Taman Nasional Baluran, “Little Africa” Yang Ada di Banyuwangi

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Halo Traveler ! Sudahkah anda memiliki tempat wisata impian yang ingin anda kunjungi ? Jika belum, atau bingung memilih tempat mana yang kiranya cocok untuk anda explore, kami siap memberi anda rekomendasi tempat wisata unik & menarik yang bisa anda lihat di daftar artikel wisata kami.

Nah…. Kali ini pun, kami juga memiliki satu lagi tempat wisata menarik di Jawa Timur yang bisa anda coba kunjungi. Tempat wisata kali ini mungkin agak berbeda dengan tempat tempat lain yang telah kami review di daftar artikel kami. Penasaran wisata apa yang akan kami bahas ? Yuk.. Simak terus penjelasan kami berikut ini.

image by instagram @nofia25

Alamat : Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Harga Tiket : Mulai Rp. 15.000,-
Jam Buka : Setiap hari
Peta Lokasi : Klik disini

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran ini berada di Kabupaten yang ada di ujung timur Pulau Jawa, Kabupaten Banyuwangi memang memiliki banyak tempat wisata alam menarik yang bisa anda kunjungi, seperti Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, Pantai Watudodol dll.

Tapi Banyuwangi tak hanya memiliki wisata gunung dan pantai saja lo, sebuah padang rumput luas dengan aneka satwa di dalamnya juga bisa anda temui disini. Jika anda pernah melihat savana di Afrika yang memiliki beberapa spesies hewan seperti yang ada di beberapa film atau di National Geoghaphic, Nah…

Taman Nasional Baluran ini juga memiliki penampakan yang mirip dengan savana di Afrika.
Taman Nasional ini dibentuk sebagai pelindung ekosistem Flora & Fauna yang ada di kawasan Baluran. Memiliki luas kurang lebih mencapai 25.000 hektar, anda bisa puas menyusuri area taman nasional ini dan menikmati keindahan pemandangan serta beragam koleksi hewan yang hidup dalam taman nasional ini.

Di Taman Nasional Baluran ini, anda bisa berkenalan dengan berbagai jenis satwa yang hidup dan bebas berkeliaraan disini, seperti banteng, kerbau, rusa, kera ekor panjang, kijang, ajak, kucing bakau, burung merak, ayam hutam, bangau dan masih banyak hewan lainnya.

Bahkan banyak wisatawan yang telah mengunjungi Taman Nasional Baluran ini, memberikan sebuah julukan yaitu “Little Afrika”. Bagi anda yang penasaran bagaimana sih rasanya berwisata di Padang Savana ? dan apa saja yang akan anda dapat jika berwisata ke Taman Nasional Baluran. Simak terus penjelasan di bawah ini agar anda bisa mendapat jawabannya !

taman nasional baluran
image by instagram @tamannasional_baluran

Hutan Musim

Kenapa disebut hutan musim ? jawabannya adalah hutan ini akan berubah sesuai musimnya, karena di indonesia hanya terdapat dua musim yaitu hujan dan kemarau, hutan ini pun akan beradaptasi sesuai musim yang berlangsung.

Contohnya jika sedang musim hujan, maka kawasan hutan ini akan menjadi hijau dan tampak rimbun. Tapi jika tiba musim kemarau, penampakan hutan ini akan mirip seperti hutan di Afrika yang gersang, berwarna kecoklatan dan banyak daun rontok.

Jika anda bingung memilih musim apa yang pas untuk berkunjung, mungkin anda bisa menyesuaikan dengan musim favorit anda. Tapi yang jelas, kedua musim tersebut sama sama akan membuat kawasan hutan ini menjadi menarik.

Hutan Evergreen

Hutan satu ini akan selalu anda temui dalam keadaan subur, berbeda dengan hutan musim yang kondisinya bergantung pada musim yang tengah berlangsung, hutan evergreen ini akan selalu hijau sepanjang musim.

Hal ini dikarenakan tanahnya yang subur dan terdapat sebuah sungai yang mengalir di kawasan hutan ini. Berada di hutan ini terasa sejuk walaupun panas matahari sangat terik, hutan evergreen ini bisa anda jelajahi sejauh 3 kilo meter hingga menuju lokasi selanjutnya.

savana bekol
image by instagram @muh_taufiq

Savana Bekol

DIsinilah kawasan yang banyak dijuluki sebagai “Little Africa”, savana ini benar benar mirip dengan savana di Afrika. Savana Bekol memiliki luas mencapai 10.000 hektar atau lebih dari sepertiga total luas kawasan Taman Nasional Baluran.

