Pasir Berbisik Bromo Destinasi Wisata Bromo Yang Langka Dan Unik

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Bromo memang menyimpan banyak sekali pesona alam yang menakjubkan, setiap titik di Gunung ini selalu memiliki daya tarik tersendiri. Sebut saja munculnya matahari (Golden sunrise, Padang savana Bromo ( bukit teletubbies Bromo ), Kawah aktif yang dan Pasir Berbisik Bromo ( lautan pasir yang berada di kaldera bromo.

Bagi kamu yang sudah pernah ke Bromo, pasti sudah tak asing lagi dengan spot satu ini, Pasir Berbisik. Destinasi ini merupakan sebuah padang pasir luas atau lautan pasir yang berada kaldera Bromo. 

Karena keunikan dan daya tariknya. pernah juga dijadikan sebagai lokasi syuting Film dan menjadikan film tersebut buming di tahun 2001. Mau tau apa sih sebenarnya yang dimaksud Pasir Berbisik itu ? Silahkan temukan jawabannya dibawah ini !

pasir berbisik bromo

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Destinasi Basir berbisik adalah kawasan / area padang berpasir yang sangat luas, tapi uniknya berada di atas gungung ( kaldera Bromo ). Area ini terbentuk berawal dari adanya letusan dari gunung kuno yang berada kawasan Pegunungan Tengger pada masa 100 tahun yang lalu. Seiring waktu, dampak letusan yang sebagian besar berupa material pasir mulai membentuk dataran yang laus di lembah dan kaldera Bromo di sisi tenggara dari Kawah.

Mengenai asal usul penamaan pasir berbisik itu bukan dari pasirnya yang bisa berbisik, tapi karena adanya hembusan angin yang menerpa area berpasir sehingga terdengar sayup – sayup seperti orang yang sedang berbisik. Fenomena ini pula yang mengilhami terciptanya sebuah dengan mengambil lokasi di area pasir berbisik  dan jadi mobing di tahun 2000an.

Dengan adanya film tersebut juga berdapak baik bagi popularitas Bromo sehingga wisata bromo menjadi lebih dikenal dan populer di seluruh indonesia bahkan lauar negri. Hal ini terbukti dari banyaknya wisatawan yang rela datang jauh jauh dari berbagai penjuru, wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan dan kejaiban pesona alam Bromo.

Keunikan Dan Keindahannya

Pasir Berbisik Bromo adalah sebagian kecil keunikan dari sekian banyak keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Berada di area pegunungan Tengger dengan ketinggian sekitar 2.000 m di atas permukaan laut, membuat hawa dingin cukup terasa saat kita berada di sana. Lautan Pasir Bromo memiliki luas mencapai lebih dari 5,900 hektar (atau sekitar 10 km persegi) membentang dan mengelilingi area Bromo, Gunung Batok, Gunung Widodaren, Gunung Kursi dan Gunung Watangan.

Laykanya sebuah padang pasir, di area ini tidak banyak ditumbuhi vegetasi baik rerumputan atau pohan. Sehingga sejauh mata anda memandang, hanya hamparan pasir yang akan kamu lihat. Memiliki arean yang benar – benar luas, rasanya tak mungkin jika kamu ingin mengeksplorenya tanpa mengunakan armada Jeep atau sepeda motor. Tapi jika anda ingin lebih exsotik dan terkesan bisa untuk sewa kuda di bromo, sehingga kamu bisa lebih leluasa dalam menikmati pesona Pasir Berbisik.

Kecantikan lautan pasir Bromo ini semakin terasa lengkap dengan adanya dinding berupa tebing yang berdiri kokoh melingkari area lautan pasir dengan ketinggian bervariasi antara 200 – 600 meter dan kemiringan 60 – 80 derajat, tebing ini seakan menjadi pelindung dari Pasir Berbisik.

Akses Untuk Menuju Pasir Berbisik

Mengingat lokasi Pasir Berbisik yang berada di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, maka untuk bisa mencapainya kamu bisa dengan mandiri membeli tiket masuknya terlebih dahulu atau jika tidak ingin repot bisa ikut paket wisata bromo

Selain itu, jika anda membawa kendaraan pribadipun juga tidak diperbolehkan memasuki area wisata Bromo, Wajib atau harus sewa jeep Bromo yang telah disediakan oleh masyarakat sekitar.

Akan lebih praktis jika kamu ikut program Paket Wisata Bromo. Karena spot ini termasuk dalam rundown Destinasi yang akan dikunjungi dalam program paket, jadi kamu tidak perlu repot menyewa jeep dan kepeluan lain untuk berwisata, semua sudah disediakan oleh penyedia paket. Keuntungan lain adalah adanya guide yang akan memandumu untuk bisa menikmati semua destinasi Wisata Bromo, termasuk Pasir Berbisik.

Intenerari Mount Bromo Tour dimulai dengan mengunjungi spot Bromo sunrise view point ( matahari terbit ) di puncak Penanjakan 1 / Bukit pananjakan 2 ( Bukit cinta Bromo ) / Bukit kingkong Bromo, kemudian lanjut menuju Kawah Bromo, setelah itu baru tiba di area Lautan Pasir dan dilanjutkan menuju spot Padang Savana / Bukit Teletubbies Bromo.

Fasilitas Umum Yang Tersedia

Di area Pasir Berbisik ini tersedia beberapa fasilitas seperti toilet, penjual makanan dan minuman hangat seperti bakso, cilok, kopi dll, serta ada juga penjual oleh oleh seperti kaos dan cindera mata yang membuka lapaknya dengan menggelar tikar di area tertentu. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung kesini, karena sudah disediakan berbagai fasilitas yang bisa kamu gunakan.

Tempat Wisata DI Sekitar Gunung Bromo

#1 Air terjun Coban Pelangi

#2 Air terjun Mandakaripura

#3 Air terjun Coban Jahe

Tips Berwisata Di Lautan Pasir Bromo

Dengan lokasinya yang berpasir, jika musim kemarau biasanya angin yang berhembus cukuo kencang. Hal ini membuat pasir – pasir halus mulai berterbangan, untuk itu kamu sebaiknya mempersiapkan diri dengan mengenakan masker dan kacamata untuk melindungi dari hempasan pasir. Ataupun jika musim hujan tiba, kamu juga perlu bersiap siap andai hujan tiba tiba tiba turun saat kamu sedang asik berwisata.

Kenakan juga sepatu gunung yang nyaman, berjalan di area yang berpasir tentu akan terasa ringan jika menggunakan alas kaki yang sesuai dengan kondisi medan yang ada. Jangan lupa pakaian hangat seperti jaket, syal, sarung tangan dan kaos kaki. Membawa bekal makanan bisa menjadi solusi jika kamu ingin piknik, ditambah minum air putih yang banyak agar tidak dehidrasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?