10 Panduan Berwisata ke Bromo Yang Harus Anda Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Berwisata ke alam Pegunungan memanglah sangat menyenangkan, tentunya bagi traveler yang menyukai tantangan. Lebih lagi jika mendaki gunung dan berhasil menaklukkannya. Namun berbeda dengan gunung bromo, wisata gunung yang bisa dikunjungi oleh segala umur, karena memiliki akses yang mudah dan tidak begitu terjal. Dari hal itulah wisata di Bromo sangat diminati oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Meskipun memiliki akses dan mudah untuk menujunya, anda tetap harus memperhatikan panduan dan aturan yang berlaku untuk berwisata di kawasan Bromo.

Berikut Panduan Berwisata Ke Bromo Yang Wajib Untuk Di Pedomani

tips ke bromo
Image by Dokumentasi Erctrans

1. Rute & Akses Jalan Menuju Bromo

Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan terletak di empat wilayah di Jawa Timur. Yaitu Kabupaten malang (Tumpang), Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan (Tosari/Wonokitri) dan kabupaten Probolinggo ( Cemoro lawang ). Jalur yang populer dan rame di gunakan adalah adalah jalur dari Malang, Pasuruan dan juga Probolinggo.

Berikut adalah rute / jalurn menuju Bromo yang bisa anda tempuh dengan start Kota Malang / Surabaya :

  1. Surabaya > Tongas Probolinggo > Sukapura > Cemoro Lawang > Bromo.
  2. Surabaya > Pasuruan > Tosari > Wonokitri > Bromo.
  3. Malang > Nongko jajar > Tosari > Wonokitri > Bromo
  4. Malang > Tumpang > Gubugklakah > Ngadas > Jemplang > Bromo.

2. Momen Terbaik Ketika Awal Musim Kemarau

Berkunjung ke Bromo memang susah susah gampang, ketika musim kemarau cuacanya akan lebih panas ketika siang hari dan kemungkinan bisa terjadi kebakaran hutan karena gersangnya pepohonan. Sebaliknya jika berkunjung di musim hujan, akses yang dilalui akan menjadi cukup sulit, karena tanah yang bercampur dengan air dan juga hujan akan turun sewaktu – waktu. Idelanya waktu yang tepat ke Bromo adalah di Bulan Juli / Agustus, karena di waktu itu momen terindah untuk menyaksikan sunrise Bromo.

3. Liburan Ke Bromo Saat Weekday

Sejak bromo dibuka selalu ramai dikunjungi wisatawan, terlebih ketika weekend dan musim liburan tiba. Jika anda tidak ingin suasana ramai ketika berlibur, Anda bisa berkunjung ketika weekday. Berikut keuntungan lainya yang bisa anda dapatkan jika berkunjung saat weekday :

  1. Mudah Mendapatkan sewa jeep dan relatif harag lebih murah ( Bisa di tawar ).
  2. Tidak berdesak desaan saat menyaksikan moment sunrise.
  3. Suasana lebih tenang, nyaman dan lebih rileks.
  4. Lebih leluasa untuk explore semua spot terbaik di Bromo.

4. Berkunjung Midnight Atau Bermalam

Salah satu hal yang banyak dicari di Bromo adalah moment Sunrise. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung beberapa kali ke bromo karena ingin mendapatkan moment terindah Sunrise dengan lanskap gunung Bathok, kawah bromo, gunung Semeru dan kumpulan awan putih yang menyelimutinya.

Waktu yang tepat untuk mendapatkan sunrise adalah pukul 04.00 pagi. Baiknya ada bisa ikut dalam program paket bromo Midnight, karena pukul 03.00 anda sudah akan di jemput jeep untuk menuju view point panajakan. Pelihan kedua, bisa juga bermalam di kotel sekitar bromo.

5. Bawa Bekal & Minum Secukupnya

Meskipun disini sudah tersedia warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman, namun kami sarankan untuk anda membawa perbekalan yang cukup untuk lebih menghemat waktu dan biaya. Anda bisa membawa snack ringan dan juga air mineral. Namun, jika anda merasa repot membawa bekal, anda bisa membeli di warung yang ada di area Bromo.

6. Gunakan Pakaian Hangat Namun Yang Mudah Menyerap Keringat

Berada di ketinggian 2.329 mdpl membuat lokasi wisata ini memiliki suhu yang cukup dingin, Sekitar 7 – 20°C dan jika musim dingin bisa mencapai 0 °C. Dari itulah kami sarankan untuk anda menggunakan pakaian hangat jika ingin ke bromo, tapi di usahakan tetap bisa menyerap keringat dengan baik. Seperti jaket gunung atau kaos tebal yang berbahan dasar katun, serta jangan lupa untuk menggunakan juga sarung tangan, syal, penutup kepala dan masker.

7. Gunakan Sepatu atau Sandal Gunung & Kaos Kaki

Meskipun akses untuk mendakinya tidak sesulit gunung lainnya, namun tetap saja anda wajib untuk menggunakan sepatu kets ataupun sandal gunung. Agar tetap hangat dan kaki anda terlindung dari bebatuan kecil ketika mendaki ke kawah. Hal tersebut akan membuat anda merasa lebih nyaman ketika berkunjung ke wisata alam.

8. Hindari Menggunakan Celana Jeans

Celana jeans memang terlihat lebih santai dan casual, namun sangat tidak disarankan untuk digunakan ketika berkunjung ke Bromo. Cuaca yang cukup dingin akan semakin terasa jika anda menggunakan jeans, sebab kain jeans memiliki prori pori yang lebar dan tidak dapat menghalangi hawa dingin. Selain itu jeans juga kurang nyaman digunakan untuk bergerak ketika mendaki dan tidak bisa dengan baik menyerap keringat.

9. Pesan Atau Booking Bromo Tiket Melalui Online Website Resmi

Untuk berwisata ke Bromo saat ini pembelian tiket hanya bisa dilakukan dengan boking online di website resmi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tentunya lebih mempermudah anda untuk melakukan transaksi pembelian tiket masuk, bisa kapanpun dan dimanapun tanpa terbatas waktu. Sistem pembelian onlain ini di tetapkan oleh pengelola yang bertujuan untuk mempermudah pengumpulan data kunjungan dan pengejekan pengecekkan berkala oleh pemerintah.

10. Pakailah Jasa Agen Wisata Resmi Untuk Menyewa Jeep dan Paket Wisata Bromo

Bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ke Bromo dan tidak mau ribet mengurus berbagai keperluan seperti Sewa Jeep Bromo, beli teket, makan, uang parkir dan lainya. Baiknya Anda bisa menggunakan jasa Agen perjalanan wisata yang menjual Paket tour Bromo, sehingga perjalanan wisata anda akan terasa lebih praktis dan menyenangkan. Berikut tips mendapatkan agen tour bromo yang tepat dan profesional :

  1. Pilihlah yang memiliki review banyak dan terpercaya.
  2. Memiliki website resmi.
  3. Harga yang ditawarkan jelas beserta keterangannya.
  4. Memiliki sosial media yang aktif

Nah itu tadi adalah beberapa panduan, info dan tips ke Bromo untuk anda yang ingin berkunjung. Harapan kami untuk anda agar selalu menjaga keasrian alam sekitar di mana anda berwisata. Patuhi peraturan yang ada dan jaga tutur kata serta sopan santun, karena Bromo merupakan gunung yang disucikan oleh warga sekitar ” Suku Tengger Bromo “.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?