Kenapa Nih ? Bromo Bebas Kendaraan Bermotor Selama 1 Bulan

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Wisata Bromo bebas kendaraan bermotor selama 1 bulan ? Wah, kira – kira ada apa ya ?…

Beberapa waktu lalu bahkan hingga hari ini Bromo masih menjadi topik hangat dikalangan masyarakat yang hendak pergi berwisata ke gunung bromo, hal ini dikarenakan munculnya berita bahwa kawasan Bromo akan ditutup dari kendaraan bermotor selama 1 bulan… 

Yup, benar sekali… hal itu memang dibenarkan oleh Kepala Balai Besar TNBTS yang secara resmi mengelurkan keputusan bahwa Gunung Bromo bebas dari kendaraan bermotor (seperti motor, mobil, jeep) selama waktu yang telah ditentukan.

gunung bromo

Kawasan Taman Nasional Bromo tengger Semeru (TNBTS) akan memberlakukan penutupan kawasan selama satu bulan penuh terhitung mulai tanggal 23 januari 2020 sampai 25 februari 2020. Kegiatan ini bisa juga disebut dengan car free month dimana selama waktu tersebut kawasan Gunung Bromo bebas kendaraan bermotor terlebih pada area sekitar Bromo seperti Kaldera, Kawah Bromo, Pasir Berbisik, Pura Luhur Poten & Padang Savanna.

Bromo Bebas Kendaraan Bermotor Terkait "Wulan Kepitu" yang Dipercaya Suku Tengger

hal ini dilakukan bukan tanpa sebab, tetapi memang untuk menghargai kepercayaan para sesepuh suku tengger atas “Wulan kepitu” atau bulan ketujuh. Dimana menurut kepercayaan suku tengger, bulan ini adalah bulan suci yang harus dihargai. Kegiatan ini juga dimaksudkan agar kawasan Bromo Tengger Semeru beristirahat sejenak dari hiruk – pikuk kendaraan bermotor yang setiap hari berlalu lalang dikawasan gunung Bromo. Aturan ini berlaku untuk semua jalur pintu masuk baik yang melalui Kabupaten malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang & Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini mulai dirapatkan pada mei 2019 tahun lalu oleh sesepuh suku tengger, dinas terkait, paguyuban jeep dan paguyuban kuda di daerah Bromo.

Meskipun keputusan untuk mengistirahatkan gunung Bromo dari hiruk – pikuk kendaraan bermotor ini akan berakibat pada turunnya jumlah kunjungan wisatawan ke gunung ini, namun bagi anda yang masih ingin berwisata ke gunung Bromo atau sudah terlanjur mengambil libur/cuti yang bertepatan pada tanggal 23 januari sampai 25 februari 2020, anda tidak perlu khawatir, karena anda masih bisa melanjutkan rencana wisata anda ke gunung ini.

Karena, tujuan keputusan tersebut adalah menutup kawasan gunung Bromo / menetapkan bromo bebas kendaraan bermotor (car free month) selama masa “Wulan Kepitu”. Jadi, selama anda tidak mengguakan kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil atau jeep, anda masih diperkenankan memasuki kawasan Gunung bromo.

Alternatif Berwisata Selama Masa Bromo Bebas Kendaraan Bermotor

Tapi bagaimana caranya ke gunung Bromo jika tidak menggunakan kendaraan ?… Yah… caranya tak lain yaitu dengan berjalan kaki, menyewa kuda atau bersepeda dari rest area Bromo / hotel dikawasan sekitar Bromo menuju masing – masing spot seperti kawah dan pasir berbisik. Sekali – kali berwisata sambil olah raga apa salahnya, selain menyehatkan bisa juga untuk mengurangi polusi udara juga kan di daerah Bromo, hitung – hitung sekalian untuk melestarikan alam juga hehehe….

