Kampung Heritage Kajoetangan, Nostalgia Ala Malang Tempo Doeloe

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Hallo sobat traveler! Ada kampung wisata baru lagi loh di Malang! Jika sebelumnya anda sudah pernah dengar tentang kampung wisata yang ada di kota Malang seperti kampung tridi / kampung warna warni / kampung pelangi, kampung sanan, kampung topeng dll. Ternyata ada satu lagi kampung menarik yang bisa anda kunjungi di Malang. Simak yuk!

Kampung ini terlihat klasik khas Belanda dengan bangunan asli peninggalan jaman Belanda yang belum berubah akan membuat kalian merasakan nuansa seperti berada di masa lalu. Wah,, kelihatannya seru dan menarik ya!  Khususnya kalian para pecinta sejarah, pasti kalian akan suka datang ketempat yang satu ini.

Kampung Heritage Kayutangan ini dulunya merupakan kawasan pusat bisnis pada era kolonial Belanda dan masih bertahan hingga sekarang. Meskipun banyak yang masih mempertahankan bentuk aslinya tetapi tak sedikit yang sudah berubah fungsi maupun arsitekur bangunananya.

kampung heritage malang
image by instagram @julia_puspitasari27

Lokasi & Jam Buka Kampung Kayutangan

Tempat wisata ini terbilang masih baru yang diresmikan pada April 2018. Terletak di Jl. Basuki Rachmat, Kayutangan, Kota Malang. Kalian juga bisa kesini kapanpun, karena buka 24 jam. Letaknya pun juga sangat dekat dengan pusat perbelanjaan Kota Malang dan juga Alun Alun Malang.

Asal Usul Kampung Heritage Kayutangan

Nama Kayutangan diambil dari dua versi, Versi pertama diambil saat sebelum kota Malang menjadi kotapraja, di kawasan tersebut terdapat papan petunjuk arah yang besar berbentuk tangan yang dibuat belanda. Versi dua nya diambil pada saat mulai berkembangnya kawasan di Alun alun Malang dan diujung jalan arah Alun alun terdapat pohon besar yang menyerupai tangan.

Disini masih ada sekitar 60 bangunan Belanda yang terjaga keasliannya mulai dari arsitektur, tembok, plafon dan lantai. Selain bisa berfoto kita juga bisa mencari tahu bagaimana sejarahnya disini, biasanya penduduk asli dari kampung inilah yang akan menjadi guide untuk kalian.

image by instagram @bernardusandre

Jangan khawatir pemilik rumah tersebut sudah terbiasa jika kalian berfoto foto didepan rumah mereka, bahkan sudah di sediakan pula ornament untuk kalian berfoto. Selain didepan rumah pemilik kalian juga bisa masuk kerumah mereka dengan membayar Rp. 10.000, disana juga sudah disiapkan spot foto serta meja, kursi, lukisan, barang antik dan masih banyak lagi yang tentunya masih berbau Belanda.

Rumah disini dibangun sekitar 1870 – 1940 an sebagian ditempati oleh keturunan dari generasi pemilik rumah pertama. Rumah tertua disini disebut rumah jengki yang dibangun 1870 keadaannya masih kokoh dan terjaga. Meski bangunan Belanda, yang kebanyakan di daerah lain dikosongkan dan tidak terawat, jangan khawatir karena disini masih dijaga dengan rapi karena masih ditempati.

image by instagram @halloaltha

Tiket Masuk

Untuk masuknya pertama kali masuk gang kalian dikenai tarif Rp. 5.000 lalu ditukar dengan stiker. Selanjutnya kalian bisa berkeliling kampung sepuasnya karena banyak yang ditawarkan disana seperti makanan dan jajanan tradisional dan juga ada depot es talun yang melegenda, lokasinya tepat disebelah gang masuk kampung heritage kayutangan.

Di kampung ini juga ada taman dolan yang menyediakan permainan – permainan jaman dulu seperti engklek, gobak sodor dan masih banyak lagi.

Tempat Menarik Disekitar Kampung Kayutangan Malang

Dari kampung Heritage ini kita bisa ke Toko Oen yang sudah terkenal dengan khas Belandanya dan menyediakan menu makanan Belanda. ditoko ini juga khas dengan ice cream nya yang terbuat dari kelapa.

toko oen malang
image by instagram @npyuzu

Lalu kita bisa berjalan jalan juga ke pusat perbelanjaan kota Malang yang lokasinya tak jauh dari kampung Heritage. Dipusat perbelanjaan kita bisa menikmati bangunan bangunan peninggalan Belanda yang masih terjaga disana dan masih berfungsi, selain itu kita juga dapat membeli oleh – oleh khas Malang seperti keripik tempe, baju dan masih banyak lagi.

Bergeser sedikit kalian juga bisa mengunjungi wisata pasar bunga dan hewan yaitu Splindid. Disana juga rata rata bangunan nya masih asli era kolonial namun sebagian ada yang kosong dan tidak terawat. Yang sangat dikenal banyak orang salah satunya adalah Wisma Tumapel.

Dulunya tempat ini adalah hotel Splindid dan sekarang terbengkalai dan terkenal angker dikalangan sekitar tempat tersebut. Tetapi tempat ini masih dijaga oleh satpam dan sering dikunjungi wisatawan. Disini juga sering dibuat untuk foto preweding atau paranormal experience.

Nah… gimana tertarik bukan untuk berkunjung ke Kampung Heritage Kayutangan ? ajak teman kalian dan sanak saudara kalian buat ke Malang untuk mengunjungi kampung ini dan tempat tempat wisata Malang terfavorit lainnya.

ENJOY YOUR TRIP,HAVE FUN AND USEFUL!!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top
Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?
Powered by