Air Terjun Madakaripura, Serpihan Kecil Surga Yang Nyata

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Jawa Timur dikenal memiliki banyak wisata air terjun yang menakjubkan, bahkan tak sedikit dari para wisatawan yang datang jauh – jauh ke sini hanya untuk menikmati keindahan pemandangan yang ada di air terjun.

Salah satu air terjun yang populer dan banyak dikunjungi di Jawa Timur ialah Air Terjun Madakaripura, air terjun ini tampil memukau karena memiliki karakteristik yang berbeda dari kebanyakan air terjun lainnya.

air terjun madakaripura
image by @doningluyur

Alamat : Dusun Branggah, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur
Harga Tiket : Rp. 11.000
Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB (Setiap hari)
Tinggi Air Terjun : 200 Meter
Peta Lokasi : Klik Disini

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun ini pun dibutuhkan effort ekstra, karena aksesnya yang sedikit jauh dan kodisi medan ekstra yang harus anda hadapi. Tetapi semua kerja keras anda akan terbayar lunas jika anda berhasil sampai di lokasi air terjun ini.

Air Terjun Madakaripura memiliki pesona magis yang sangat kuat, yang membuatnya menjadi buruan para wisatawan yang penasaran dengan keeksotisan tempat ini. Nah.. bagi anda yang belum tau wisata air terjun ini, silahkan anda simak pembahasan di bawah ini.

Sejarah & Legenda Yang Menyertainya

Air Terjun Madakaripura tak lepas dari mitos atau cerita legenda yang ternyata berkaitan dengan seorang tokoh yang sangat penting di masa lalu. Bagi masyarakat asli Jawa Timur, mungkin tidak akan asing lagi dengan nama Madakaripura, dan saat mendengar namanya pasti akan langsung tertuju pada tokoh masa lampau dari kerajaan terbesar dalam sejarah Indonesia yang berlokasi di Jawa Timur.

Mahapatih Gajah Mada, seorang patih luar biasa dari kerajaan Majapahit ini dipercaya menghabiskan masa – masa terakhirnya untuk bersemedi di kawasan Air Terjun Madakaripura.

Mitos yang dipercaya masyarakat dan sudah diceritakan turun temurun ini mengisahkan bahwa setelah Patih Gajah Mada Mundur dari posisi Mahapatih kerajaan, sang patih memilih untuk keluar dari istana dan bertapa di sebuah Goa yang ada di Air Terjun utama Madakaripura untuk merenungkan apa yang telah dilakukannya terkait peristiwa Bubat yang sangat menggemparkan dan membuat hubungan antara Patih Gajah Mada dan Raja Hayam Wuruk menjadi renggang.

Di Kawasan Air Terjun Madakaripura ini, anda juga akan melihat patung dari Patih Gajah Mada, dengan adanya patung ini mungkin akan memberi anda gambaran visual tentang seperti apa sih penampakan dari Sang Mahapatih. Patung ini berada di dekat area parkir menuju air terjun.

image by @sholehzalle

Daya Tarik Air Terjun Yang Mempesona

Air Terjun Madakaripura ini berada di ketinggian 1.000 mpdl, sehingga membuat hawa di sekitarnya terasa cukup dingin, terlebih kawasan di sekitar air terjun yang masih sangat asri dengan ditumbuhi banyak pohon rindang.

Air Terjun Madakaripura memiliki karakteristik yang berbeda dari kebanyakan air terjun pada umumnya, jika umumnya air terjun memiliki dari 1 titik aliran yang langsung turun ke bawah, air terjun ini memiliki pola aliran radial SENTRIFUGAL. Artinya, dari satu titik aliran tersebut akan menyebar. Jadi, apabila anda lihat lebih dalam lagi, aliran air terjun ini akan menyebar seperti air hujan. Apalagi anda akan melihatnya dari bawah, sehingga anda akan merasakan hembusan dari air yang turun.

Pemandangan di sekitar air terjun juga sangat mengesankan, mungkin anda tidak akan bisa banyak berkata – kata saat melihat penampakan asli dari air terjun ini. Mulai dari memasuki area menuju lokasi air terjun utama, anda akan terlebih dulu disuguhi 4 air terjun di bagian depan yang seakan menyambut kedatangan anda.