Nah untuk biaya kuda dari hotel Lava View (hotel disekitar gunung Bromo) ke Kawah -+ sekitar 300rb.an untuk satu kuda dan itu sudah PP (perjalanan dari hotel menuju kawah, lalu kembali lagi ke hotel).

Namun jika anda masih kekeuh untuk naik kendaraan ke Bromo, juga masih bisa kok, tetapi hanya sampai rest area dan spot untuk melihat sunrise saja seperti Bukit Seruni, Bukit mentigen, Bukit Penanjakan dan Bukit Kingkong.. INGAT !… hanya sampai batas spot sunrise saja ya, untuk turun menuju spot yang berada di kawasan kaldera bromo seperti Pasir Berbisik, Pura Luhur Poten, Kawah Bromo, Bukit teletubbies atau padang Savana, kendaraan bermotor sudah dilarang memasuki area kaldera.

Untuk biaya naik jeep dari rest area menuju spot sunrise, biaya yang harus anda keluarkan yaitu :

  • Rest area Sukapura – Bukit Seruni dengan harga Rp. 500rb/jeep (Kapasitas maks 6 orang/jeep).
  • Rest area Sukapura – Bukit Mentigen dengan harga Rp. 600rb/jeep (Kapasitas maks 6 orang/jeep).
  • Rest area Wonokitri – Bukit penanjakan / Bukit Kingkong dengan harga Rp. 500rb/jeep (Kapasitas maks 6 orang/jeep).
travel bromo dari malang

Itulah sedikit info terbaru & terupdate mengenai gunung bromo yang bisa kami bagikan kepada anda, mungkin berita mengenai penutupan / penetapan Bromo bebas kendaraan bermotor akan mengejutkan anda, apalagi bagi anda yang telah lama merencanakan liburan atau bahkan telah mengambil cuti libur ditanggal yang betepatan dengan penutupan bromo untuk kendaraan bermotor.

Meskipun keputusan Bromo bebas kendaraan bermotor cukup mengagetkan dan mungkin akan berdampak bagi dunia pariwisata, tetapi kita tetap harus menghormatinya. Karena keputusan yang telah diambil oleh para sesepuh suku tengger dan pihak terkait lainnya pasti telah diambil melalui berbagai pertimbangan, baik pertimbangan adat maupun untuk menjaga kelestarian alam gunung Bromo.

dan bagi kita yang gemar berwisata alam, marilah kita saling mengingatkan dan menjaga kelestarian alam dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan vandalisme / mencoret – coret bangunan / situs di tempat wisata agar tempat tersebut terjaga dengan baik, selalu terlihat rapi, indah dan mengagumkan untuk dapat dikunjungi oleh anak cucu kita nanti.

tour bromo dari malang

Nah… bagi anda yang sedang merencanakan liburan ke gunung Bromo atau tempat wisata lainnya di Jawa Timur dan ingin perjalanan wisata anda berjalan lancar tanpa halangan atau kendala apapun, kami Erctrans fun holiday siap menjadi partner wisata anda. Kami menyediakan paket wisata Bromo, Ijen, Malang & Batu, tentunya dengan berbagai pengalaman kami yang telah melayani ribuan klien untuk berwisata, baik dalam skala keluarga (Family trip) hingga instansi/perusahaan (Corporate trip). Kami siap memberikan rekomendasi wisata terbaik dengan harga hemat dan kami pastikan kami akan memandu anda untuk menikmati beragam wisata populer di Jawa timur.

Sekian yang bisa kami sampaikan, semoga apa yang kami jelaskan diatas mengenai info terupdate Bromo bebas kendaraan bermotor bisa berguna dan bermanfaat serta dapat menjadi referensi anda dalam berwisata. Terimakasih telah menyempatkan membaca artikel kami dan silahkan simak terus blog kami untuk mendapatkan info terkini & terupdate mengenai wisata unik 7 seru di Jawa Timur.

Semoga kelak kita dapat bekerjasama & kami sampaikan terimakasih…

 Sampai jumpa…

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?