Disini anda akan disuguhi pemandangan padang rumput luas dengan background sebuah Gunung yang semakin melengkapi keindahan pemandangan Taman Nasional ini. Anda bisa melihat sekawanan rusa yang sedang makan rumput, dan banyak hewan yang sedang berkeliaraan.

Dan yang penting untuk anda perhatikan saat berkunjung kesini adalah hati – hati, mengingat kawasan ini adalah alam bebas, tidak menutup kemungkinan anda akan bertemu dengan hewan liar seperti banteng yang datang. Lebih baik anda berhenti sejenak dan biarkan mereka lewat. Dan jika bertemu ular, jangan panik dan bergeraklah perlahan untuk menjauhinya.

pantai bama
image by instagram @inrilm

Pantai Bama

Sampai di kawasan terakhir, anda akan bertemu dengan pantai indah dengan suasana nyaman dan sepi, ini bisa menjadi tempat favorit untuk bersantai setelah menyusuri area Taman Nasional Baluran. Karena tempatnya yang sepi dan tidak banyak dikunjungi wisatawan, anda akan serasa berada di pantai pribadi.

Oh ya… satu lagi yang harus anda perhatikan di kawasan ini, yaitu terdapatnya kera ekor panjang yang gemar mengambil makanan para wisatawan, jadi disarankan untuk tidak memancing perhatian mereka dengan makanan yang anda bawa. Dan juga harap menjaga barang barang anda agar tidak diambil oleh sekawanan kera tersebut.

Untuk pantai ini sendiri sangatlah indah, dengan pasir putih bersih dengan banyak pohon, anda bisa bersantai dan mencoba ayunan yang terdapat pada pohon di kawasan pantai ini. Ombaknya juga tidak begitu kencang, anda bisa bermain air atau hanya sekedar berjalan jalan menyusuri bibir pantai sambil merasakan lembutnya ombak pantai yang menerpa kaki anda.

Meskipun suasana pantai ini sangat indah, mungkin tidak banyak waktu yang bisa anda habiskan di pantai ini. Karena sebelum jam 3 sore, anda diharuskan segera keluar kawasan pantai, mengingat letaknya yang cukup jauh dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam dari pintu masuk Taman Nasional Baluran. Dikhawatirkan jika terlalu sore anda berada di pantai, maka anda akan kemalaman saat berjalan kembali ke pintu masuk, terlebih karena kawasan ini merupakan kawasan alam, sehingga tidak terdapatnya fasilitas penerangan di area ini.

taman nasional baluran
image by instagram @levinafaby

Lokasi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran ini terletak di Desa Sumberwaru, Kecamatan banyuputih, Kabupaten SItubondo dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Taman Nasional ini memang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi & Situbondo.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Taman Nasional Baluran ini terbagi dalam beberapa kategori dan waktu kunjungan, untuk harga tiket masuknya seperti berikut :

KeteranganWaktuHarga
DomestikWeekdayRp. 15.000,-
WeekendRp. 17.500,-
MancanegaraWeekdayRp. 150.000,-
WeekendRp. 225.000,
ParkirRoda 2Rp. 7.500,-
Roda 4Rp. 15.000,-
Roda 6Rp. 75.000,-

Note : Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu.

image by instagram @dk__indra

Rute

Untuk menuju kesini cukup mudah, anda bisa mengikuti jalur Banyuwangi – Situbondo, karena Taman Nasional Baluran ini terletak disepanjang jalan, atau anda juga bisa naik bus yang berangkat dari terminal Banyuwangi tujuan Situbondo dan turun di depan Pintu masuk Taman Nasional Baluran.

Itulah info yang bisa kami berikan mengenai tempat wisata Taman Nasional Baluran yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur. Semoga bisa memberi gambaran pada anda tentang bagaimana dan apa saja yang dapat anda temui saat berwisata ke tempat ini.

Jika kesini jangan lupa juga untuk mampir mengunjungi beragam tempat wisata menarik lainnya di Jawa Timur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?