Catat ! Wisata Bromo Buka Saat Tahun Baru 2022, Inilah Caranya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Gunung Bromo dikenal sebagai salah satu tujuan wisata populer di Jawa Timur. Hampir dipastikan setiap musim liburan, gunung ini akan dipenuhi oleh wisatawan yang ingin berwisata. Tak terkecuali saat libur natal dan tahun baru yang akan tiba sebentar lagi.

Namun, mengingat pandemi masih belum selesai, banyak calon wisatawan yang bingung dan ragu. Apakah Bromo akan ditutup seperti tahun kemarin (terdampak aturan PPKM) atau tetap beroperasi. Ditambah aktifitas Gunung Semeru yang belum lama ini mengalami erupsi, juga menambah kekhawatiran pengujung.

bromo tetap buka saat tahun baru

Berdasarkan peraturan perjalanan saat Natal & Tahun Baru (NATARU), kegiatan wisata Bromo TETAP DIBUKA dan dapat menerima kunjungan wisatawan dengan kuota terbatas.

Kabar bahwa Gunung Bromo buka kembali setelah beberapa kali mengalami penutupan akibat dampak aturan PPKM, tentu akan sangat menggembirakan para wisatawan. Namun, baik wisatawan, pengelola wisata Bromo maupun pelaku usaha juga diwajibkan tetap menerapkan prokes ketat dan menjaga jarak.

Meski telah mendapat kepastian bahwa Bromo sudah buka saat tahun baru, beberapa wisatawan masih ragu dan khawatir terkait peristiwa erupsi Gunung Semeru yang terjadi belum lama ini.

Mengingat Gunung Semeru dan Gunung Bromo berada dalam satu taman nasional (Bromo Tengger Semeru National Park / TNBTS). Sehingga beberapa wisatawan mengkhawatirkan apakah erupsi Semeru juga berdampak pada Gunung Bromo.

Dan sebagai informasi, Gunung Bromo tidak mengalami dampak pasca erupsi Semeru. Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh pengelola Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang mengakatakan kegiatan wisata Bromo tetap dibuka.

Tahun Baruan di Bromo Gak Kalah Seru Kok

Seperti yang telah kami sampaikan diatas, bahwa destinasi wisata Bromo sangat diminati wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan tahun baru. Kegiatan ini tentu akan sangat mengasyikan, anda bisa merasakan suasana baru dalam menantikan detik – detik pergantian tahun di atas gunung.

Jika sebelumnya mungkin anda selalu merayakan liburan tahun baru di tengah hiruk pikuk perkotaan yang dipenuhi gemerlap lampu dan indahnya pertunjukan kembang api. Saat tahun baru di Gunung Bromo, anda akan meraskan hal berbeda, dimana suasana terasa lebih sunyi dan tenang.

Namun jangan berpikir bahwa itu membosankan, karena tepat di tanggal 1 januari pukul 04.00 pagi anda akan melihat moment terbitnya matahari pertama kali di tahun 2022.

Pemandangan sunrise Bromo telah menjadi magnet tersendiri yang selalu mempesona para wisatawan. Apalagi di moment tahun baru, pastinya akan menambah kesan istimewa. Menikmati tahun batu di Bromo, anda bisa mengunjungi beberapa destinasi, antara lain :

Menyaksikan Matahari Terbit Pertama di 2022

Menyaksikan matahari terbit pertama di tahun 2022 akan menjadi moment yang tak terlupakan, apalagi jika melihatnya di Gunung Bromo. Jika selama ini anda melihat keindahan surise Gunung Bromo hanya melalui gambar / foto di media sosial, begitu melihatnya secara langsung dengan mata kepala sendiri, mungkin anda akan menyadari bahwa apa yang anda lihat langsung jauh lebih indah.

Bagaimana tidak, anda akan menyaksikan detik – detik matahari terbit yang berwarna oranye menyala, muncul perlahan dari balik pegunungan dan memancarkan cahaya oranye. Semakin tinggi posisi matahari, sinarnya akan menerangi sekitarnya sehingga akan nampak Kawah Bromo dan Gunung Semeru di belakangnya.

Tidak hanya itu, jika melihat ke bawah, akan terlihat lautan awan yang menyelimuti bagian bawah Gunung Bromo / kaldero Bromo.

Menyusuri Lautan Pasir Yang Sangat Luas

Selesai menikmati sunrise, anda akan berlanjut menuju ke spot Pasir Berbisik Bromo atau sering disebut Lautan Pasir. Kawasan pasir berbisik ini sangatlah luas, sejauh mata memandang hanyalah hamparan pasir yang akan terlihat. Spot satu ini juga sering dijadikan sebagai venue untuk foto prewedding.

