Desa Wisata Pujon Kidul Malang | Cafe Sawah & Bukit Nirwana 2022

Pujon merupakan salah satu wilayah di Malang yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, daerah yang berada di dataran tinggi Malang ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan menawan.

Dari sekian banyak tempat wisata di Pujon, ada satu tempat yang harus anda kunjungi, yakni Desa Wisata Pujon Kidul. Memangnya ada apa di desa tersebut dan apa menariknya berkunjung ke sebuah desa ? Simak jawabannya berikut ini !

desa pujon kidul malang

Malang akhir akhir ini banyak sekali mendorong lahirnya desa desa wisata Malang, hal ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya dan kearifan lokal serta menumbuhkan perekonomian masyarakat desa dan memajukan kehidupan desa yang sering dipandang sangat sederhana.

Hadirnya desa wisata bisa menjadi alternatif tempat rekreasi keluarga di Malang Raya, yang umumnya didominasi oleh wisata buatan nan modern.

Salah satu yang paling terkenal yaitu Desa Wisata Pujon Kidul Malang, Jawa Timur. Sebuah desa yang menawarkan pemandangan alam pegunungan, tempat makan dan bersantai di tengah sawah, spot spot instagramable untuk berfoto ria dan keramah tamahan penduduknya.

Jangan takut bosan saat berkunjung ke sini, karena ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan, antara lain :

Destinasi Yang Bisa Dikunjungi

Bukit Nirwana

Pertama yaitu Bukit Nirwana Pujon Kidul, seperti namanya tempat ini merupakan sebuah bukit dengan pemandangan indah menghadap ke lembah dan beberapa gunung. Namun tidak hanya menawarkan pemandangan indah saja, melainkan juga terdapat tempat makan dan bersantai yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat.

Selain itu, tidak lengkap rasanya jika tidak ada spot foto. Oleh karena itu, di kawasan Bukit Nirwana juga menyediakan aneka tempat tempat yang cantik dan menarik untuk diabadikan dalam foto.

  • Lokasi : Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kab. Malang
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000
  • Jam Buka : 08.00 – 19.00
  • Fasilitas : Tempat Makan, mushola, spot foto, toilet, area parkir

Cafe Sawah

Nah… Cafe Sawah Pujon Kidul merupakan tempat paling terkenal dan menjadi tujuan wisata utama bagi para wisatawan. Seperti namanya, tempat makan berkonsep kafe terbuka yang berada di tengah sawah ini menyuguhkan suasana asyik yang nyaman sambil menyantap makanan.

Berikut ini adalah kegiatan menyenangkan yang bisa anda lakukan

Makan di Tengah Sawah

Adanya gazebo atau saung yang tersebar di tengah – tengah sawah bisa menjadi pilihan menarik untuk dijadikan tempat makan dan beristirahat. Untuk bisa mencapai gazebo tersebut, anda akan menyusuri ruas jalan setapak cantik penuh tanaman yang membelah area persawahan.

Menu makanannya pun beragam, mulai dari hidangan tradisional hingga jajanan kekinian. Untuk harganya, jangan khawatir menguras dompet. Karena makanan di Café Sawah ini tergolong sangat terjangkau, pastinya dengan rasa yang nikmat.

Sambil menikmati hidangan yang disajikan, anda bisa memuaskan rasa lapar di perut dan puas menyaksikan pemandangan sawah dengan background Gunung Dorowati.

Berjalan Jalan Sambil Menikmati Taman Bunga & Kolam Ikan

Karena suasana dan pemandangannya yang memukau, anda bisa mencoba berkeliling area Café Sawah. Berjalan jalan menyusuri setiap ruas jalan yang ada dan melihat cantiknya petak sawah sambil merasakan udara dingin di pegunungan.

Oh ya… selain indahnya persawahan, anda juga bisa menikmati area kebun bunga yang cantik dan penuh warna. Ada berbagai macam tanaman bunga yang melengkapi keindahan kebun. Jika tertarik dengan bunga tersebut, anda bisa membeli di pejual bunga yang juga berada di kawasan Café Sawah.

Karena area Café Sawah ini sangat luas dan berada di alam terbuka, anda dan keluarga pasti bisa nyaman berkeliling. Terdapat juga playround yang bisa digunakan pengunjung yang membawa anak kecil.

Berfoto ria di Spot Yang Instagenic

Seperti di tempat wisata pada umumnya, spot foto merupakan salah satu fasilitas unggulan yang banyak diburu wisatawan. Termasuk juga di Desa Wisata Pujon Kidul, yang menawarkan aneka spot foto yang instagramable.

