Apakah ke Bromo Harus Naik Jeep? Mobil Pribadi Tidak Boleh?

Banyak wisatawan yang bertanya – tanya, “Apakah ke Bromo Harus Naik Jeep?” dan “Kenapa Mobil Pribadi Dilarang Masuk Bromo?” pertanyaan ini terkadang membuat bingung para wisatawan yang ingin berlibur.

Nah… kali ini kami akan membahas apakah wisatawan harus menyewa jeep, atau bisa membawa kendaraan pribadi.

ke bromo harus sewa jeep

Sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS), mobil pribadi dilarang memasuki kawasan wisata Gunung Bromo.

Para wisatawan yang berkunjung ke Bromo diharuskan menggunakan jasa sewa jeep yang telah disediakan oleh masyarakat sekitar.

Aturan tersebut bertujuan demi keamanan dan keselamatan para pengunjung. Hal dikarenakan Bromo memiliki medan yang cukup berat dan tidak semua mobil pribadi memiliki spesifikasi untuk melalui jalanan ekstrim.

Itulah jawaban terkait Apakah ke Bromo Harus Naik Mobil. Lalu bagaimana solusi untuk wisatawan yang berasal dari luar kota dan datang dengan membawa mobil sendiri?

Solusinya, anda bisa memakirkan kendaraan di rest area dekat pintu masuk, selanjutnya harus berganti kendaraan menggunakan jeep / hardtop.

Bagaimana Cara Sewa Jeep di Bromo?

Lantas bagaimana cara Sewa Jeep Bromo? Caranya mudah kok! Anda bisa mencari jasa penyewaan jeep di masing – masing pintu masuk sesuai jalur yang anda lalui.

Contohnya jika berangkat via Pasuruan, maka anda harus mencari Sewa Jeep Bromo dari Pasuruan Wonokitri (Wonokitri adalah sebuah Desa yang menjadi pintu masuk Bromo dari Pasuruan). Begitu pula di masing masing pintu masuk lainnya (Malang & Probolinggo).

Cara mencari agen sewa jeep pun sangat mudah, anda bisa menghubungi kami Erc Trans. Kami melayani jasa sewa jeep Bromo murah via Malang, Pasuruan dan Probolinggo.

Destinasi Wisata Yang Dikunjungi

Berikut adalah Destinasi Wisata di Bromo yang akan dikunjungi para wisatawan. Seluruh destinasi ini biasanya sudah termasuk dalam paket perjalanan wisata.

Melihat Sunrise

Melihat Sunrise Bromo secara langsung adalah suatu keharusan, karena pemandangan inilah yang menjadi ikon wisata paling populer. Di kawasan Bromo, ada beberapa bukit yang dijadikan point view untuk melihat sunrise, antara lain :

  • Bukit Penanjakan 1 & 2
  • Bukit Kingkong
  • Bukit Cinta
  • Puncak Seruni Point
  • Bukit Mentigen

Meski ada banyak tempat, namun semuanya menampilkan pemandangan yang sama indahnya. Jadi, anda bebas memilih bukit mana yang ingin dituju untuk bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit.

Oh ya.. agar bisa melihat sunrise, anda harus berangkat sekitar pukul 00.00 / 12 malam (dari kota transit Malang / Surabaya). Dan tiba di pintu masuk pukul 03.00. Perjalanan menuju bukit sekitar pukul 04.00, dan sunrise akan mulai terlihat pukul 04.30 – 05.00.

Kawah

Setelah melihat sunrise, anda akan diajak turun ke kaldera untuk naik ke Kawah Bromo. Perjalanan mendaki Bromo cukup mudah karena medannya landai dan bisa dilalui dengan berjalan kaki santai.

Jarak pendakiannya dimulai dari lokasi parkir jeep, anda harus berjalan kaki menuju kawah sejauh kurang lebih 3 kilometer. Tiba di kaki kawah, anda akan menemui anak tangga yang tinggi menjulang hingga ke puncak.

Tangga tersebutlah yang menjadi akses menuju puncak bibir kawah, jumlahnya kurang lebih 250 anak tangga. Setelah tiba di puncak, anda bisa melihat secara langsung pemandangan di dalam kawah aktif Bromo yang masih mengeluarkan asap dan bau belerang.