Nama Pasir Berbisik ini didapat dari sebuah film yang mengambil latar syuting di kawasan lautan pasir Bromo. Nama film itupun sama, yaitu “Pasir Berbisik” yang tayang di tahun 2000.an dan dibintangi oleh aktris ternama seperti Cristine Hakim & Dian Sastrowardoyo hingga aktor senior Slamet Raharjo.

Bersantai di Padang Savana & Bukit Teletubbies

Trip Bromo berlanjut menuju ke Padang Savana Bromo / Bukit Teletubbies, seperti namanya, kawasan ini merupakan padang rumput dengan perbukitan kecil yang tampak mirip seperti di film Teletubbies.

Saat musim hujan, padang savana ini akan terlihat berwarna sangat hijau dan segar. Namun saat musim kemarau, warnanya akan berubah cokelat kekuningan dan tampak sangat eksotis.

Padang Savana / Bukit Teletubbies ini adalah tempat favorit bagi wisatawan yang ingin mengadakan piknik di atas rerumputan. Jika anda berminat piknik di Bromo namun enggan menyiapkan segala macam peralatannya, silahkan hubungi admin kami dan sampaikan bahwa anda ingin menikmati Paket Bromo Sunrise & Breakfast.

Bingung Bagaimana Cara ke Bromo Saat Tahun Baru ?

Ternyata ada beberapa calon wisatawan yang masih bingung mengenai bagaimana cara rekreasi ke Bromo, khususnya saat tahun baru. Karena ada beberapa kebutuhan yang harus disiapkan untk bisa menuju ke Bromo, antara lain : transportasi, akomodasi (bila berwisata lebih dari 1 hari), jeep Bromo (Toyota Hardtop 4X4), tiket masuk Bromo dll.

Untuk diketahui, Gunung Bromo ini memiliki lokasi yang sangat luas mencakup beberapa daerah yaitu : Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Karena hal tersebut, wisata Bromo ini juga memiliki beberapa pintu masuk. Yang paling banyak digunakan wisatawan yaitu pintu masuk via :

  • Malang (Tumpang / Gubukklakah)
  • Pasuruan (Wonokitri)
  • Probolinggo (Sukapura)

Untuk itu, anda juga harus mencermati akses mana yang akan dilalui (dari 3 pintu masuk diatas). Termasuk jika ingin menyewa jeep dan booking hotel / restoran, pastikan menyewa jeep & menentukan tempat makan / hotel sesuai rute yang akan anda lewati.

Karena banyaknya hal yang harus dipersiapkan secara detail & matang, beberapa wisatawan mungkin akan merasa repot dan malas. Untuk itu, kami menghadirkan layanan Paket Wisata Bromo yang akan mengakomodasi seluruh kebutuhan anda.

Paket Wisata Bromo

Paket Tour Bromo ini bisa menjadi jawaban untuk anda yang ingin praktis dalam berwisata. Tidak perlu mengkhawatirkan bagaimana urusan transportasi dan akses mana yang akan dilalui, karena kamilah yang akan mengaturnya sesuai request anda.

Ada beberapa keuntungan menggunakan layanan Paket Trip Bromo di Erc Trans, antara lain :

Kami melayani penjemputan & pengantaran kembali di Bandara / Stasiun / Hotel / tempat lain di Malang, Surabaya atau kota lain di Jawa Timur.

  • Armada penjemput berupa mobil reguler seperti Avanza, Innova, Hiace, Fortuner, Alphard hingga Bus Pariwisata (armada yang digunakan sesuai request & jumlah penumpang).
  • Sudah termasuk layanan Sewa Jeep Bromo (lengkap dengan driver + BBM) untuk mengeksplore Bromo.
  • Sudah termasuk harga tiket masuk, retribusi & parkir di Bromo
  • Welcome snack & air mineral
  • Fasilitas pengantaran ke 5 destinasi favorit yaitu : Spot Sunrise, Kawah, Pasir Berbisik, Pura Luhur Poten Bromo & Padang Savana
  • Driver handal & berpengalaman serta memiliki wawasan wisata, yang bisa dijadikan sebagai tour guide

Kami juga melayani paket wisata Bromo Mix, antara lain :

  • Paket wisata Bromo Ijen
  • Paket wisata Bromo Malang Batu
  • Paket Wisata Bromo & Air Terjun Madakaripura
  • Paket Wisata Bromo & Air Terjun Coban Pelangi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?