Wisata Cangar, Pemandian Air Panas Alami di kaki Gunung Welirang

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Termasuk daerah yang berada di dataran tinggi, Kota Batu dikenal memiliki iklim dingin dengan suhu udara yang sejuk, hal itulah yang menjadi alasan kenapa banyak wisatawan ingin menghabiskan waktu liburannya di Kota Apel ini. Ditambah banyaknya pilihan tempat wisata menarik dan hotel yang menjadi pelengkap sebuah Kota Wisata.

Dengan beragam karakteristik wisatawan, tentu ada banyak cara bagaimana menikmati suasana liburan yang nyaman. Berhubungan kota ini beriklim dingin, maka salah satu wisata yang bisa kamu nikmati untuk bersenang – senang sekaligus rileksasi adalah wisata alam Pemandian Air Panas Cangar. 

Apa sih menariknya tempat wisata ini ? simak info tentang wisata cangat di bawah ini.

mata air cangar
Image by instagram @rerefirmansyah

Alamat : Dusun Tulungrejo, Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
Peta Lokasi : Klik disini

Bagi masyarakat Malang Raya mungkin sudah akrab dengan wisata Air Panas Cangar, karena tempat ini sudah berdiri sangat lama dan termasuk dalam tempat wisata legendaris di Malang. Pemandian Cangar memiliki air panas alami yang bersumber dari Gunung Welirang, airnya yang mengandung belerang dipercaya memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit (terutama untuk kesehatan kulit).

Area Wisata Cangar ini juga merupakan tempat yang bersejarah, karena di jaman perang kemerdekaan, di tempat ini dibangun banyak goa goa perlindungan. Hingga saat ini, kamu pun masih bisa menjumpai goa tersebut yang tersebar di beberapa titik di dalam hutan, yang perlu di ingat jika kamu penasaran dan ingin melihat langsung goa tersebut, kamu tetap harus menjaganya, jangan sampai mencoret coret karena tempat itu termasuk dalam cagar budaya yang harus dilestarikan.

WIsata Cangat Batu Cocok Untuk Rileksasi

Berada di ketinggian 1.000 mdpl, Pemandian Air Panas Cangar menyajikan hawa yang begitu sejuk dan alami, karena objek wisata ini berada di kaki Gunung Welirang. Suasana tampak begitu asri karena di kawasan sekitar objek wisata ini dikelilingi dengan rerimbunan hutan yang hijau. Bahkan, sesekali kamu akan berjumpa dengan hewan penghuni hutan, yaitu para monyet.

Mengingat lokasi pemandian yang berada di lereng gunung dan jauh dari pusat kota, maka kamu bisa lebih merasakan suasana hening dan tenang. Apalagi jika kamu mencoba berendam sambil memandangi area sekitar yang masih rimbun dengan banyak pepohonan. Tidak hanya tubuh yang menjadi fit, pikiran pun bisa kembali fresh.

Nikmati Sajian Kuliner Nikmat

Meski letaknya cukup jauh dari keramaian kota, namun kamu tidak perlu khawatir jika ingin mencari sesuatu untuk dimakan. Karena di sekitar lokasi pemandian terdapat banyak sekali warung – warung dan pedagang kaki lima yang berjejer menawarkan dagangannya. Kamu tinggal pilih mana yang kamu sukai, jangan hiraukan harganya, karena semua kuliner di area Cangar ini terkenal murah meriah.

Salah satu kuliner yang menjadi favorit para wisatawan adalah bakso, makanan yang paling pas dimakan saat panas ini akan mebuatmu merasa lebih hangat meski udara disana cenderung dingin. Ada juga jajanan tradisional Ketan Hitam dan Tetel yang bisa kamu coba saat bersantai di pinggir jalan. Jika tidak memiliki penyakit maag, kamu juga bisa mencoba badhek, yaitu minuman yang terbuat dari air tape ketan hitam.

Fasilitas Yang Tersedia

Objek wisata Air Panas Cangar Batu ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan wisata para pengunjung. Diantaranya toilet, kamar ganti, tempat bilas, mushola, Di sini juga terdapat gazebo untuk berdantai, serta taman bermain untuk anak – anak. Aneka penjaja kuliner dan souvenir oleh – oleh juga turut meramaikan suasana di kawasan wisata.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cangar & Jam Buka

Untuk mengunjungi objek wisata ini, kamu hanya perlu membayar tiket yang sangat murah. Meski murah, wisata ini tetap tampil cantik dan menarik karena telah dikelola dengan sangat baik. Untuk jam buka pemandian air panas Cangar, kamu bisa mengunjunginya setiap hari dari jam 08.00 sampai 14.00 WIB.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 11.500,- / per orang
Parkir MotorRp. 3.000,-
Parkir Mobil Rp. 5.000,-

Note : Harga diatas bisa berubah sewaktu – waktu.

Lokasi & Rute

Dari pusat Kota Batu, wisata cangar kurang lebih berjarak 18 km, berada dalam kawasan Taman Hutan Rakyat atau TAHURA R. Soerjo. Letaknya juga dekat jika diakses dari wilayah Pacet, Mojokerto.

Akses jalan menuju Cangar, hanya bisa dengan kendaraan pribadi atau sejenis sewa mobil malang, karena belum tersedia jalur angkutan umum / land. Diakses dari kota Batu kamu perlu menuju daerah Bumiaji, mengikuti jalur alternatif Batu – Pacet denagn tekstur jalan yang berkelok kelok. Melewati jembatan Cangar hingga menemui gerbang Tahura R. Soerjo. Jika sudah melewati gerbang tersebut, maka tidak perlu menunggu lama kamu akan segera sampai di pintu masuk Wisata Air Panas Cangar.

Itulah info tentang Wisata Cangar, sebuah tempat wisata alam menarik yang layak untuk di kunjungi, di tempat ini kamu bisa mencoba berendam di kolam air panas sambil menikmati pemandangan hijau pepohonan rindang yang memayungi area kolamnya. Tentu suasana ini sangat jarang bisa kamu temui di kota – kota besar yang penuh dengan kesibukan. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?