Perlengkapan ke Bromo Yang Penting Untuk Dibawa & Harus Ada!

Perlengkapan ke Bromo | Gunung Bromo, dikenal sebagai salah satu destinasi wisata alam yang populer di Indonesia. Gunung yang menjadi tempat tinggal Suku Tengger ini selalu menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Oh ya, Gunung ini tergolong ramah bagi para wisatawan, siapapun bisa liburan dengan mudah & aman. Karena Bromo tidak seperti gunung – gunung lain yang umumnya memiliki trek sulit & ekstrem serta tidak membutuhkan waktu panjang untuk mengeksplorenya.

Meski begitu, para wisatawan tetap dihimbau untuk mempersiapkan segala kebutuhan atau perlengkapan ke Bromo. Tujuannya tentu saja untuk membuat anda nyaman selama berwisata.

keperluan ke bromo

Meski Bromo bisa dijangkau tanpa harus mendaki seperti gunung-gunung tinggi lainnya, anda tetap harus mempersiapkan diri sebelum mengunjungi Bromo. Udara dingin sudah pasti akan menyambut setiap wisatawan yang datang.

Agar tidak salah kostum atau mengalami hal yang tidak diinginkan, siapkan beberapa perlengkapan ke Bromo berikut!

Pakaian Hangat

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, Bromo akan menyambut anda dengan udaranya yang cukup dingin. Sehingga anda sangat disarankan menggunakan baju dengan bahan yang tebal. Baju yang menutupi seluruh lengan anda tentu saja akan sangat efektif menyeka udara dingin.

Jika anda merasa tidak kuat dengan hawa dingin, bisa menggunakan baju dari bahan flanel. Tujuannya untuk membuat anda tetap hangat dan bisa menikmati keindahan Bromo dengan nyaman serta aman.

Pakai Kaos Kaki & Sarung Tangan

Selain tubuh, telapak tangan dan kaki juga menjadi area yang sangat disarankan untuk ditutupi. Menggunakan kaos kaki & sarung tangan bisa menjadi alternatif menyeka udara dingin yang terasa.

Jika perlu gunakan kaos kaki dengan ukuran yang panjang. Sehingga bisa digunakan dengan tinggi hingga atas mata kaki.

Raincoat Saat Musim Hujan

Perlengkapan ke Bromo selanjutnya yang tidak boleh sampai ketinggalan saat musim penghujan adalah raincoat. Bukan sekedar untuk mengantisipasi hujan, raincoat juga sangat efektif untuk menyeka udara dingin masuk ke dalam tubuh. Anda tentunya bisa memilih raincoat yang modern dengan desain kekinian.

Agar lebih percaya diri dan tidak segan ber-pose di depan kamera saat mengabadikan momen langkah di Gunung Bromo. Jika perlu, Anda juga bisa membawa syal untuk menyeka udara dingin masuk melalui leher.

Jaket

Jaket masuk dalam daftar perlengkapan ke Bromo yang wajib dibawa. Tanpa menggunakan jaket, dapat dipastikan anda akan merasakan betapa dinginnya hawa & udara di Bromo (terutama saat menunggu datangnya sunrise).

Kami sarankan untuk menggunakan jaket atau mantel yang biasa digunakan oleh para pendaki gunung. Jaket tersebut sangatlah efektif menyeka dingin dan pastinya tampak lebih trendy. Anda pun bisa memadukannya dengan topi pembungkus kepala khas para pendaki.

Sepatu / Sandal Gunung

Selain menggunakan pakaian berbahan tebal untuk membuat tubuh tetap hangat, anda juga memerlukan sepatu hiking atau sandal gunung. Fungsinya tentu untuk memudahkan anda dalam menapaki medan di Bromo.

Untuk diketahui, kondisi jalan di Bromo didominasi oleh medan tanah & berpasir, terutama di kawasan kaldera (pasir berbisik, kawah, pura & padang savana). Dengan menggunakan alas kaki yang cocok untuk medan berpasir, maka anda akan dengan mudah mengeksplore setiap spot di Bromo.

Obat Pribadi

Selanjutnya anda juga perlu menyiapkan obat – obatan pribadi, terutama untuk anda yang mengkonsumsi jenis obat tertentu. Karena Bromo adalah sebuah gunung / alam bebas, akan sangat sulit untuk membeli obat yang anda butuhkan.

