6 Makanan Khas Malang Yang Enak & Melegenda

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Malang adalah salah satu daerah yang memiliki keunggulan di bidang wisatanya. Bahkan, popularitas wisata di Malang sudah terkenal di seluruh Indonesia, hingga dunia. Di Malang sendiri, Anda akan menemukan berbagai macam bentuk wisata yang bisa Anda nikmati bersama teman, pasangan, atau bahkan keluarga besar Anda ramai-ramai.

Selain wisata alam dan wisata urban yang terkenal, makanan khas Malang adalah salah satu destinasi wajib yang harus Anda datangi dan cicipi. Dengan kondisinya yang unik, Malang memiliki berbagai macam variasi makanan khas yang unik, enak, dan tidak akan bisa Anda dapatkan di tempat lain.

Malang memiliki kondisi daerah yang cenderung berbukit dan berada di kaki gunung Arjuno-Welirang. Hal ini pada akhirnya juga memberikan pengaruh besar terhadap makanan khas yang disajikan oleh orang Malang sendiri. Banyak beragam variasi makanan khas yang baru dan menarik untuk dicicipi.

Bakso

Bakso malang adalah salah satu makanan yang tergolong “wajib” Anda coba apabila berkunjung di Malang. Dengan popularitasnya yang melegenda, tidak ada orang di Indonesia sendiri yang tidak mengenal cita rasa dan kualitas bakso malang apabila dibandingkan dengan versi bakso lain di beberapa daerah.

Apa yang membedakan bakso malang dengan variasi bakso lain? Salah satu kunci makanan asal Malang satu ini adalah kekuatan cita rasa kuah kaldunya yang terjamin. Apabila Anda berwisata kuliner di depot bakso asli Malang, maka Anda akan melihat proses langsung beberapa karyawan yang merebus bagian-bagian sapi dengan rempah-rempah khas. Hal ini yang membuat kuah kaldu bakso malang seakan terasa lebih “nendang” dan orisinil.

Selain itu, salah satu ciri utama bakso malang bila dibandingkan dengan bakso lainnya adalah jumlah isiannya yang sangat variatif. Dalam satu mangkuk bakso, anda tidak hanya menghadapi bakso dan mie saja, tapi juga variasi pangsit, gorengan, dan masih banyak lagi. Hal tersebut akan sulit Anda dapatkan apabila tidak berada di depot bakso malang yang asli.

Strudel

Strudel adalah salah satu varian jajan Malang yang berbentuk seperti kue kering yang memiliki rasa manis yang pas. Strudel malang dibuat dengan proses pastry yang membuat adonan kue bisa berlapis-lapis. Lantas, kue tersebut diberikan topping tertentu sesuai dengan yang dibutuhkan. Strudel malang adalah salah satu varian strudel yang wajib Anda coba apabila mengunjungi Malang.

Walaupun digolongkan sebagai jajanan, kami memasukkan strudel malang sebagai salah satu varian kuliner khas Malang buat oleh oleh, karena seperti semboyannya “Belum ke Malang Kalau Belum Makan Malang Strudel”. Anda akan mendapatkan sensasi crunchy dan crispy dari kue berlapis-lapis tersebut. Selain itu, harga strudel malang juga terkenal sangat terjangkau bila dibandingkan dengan tempat lainnya.

Ronde Titoni

Ronde titoni adalah solusi terbaik bagi anda yang ingin sajian hangat di malam hari. Ronde titoni memiliki bahan dasar jahe yang digunakan untuk kuahnya. Selain itu, ronde ini dilengkapi dengan bola-bola yang terbuat dari tepung beras dengan rasa manis yang pas. Oleh sebab itu, makanan khas ini sering disejajarkan dengan sekoteng.

Ronde titoni adakah minuman khas Malang yang wajib Anda coba apabila ingin mengeksplorasi Malang saat malam hari. Dengan sensasi hangat dari jahe, ronde titoni siap memberikan Anda pengalaman terbaik untuk menikmati cuaca dingin dan damainya daerah Malang saat malam hari.

Orem Orem

Setelah puas menikmati malam yang indah di Malang, maka Anda bisa mengeksplorasi Malang saat keesokan paginya untuk memburu varian sarapan yang khas, enak, dan mengenyangkan bagi Anda dalam memulai aktivitas kembali. Orem-orem adalah pilihan terbaik yang harus Anda coba.

Orem-orem adalah salah satu kuliner asli Malang tempo dulu yang merupakan perpaduan dari tempe teriris kecil-kecil dan ayam suwir yang disiram kuah kental yang memiliki cita rasa seperti kuah kari. Lebih enak lagi apabila Anda memasukkan potongan lontong atau ketupat sebagai karbohidrat. Orem-orem adalah makanan terbaik untuk disantap saat pagi.

Pecel

Sebagai salah satu makanan tradisional Suku Jawa, pecel juga sangat populer di Malang sebagai varian makanan khas yang wajib Anda coba apabila sedang berada di Malang. Pecel malang adalah salah satu hidangan semivegeterian yang sangat cocok Anda konsumsi karena kandungan sayurnya yang sangat melimpah.

Berbeda dengan variasi pecel dari daerah lain, pecel malang sangat terkenal dengan bumbu kacangnya yang lebih kental dan memiliki sensasi pedas yang lebih terasa. Sebagai referensi menu sarapan jika berkunjung ke malang, Anda bisa menemukan pecel di tempat manapun di Malang. Selain itu, harga makanan ini juga tergolong sangat murah dan ramah bagi dompet.

Tempe Mendoan

Tempe mendoan adalah salah satu jajanan kuliner Malang Batu yang wajib Anda coba. Tempe mendoan terbuat dari bahan yang sama dalam pembuatan tempe pada umumnya. Bedanya, tempe ini disajikan dalam bentuk blok (mendol) sehingga memiliki tekstur yang lebih padat dan lebih terasa cita rasanya.

Demikian beberapa makanan khas Malang yang wajib Anda coba apabila kebetulan sedang berkunjung di Malang. Selain daftar di atas, masih banyak makanan khas di Malang lainya yang bisa anda cicipi, seperti sate kelinci, rawon, ketan, dan banyak lagi. Tak pelak, Malang juga dikenal dengan destinasi kuliner terbaik di Jawa Timur yang tidak boleh dilewatkan oleh para pemburu kuliner dari seluruh daerah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?