Selain berjalan kaki, anda juga bisa menyewa kuda menuju kawah. Harga sewa kuda di Bromo sekitar 150 – 200 ribu PP, dengan harga tersebut anda akan diantar menuju kawah dan kembali lagi ke lokasi parkir jeep.

Pura

Pura Luhur Poten yang berada di tengah Kaldera Bromo juga sangat menarik perhatian untuk disinggahi. Lokasinya berada satu jalur menuju ke kawah, jadi banyak wisatawan yang memutuskan singgah sejenak disini.

Pura ini seringkali dijadikan tempat penyelenggaraan upacara keagamaan dan upacara adat. Seperti upacara Kasada, hari raya Nyepi dll.

Pasir Berbisik

Spot selanjutnya yaitu Pasir Berbisik Bromo atau biasa disebut lautan pasir. Area ini merupakan sebuah kawasan berpasir yang sangat luas, saking luasnya anda hanya akan melihat hamparan pasir.

Kawasan lautan pasir ini juga menjadi spot semi offroad jeep hardtop, karena biasanya pengemudi jeep akan membawa mobilnya meliuk – liuk mengikuti kontur / medan pasir.

Alasan dibalik penamaan “Pasir Berbisik” adalah karena saat diterpa angin, akan muncul suara seperti seseorang sedang berbisik. Saat musim kemarau, sebaikny anda memakai kacamata dan masker untuk melindungi diri dari debu pasir yang bertebangan.

Padang Savana

Padang Savana Bromo atau biasa disebut juga Bukit Teletubbies, spot ini seringkali dijadikan tempat berfoto dan bersantai. Berbeda dengan lautan pasir yang gersang, kawasan ini ditumbuhi oleh rerumputan & ilalang.

Saat musim hujan pemandangannya akan terlihat sangat hijau dan segar, namun saat kemarau akan berubah kekuningan dan kering.

Padang savana juga banyak dipilih sebagai tempat piknik di Bromo, karena pemandangannya yang indah dan tenang. Serta terhindar dari debu pasir yang mengganggu.

Tips ke Bromo Murah

Nah… kali ini kami akan memberikan tips atau cara ke Bromo agar liburan anda lancar dan menyenangkan.

  1. Persiapkan sarana transportasi yang akan digunakan
  2. Pesan sewa jeep sesuai rute yang akan dilalui, usahakan booking jauh hari (terutama saat musim liburan)
  3. Gunakan pakaian tebal dan jaket yang cocok untuk ke Bromo (jaket tebal tahan angin)
  4. Jika ingin menginap di Bromo, pilih lokasi penginapan sesuai jalur yang dilalui (seperti jika melewati rute Bromo dari Probolinggo, maka pilih hotel di Probolinggo dekat Bromo (Lava View, Jiwa Jawa, Bawangan dll).
  5. Bawa obat – obatan pribadi
  6. Jika ingin membawa mobil pribadi usahakan mengisi bahan bakar full, karena semakin dekat ke pintu masuk Bromo, semakin jarang stasiun pengisian bahan bakar.
  7. Jika ikut paket wisata, pastikan memilih agen tour travel Bromo yang terpercaya yang berpengalaman.
    Cara memastikannya sangat mudah, cek legalitas perusahaan tersebut via website yang dimilikinya dan pastikan lokasi kantor benar benar ada. Agar lebih menjamin, anda juga bisa cek ulasan melalui google bisnis.
  8. Pastikan harga yang ditawarkan bersifat final alias tidak ada penambahan biaya lain. Tanyakan juga fasiliats apa saja yang ditawarkan.

Apabila ingin berwisata tapi bingung cara pesan transportasi ke Bromo, kami menyediakan jasa Sewa Mobil Malang ke Bromo dan Sewa Mobil Surabaya Bromo.

Atau jika ingin ikut Paket Tour Bromo agar perjalanan liburan menjadi lebih mudah dan murah. Kami juga menyediakan beragam Paket Wisata Bromo.

Demikianlah penjelasan kami tentang Apakah ke Bromo Harus Naik Jeep lengkap dengan tips wisata, destinasi dan cara pesan jeep. Jika anda tertarik ingin menyewa jeep di Erctrans, dilahkan langsung menghubungi admin kami di 081233930143 atau bisa cek website kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

img-12
Anda terhubung dengan Admin kami