Panduan Jalan Menuju Bromo Lewat Pasuruan Via Wonokitri

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Seperti yang telah diketahui, Bromo bisa ditempuh melalui 4 wilayah atau kabupaten berbeda, yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Anda bebas memilih jalur mana yang akan anda lalui, jika membawa kendaraan pribadi, anda bahkan bisa langsung menuju pintu masuk di 4 wiayah tersebut.

Ke 4 rute tersebut memiliki kelebihannya masing – masing, seperti rute via Malang yang merupakan rute terdekat dan tercepat, lalu rute via Probolinggo yang ideal dan paling sesuai bila menggunakan kendaraan besar seperti Bus Pariwisata, karena jalannya yang landai dan tidak terlalu curam.

Lalu ada rute via Lumajang yang biasa digunakan wisatawan yang datang dari arah timur dan juga rute Bromo via Pasuruan yang umumnya dilalui oleh wisatawan yang datang dari Surabaya.

Kali ini kami akan membahas mengena rute atau jalan Menuju Bromo Lewat Pasuruan. Ada 2 jalur yang bisa anda pilih baik melalui Nongkojajar maupun Pasrepan.

ke bromo lewat pasuruan

Jalan Menuju Bromo Lewat Pasuruan ini sering dilalui oleh wisatawan yang datang dari Surabaya, Pusat Kota Pasuruan maupun Malang. Terdapat 2 jalur yaitu via Purwodadi / Nongkojajar atau via Pasuruan Kota / Pasrepan.

Via Purwodadi / Nongkojajar

Pertama : Purwodadi – Nongkojajar – Tosari – Bromo

Jalur pertama via Nongkojajar ini biasa dilalui wisatawan yang datang dari Malang. kontur jalan yang berundak dan dimanfaatkan menjadi area pertanian dengan berbagai jenis komoditas seperti Apel, Stroberi, Durian, Buah Naga dan aneka jenis sayuran.

Di sepanjang jalan anda akan melihat panorama yang indah berupa perkebunan dan persawahan. Tidak hanya untuk dilihat saja lo… anda juga bisa membeli dan mencicipinya langsung.

Via Pasuruan Kota / Pasrepan

Kedua : Pasuruan Kota – Warungdowo – Ranggeh – Pasrepan – Puspo – Tosari – Bromo.

Untuk jalur kedua, yaitu via Pasrepan sering dilalui oleh wisatawan yang datang dari pusat Kota Pasuruan. Melewati jalur, ini anda akan menyaksikan pemandangan khas pedesaan berupa rumah – rumah penduduk yang memiliki halaman luas.
Memasuki wilayah Pasrepan, anda bisa mampir ke pasar tradisional dan berbelanja aneka buah – buahan dan sayuran segar yang berasal dari wilayah kaki Gunung Bromo.

Satu pemandangan unik yang mungkin bisa anda saksikan bila beruntung yaitu jika anda berpapasan dengan petani sekitar yang pulang dari hutan mengendarai “Gledekan” dengan membawa kayu, rumput / hasil kebun lainnya.

Sekedar info, Gledekan merupakan kendaraan tradisional yang berfungsi sebagai alat untuk mengangkut hasil kebun dari atas gunung menuju perkampungan. Kendaraan ini bisa dibilang ramah lingkungan karena tidak memerlukan bahan bakar. Namun kendaraan ini hanya bisa meluncur dari atas ke bawah menyusuri jalan turunan.

Dari kedua jalur tersebut, anda akan sampai di wilayah Tosari, semakin dekat dengan Gunung Bromo. Kontur jalan akan naik turun melewati hutan dan hawa pegunungan yang sangat terasa dingin.

Rute Bromo Via Pasuruan Dari Malang & Surabaya

Melewati Jalan Menuju Bromo Lewat Pasuruan juga bisa anda lalui dari Malang maupun Surabaya. Seperi yang kita ketahui, Malang dan Surabaya merupakan 2 kota transit menuju Bromo yang memiliki Bandara dan Stasiun Kereta.

