perjalanan anda. Bila anda menggunakan jasa Sewa Trail Malang ke Bromo di erctrans, anda tidak perlu khawatir karena semua arada kami dalam kondisi prima dan siap melibas medan di Bromo.

Jika anda membawa kendaraan sendiri, pastikan untuk mengecek rem depan / belakang, lampu, rantai motor hingga kondisi ban. Untuk ban akan lebih baik bila anda menggunakan ban tubeless.

Isi Bahan Bakar Full & Pastikan Cukup Untuk Sampai Bromo

Untuk menuju ke Bromo, anda akan melalui banyak area perkebunan dan hutan. Jadi pastikan untuk mengisi full tangki bahan bakar motor anda, jangan sampai anda kehabisan bensin saat berada di tengah tengah hutan.

Waktu Terbaik Berangkat ke Bromo Sebelum Pukul 12 Siang

Sebenarnya tidak ada batasan waktu ke Bromo, namu waktu terbaik ke Bromo naik motor ialah saat matahari sudah terang sekitar pagi hari hingga sebelum pukul 12 siang adalah waktu terbaik untuk memulai perjalanan. Karena anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah. Namun, bila anda inging melihat sunrise, tentu anda harus berangkat pada dinihari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?