Berjalan semakin ke dalam melewati celah tebing, anda akan mulai mendengan suara gemericik dari air terjun dan merasakan hempasan air yang terbang terbawa oleh angin, rasanya sangat menyegarkan saat menerpa kulit anda. Jika anda tidak ingin basah kuyub, anda bisa membawa jas hujan untuk melindungi tubuh dan barang bawaan anda dari air yang terbawa angin.

image by @holifatunn_

Di sisi tebing juga ditumbuhi oleh tanaman dan lumut hijau yang semakin menambah kental nuansa alam, apalagi saat tanaman & lumut ini basah akibat hempasan air dari air terjun dan meneteskan kembali airnya ke bawah. Dijamin anda akan kagum dengan pemandangan indah itu.

Tiba di area air terjun utama, anda akan semakin terpana oleh keindahan alam air terjun, pemandangan yang mungkin tidak akan anda jumpai di tempat lain. Air terjun berbentuk melingkar dan jatuh dari atas tebing yang ditumbuhi oleh rerumputan dan lumut hijau ini sangat indah untuk dipandang.

Oh ya Air Terjun Madakaripura ini memiliki ketinggian 200 meter, yag menjadikannya sebagai air terjun tertingggi di pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Saking tingginya, saat anda mendongak ke atas, anda akan melihat sedikit cahaya matahari yang mencoba masuk ke dalam dan menyinari bagian dalam air terjun.

Semua pemandangan tersebut seakan menegaskan jika air terjun yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini benar – benar mencerminkan keindahan alam yang sempurna. Bagi semua yang pernah datang dan menyaksikan sendiri keajaiban alam ini mungkin sudah tergambar jelas di ingatan anda, betapa indahnya mahakarya alam ciptaan tuhan.

Dari semua daya tarik yang seakan tidak nyata tersebut, yang hanya bisa anda temui di Air Terjun Madakaripura. Meskipun butuh kerja keras dan usaha lebih untuk bisa sampai di lokasi air terjun, semua rasa lelah, beban dan penat akan hilang seketika dan hanya menyisakan memori indah tentang Air Terjun Madakaripura.

air terjun madakaripura
image by @airterjunmadakaripura

Alamat & Rute

Air Terjun Madakaripura terletak di Dusun Branggah, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Jika anda berasal dari luar Jawa Timur, akan jauh lebih cepat menuju wisata Madakaripura via Malang / Surabaya. Anda bisa menggunakan transportasi kereta atau pesawat dan turun di 2 kota ini, tapi jika anda menggunakan transportasi umum, anda bisa mulai dari terminal Probolinggo, naik angkutan umum menuju Desa Lumbung, kemudian berpindah angkutan dari Lumbung menuju Bromo dan turun di depan pintu masuk Air terjun Madakaripura.

Namun jika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan rute Probolinggo – Bromo via Tongas. Dari rute itu anda akan menemui pertigaan Sukapura, lalu belok kanan menuju pasar Lumbung dan ikuti papan petunjuk menuju Air Terjun.

Namun, jika anda datang dari luar kota menggunakan pesawat atau kereta dan turun di kota Malang, akan jauh lebih mudah jika anda menggunakan jasa sewa mobil malang. Jadi, anda tidak perlu repot masalah transportas,i apalagi jika anda tidak paham rute menuju air terjun ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura

Harga tiket masuknya yang sangat murah, anda bisa menikmati pemandangan indah yang ditawarkan oleh air terjun ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura
Tiket masukRp. 11.000,-
Parkir motorRp. 3.000,-
Parkir MobilRp. 5.000,-
air terjun madakaripura
image by @andcuriouser

Jam Buka

Untuk jam buka wisata Air Terjun Madakaripura ini buka setiap hari dan tidak terikat jam operasional, jadi anda bisa berkunjung kapanpun. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini ialah dari pagi hingga siang hari saat cuaca cerah.

Jika cuaca mendung atau musim hujan, biasanya wisata ini ditutup, karena debit air akan naik dan sering terjadi banjir.

Itulah sedikit ulasan kami tentang Air Terjun Madakaripura, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang wisata wisata alam yang menarik di Indonesia. Jika anda tertarik dan penasaran dengan air terjun ini, langsung saja rencanakan liburan anda untuk mengunjungi Air Terjun Madakaripura dan wisata wisata menarik lainnya di Jawa Timur.

Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top
Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?
Powered by