Jadi tak heran kenapa banyak wisatawan yang datang liburan ke Bromo bersama keluarga dari 2 kota ini. Bila ingin ke Bromo lewat Pasuruan juga bisa diakses dari masing – masing kota ini.

Rute Dari Malang

Bagi pengunjung yang datang dari Malang, alangkah baiknya menggunakan rute Bromo lewat Nongkojajar. Rute yang bisa anda leati yaitu dari Malang teruskan perjalanan menuju arah Kebun Raya Purwodadi, lalu terus menuju Nongkojajar hingga Tosari, anda akan sampai di Pos masuk Wonokitri Bromo.

Rute Dari Surabaya

Bila anda datang dari Surabaya, anda bisa menuju ke Kota Pasuruan, lalu menuju Warungdowo hingga sampai di wilayah Ranggeh. Teruskan perjalanan menuju Puspo – Tosari hingga tiba di pos masuk Bromo.

Transportasi Menuju Bromo Lewat Pasuruan

Ada banyak pilihan transportasi bia anda melewati Jalan Menuju Bromo Lewat Pasuruan. Antara lain menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum seperti angkot / bus. Bila ingin praktis, anda bisa menggunakan jasa Paket Wisata Bromo yang sudah mencakup transportasi hingga tiket masuk.

Bila naik kendaraan umum, anda bisa berangkat dari Terminal Pasuruan, lalu naik angkutan menuju Tosari. Selanjutnya anda akan diantar menuju Pos Masuk Bromo lalu anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menyewa jeep untuk dapat memasuki Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bila naik kendaraan atau naik Mobil Pribadi ke Bromo Lewat Pasuruan, anda bisa melewati jalur yang kami sebutkan diatas. Ikuti saja rute tersebut dan anda akan sampai di Pos Masuk Bromo. Namun tetap, anda juga harus menyewa jeep Bromo untuk bisa melanjutkan perjalanan.

sewa jeep bromo di pasuruan

Sewa Jeep Bromo di Pasuruan

Mungkin anda kuncul pertanyaan dibenak anda mengenai kenapa wisatawan diharuskan menyewa jeep atau Toyota Hardtop untuk bisa berwisata ke Bromo. Aturan satu ini memang diwajibkan bagi seluruh wisatawan yang ingin berwisata ke Gunung Bromo.

Tujuannya tentu demi keamanan para wisatawan, karena jalur menuju Bromo dipenuhi dengan jalanan curam yang naik turun serta banyak tebing dan jurang di kanan – kiri jalan. Selain itu, dengan menyewa jeep juga akan menumbuhkan perekonmian warga setempat.

Bila anda bingung mencari jasa Sewa Jeep Bromo Dari Pasuruan Wonokitri, anda bisa mempercayakannya melalui Erctrans. Erc Trans menyediakan Paket Sewa Jeeb Bromo Dari Pasuruan dengan harga Murah dan terpercaya. Cukup dengan menghubungi Customer Service kami di 081233930143 dan sampaikan detail rencana kunjungan anda ke Bromo.

Lalu tim kami akan menyiapkan unit Toyota Hardtop lengkap dengan driver profesional dan harga sewa tersebut sudah termasuk bahan bakar.

Kelebihan Sewa Jeep di Erctrans

Kenapa harus menyewa jeep Bromo di Erc Trans ? Karena Erctrans telah berpengalaman ribuan kali dalam melayani jasa sewa jeep ke Bromo. Harga sewa yang kami tawarkan juga sangat terjangkau, sudah termasuk driver berpengalaman yang handal dalam mengendarai jeep menyusuri medan pegunungan.

Pengalaman sewa jeep di Bromo melalui Erctrans, anda juga akan kami pandu mengeksplore aneka spot di Bromo. terdapat 5 spot favorit di Bromo yaitu :

Selesai menikmati 5 spot tersebut, anda juga akan kami antar kembali menuju meeting point (di rest area Wonokitri) atau bila anda menggunakan jasa Paket Tour Bromo di Erctrans, kami siap mengantar ke tempat tujuan anda sesuai dalam pemesanan (baik di Bandara, Stasiun Kereta, Kota Malang maupun Kota Surabaya atau lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?