Anda bisa mengabadikan foto di banyak tempat yang telah ditata sedemikian cantik. Karena lokasinya yang berada di luar ruangan, pastinya muat jika ingin berfoto dengan banyak orang atau rombongan.

The Roudh 78

Tidak kalah dengan Café Sawah yang menyuguhkan tempat makan bernuansa alam yang manis dan cantik, anda juga bisa mampir ke The Roudh 78. Sebuah tempat makan / café yang memiliki konsep lebih maskulin dengan nuansa ala texas.

Meski sama sama menyuguhkan konsep tempat makan di alam terbuka, The Roudh 78 ini rasanya lebih menonjolkan wisata outdoor. Karena ada banyak fasilitas permainan outdoor yang bisa anda temui. Antara lain :

  • Offroad ATV
  • Offroad Jeep
  • Menunggang Kuda

Lokasi : Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kab. Malang
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000 (Café Sawah Desa Pujon Kidul sudah termasuk voucher makanan sebesar Rp. 5.000)
Cafe Sawah Pujon Kidul buka jam: 08.00 – 18.00
Fasilitas : Tempat Makan, mushola, spot foto, toilet, area parkir

Lokasi & Rute ke Pujon Kidul

Desa Pujon Kidul di Malang, tepatnya berlokasi di Kecamatan Pujon. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Malang dan 12 kilometer dari Kota Batu. Jika berangkat dari Kota Malang, anda akan melewati Kota Batu terlebih dahulu sebelum sampai di Daerah Pujon.

Dari Kota Malang silahkan menuju ke Kota Batu, teruskan perjalanan ke arah Payung – Pujon. Sama seperti jalan menuju ke flora wisata san terra. Anda bisa melewati balaikota Batu Among Tani di jalan Panglima Sudirman terus menuju ke jalan Trunojoyo.

Terus ikuti jalan tersebut hingga sampai di batas gapura selamat tinggal Kota Batu. Anda akan sampai di kawasan wisata Payung, tetap ikuti jalan tersebut hingga menemui pertigaan patung sapi.

Dari pertigaan patung sapi tersebut, silahkan teruskan perjalanan sedikit hingga menemui gang kecil dengan nama Jalan Beringin di sebelah kiri. Posisi gang tersebut agak kecil dan menurun.

Silahkan masuk ke gang tersebut dan terus sejauh kurang lebih 4 kilometer, disepanjang jalan akan terdapat papan petunjuk arah menuju ke bebrapa tempat wisata di Pujon Kidul, antara lain ke Café Sawah dan Bukit Nirwana.

Rekomendasi Wisata Pujon & Wisata Batu Malang Lainnya

  • Flora Wisata San Terra Pujon / Flora Wisata Pujon Malang
  • Coban Rondo & Taman Labirin
  • Coban Tengah
  • Coban Manten
  • Coban Sumber Pitu
  • Taman Kelinci & Rumah Hobbit

Bagaimana ?.. tertarik berkunjung ke Desa Wisata Pujon Kidul ? anda juga bisa mampir ke tempat wisata Malang terdekat lainnya. Jangan khawatir masalah transportasi, karena ada banyak akses transport yang bisa anda gunakan.

Termasuk jasa Sewa Mobil Malang, yang sangat cocok digunakan untuk liburan bersama keluarga atau teman. Ada banyak armada yang bisa digunakan, mulai dari city car (Honda Jazz, Honda Mobilio), mobil keluarga (Toyota Avanza, Toyota Innova, Xpander), mobil besar (Toyota Hiace, Isuzu Elf) ataupun Bus Pariwisata.

Jika ingin berkendara sendiri, anda juga bisa memilih layanan Sewa Mobil Lepas Kunci Malang atau Sewa Mobil di Batu Tanpa Sopir. Namun jika ingin menggunakan fasilitas driver, silahkan pilih sewa mobil wisata Malang dengan driver.

Driver yang kami sediakan sangatlah profesional dan memiliki wawasan wisata, sehingga bisa dijadikan tour guide dalam memandu perjalanan liburan anda di Malang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Anda terhubung dengan Admin kami
Hallo, selamat datang di Erc Trans,
ada yang bisa kami bantu?

Perhatian :
1. Untuk pemesanan Travel, bisa menghubungi nomor 0813-3654-1286.
2. Untuk pemesanan dan tanya jawab, diutamakan via chat saja,

Terimakasih