Kamera / Handphone

Hal paling penting dalam berwisata, yaitu kamera untuk mengabadikan segala momen cantik yang terjadi. Anda tentu tidak ingin kehilangan momen – momen indah saat liburan ke Bromo kan?

Untuk itu, anda bisa membawa kamera digital ataupun kamera handphone yang selalu siap sedia memotret segala aktifitas. Dengan mengabadikannya dalam sebuah foto, anda bisa terus mengenang momen indah dan membagikannya lewat media sosial.

Air Mineral & Snack

Perlengkapan ke Bromo satu ini mungkin bisa anda persiapkan untuk dibawa, yaitu snack & air mineral. Sebetulnya di Bromo sudah ada banyak warung yang menyediakan aneka snack, gorengan dan minuman hangat.

Namun tak ada salahnya jika anda membawa snack & minuman favorit untuk dinikmati sebagai pengganjal lapar. Tapi jangan lupa untuk membuang sampah / bungkus makananmu, jangan sampai mengotori Gunung Bromo yang cantik.

Uang Tunai

Nah, agar kegiatan wisata bisa berjalan dengan lancar dan anda dapat membeli segala kebutuhan saat di Bromo. Maka persiapkan untuk membawa uang tunai secukupnya, fungsinya tentu untuk membeli barang yang mungkin anda butuhkan di Bromo.

Semisal, untuk membeli makanan / minuman, membeli oleh oleh, membayar sewa kuda dll. Karena di Bromo cukup sulit untuk melakukan pembayaran via transfer atau cashless.

Hal Hal Lain Yang Juga Perlu Disiapkan

Selain mempersiapkan perlengkapan ke Bromo untuk pribadi (pakaian & keperluan pribadi), anda juga harus memastikan siapnya akomodasi yang akan digunakan. Memang apa saja keperluan lain yang perlu disiapkan?

1. Sarana Transportasi

Persiapkan sarana transportasi ke Bromo dari tempat anda berasal, jika berasal dari luar kota, tentukan moda transportasi apa yang akan digunakan ke Bromo (pesawat, kereta, mobil).

Jika menggunakan kereta atau pesawat, anda bisa transit di 2 kota dekat Bromo, yaitu Malang & Surabaya. Lalu gunakan layanan Sewa Mobil Surabaya Bromo atau Sewa Mobil Malang Bromo.

2. Pemesanan Tiket Masuk Bromo

Pesan tiket masuk Bromo melalui situs booking online Bromo, anda bisa cek harga yang tertera dan menentukan jadwal keberangkatan.

3. Sewa Jeep Bromo

Selain mempersiapkan transportasi ke Bromo, anda juga diharuskan menggunakan jasa Sewa Jeep Bromo untuk dapat mengeksplore kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Pastikan untuk memilih sewa jeep sesuai lokasi pintu masuk yang dilalui, contohnya lewat Malang, Pasuruan atau Probolinggo.

4. Hotel / Penginapan Jika Liburan Lama

Apabila liburan ke Bromo bersama keluarga dengan waktu yang cukup lama (lebih dari 1 hari). Maka anda perlu memesan hotel dekat Bromo / hotel di Malang / Hotel di Surabaya.

Pilih lokasi hotel sesuai kebutuhan, contohnya jika anda ingin menikmati suasana pegunungan, maka anda bisa menginap di Hotel dekat Bromo. Namun, jika anda ingin liburan di Malang / Surabaya terlebih dahulu, maka anda bisa memilih hotel di Kota Malang / Surabaya.

Nah, setelah mengetahui apa saja perlengkapan ke Bromo diatas, anda jadi lebih mudah mempersiapkan diri sebelum liburan bukan? Anda juga tidak perlu lagi khawatir bila terjadi hal hal diluar perencanaan, karena anda sudah melakukan persiapan yang matang.

Lalu bagaimana jika Anda masih kebingungan dalam perencanaannya?
Jawabannya sangatlah simpel, anda hanya perlu menghubungi Erc Trans.

Kami akan membantu anda untuk merencanakan liburan terbaik dengan fasilitas unggul. Paket Wisata Bromo yang kami sediakan sudah sangat lengkap, sehingga anda bisa langsung memilih jenis paket sesuai kebutuhan.

Tunggu apa lagi, segera hubungi kami dan dapatkan informasi wisata lainnya, termasuk perlengkapan ke Bromo lebih detail!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

img-12
Anda terhubung dengan Admin kami