Air Terjun Kabut Pelangi, Surga Indah Yang Tersembunyi

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Air Terjun Kabut Pelangi menjadi salah satu air terjun dengan pemandangan terbaik yang bisa anda kunjungi di Jawa Timur. Air terjun yang berada di Lumajang ini memiliki pemandangan yang sangat menawan, karena alam sekitarnya yang masih sangat asri dan rimbun dengan banyak pepohonan.

Lumajang memang memiliki beragam wisata air terjun yang menarik untuk dikunjungi, seperti Air Terjun Goa TetesAir Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Air Terjun Kapas Biru Lumajang dll. Semua wisata alam tersebut telah tuhan anugerahkan untuk kita nikmati pemandangannya, jadi jangan sia – sia kan ya !

kabut pelangi
image by instagram @suanggaradana

Alamat : Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Harga Tiket :  Rp. 5.000,-
Jam Buka : Setiap hari
Peta Lokasi : Klik Disini

Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang

Air Terjun Kabut Pelangi di Pronojiwo ini bisa diibaratkan sebuah harta karun rahasia yang menyimpan keindahan alam luar biasa. Hal ini bukan sebuah istilah mutiara saja, karena memang letak air terjun ini yang berada jauh dari keramaian dan untuk mencapainya anda harus menembus hutan dan perkebunan serta menaklukkan medan yang cukup menguras tenaga.

Namun, jika anda berhasil melahap segala tantangan maupun rintangannya, semua rasa lelah dan jenuh dipikiran anda akan hilang seketika saat melihat betapa menakjubkannya pemandangan air terjun di Lumajang ini.

air terjun kabut pelangi
image Yang Menakjubkan by instagram @pekpekdung

Kenapa dinamakan Air Terjun Kabut Pelangi ? Penamaan Pelangi di air terjun ini bukan semata mata untuk menarik perhatian saja, tapi ada cerita yang melatarbelakangi penamaan tersebut. Nama pelangi sendiri disematkan karena seringnya terlihat pelangi yang muncul di dekatnya.

Hal ini bisa terjadi akibat dari pembiasan cahaya matahari yang menerpa aliran air terjun. Waktu terbaik agar anda bisa melihat pelangi disini yaitu pagi hari pukul 07.00 sampai pukul 09.00 atau di sore hari antara pukul 14.00 sampai pukul 16.00 WIB, di waktu tersebut sering kali terlihat kemunculan pelangi.

Salah Satu Tertinggi di Pulau Jawa

Ada hal nemarik dari air terjun ini, yaitu ketinggiannya yang mencapai sekitar 100 meter. Bisa kebayang gak betapa kecilnya anda saat berdiri berdampingan dengan air terjun ini ?

Karena ketinggannya tesebut, debit air yang mengalir terjun juga sangat deras. Bahkan dalam radius puluhan meter dari kolam di bawah air terjun, anda sudah bisa merasakan cipratan air yang terhempas terbawa angin.

Selain tingginya yang benar benar tinggi, letak air terjun ini juga termasuk dalam kategori tinggi juga. Hal ini karena lokasi air terjun yang berada ketinggisn 1.229 mpdl tepatnya di kaki gunung semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa.

air terjun kabut pelangi
image by instagram @ferdyfan

Butuh Usaha Ekstra untuk Dapat Melihat keindahannya

Seperti yang telah kami singgung diatas, letak air terjun ini benar benar tersembunyi, berada di kaki Gunung Semeru dan tersembunyi di balik hijaunya hutan Pronojiwo. Anda akan membutuhkan sedikit usaha ekstra untuk menaklukkan jalurnya.

Maklum karena wisata alam ini benar benar tersembunyi, bahkan dari area parkir, setidaknya anda membutuhkan waktu 30 – 40 menit untuk menuju air terjunnya, tapi pertama – tama anda harus melalui jalur khas pegunungan dan akrab dengan tanjakan maupun turunan, melewati aliran sungai kecil, menapaki jalan tanah dan berbatu, barulah anda bisa mencapai lokasinya.

Namun setelah anda melihat dengan mata kepala anda sendiri, semua rasa lelah dan pegal dalam pikiran dan badan anda akan hilang semua dan tergantikan dengan rasa takjub luar bisa memandang keindahan Air Terjun Kabut Pelangi.

Dan jika anda datang di waktu yang tepat, anda bisa melihat pantulan cahaya pelangi bersanding dengan indahnya Air Terjun Kabut pelangi.

Alam Yang Masih Terjaga & Asri

Satu hal yang patut disyukuri dari Air Terjun Kapas Biru ini ialah alamnya yang masih sangat asri dan terjaga, hal ini bisa terlihat dari banyaknya pepohonan hijau yang menyelimuti area sekitar air terjun.

Ditambah dengan airnya yang terasa dingin dan segar, jika anda membasuh wajah dengan air yang mengalir ini, pasti akan sangat menyegarkan. Pemandangan sekitarnya juga menambah kesan alam yang enak dipandang.

Serta karena letaknya yang berada di kaki gunung, udara dan hawanya terasa sangat sejuk. Jika anda membutuhkan tempat untuk refreshing, maka tempat ini sangat kami rekomendasikan untuk anda kunjungi.

wisata lumajang
image by instagram @suanggaradana

Lokasi

Lokasi Air Terjun Kabut Pelangi ini berada di Kabupaten Lunajang, tepatnya di Mulyorejo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Rute

Untuk menuju ke air terjun ini, dapat ditempuh melalui 2 daerah yaitu dari Lumajang dan dari Malang. Anda bisa menggunakan rute yang menurut anda paling cepat.

Dari Lumajang

Untuk rute melalui Lumajang, anda bisa mulai dari pusat kota, mengikuti jalur jalan nasional Lumajang – Malang. Anda akan melewati daerah Sumbersuko – Tempeh – Pasisiran – Candipuro dan sampai di Polsek Pronojiwo, lalu anda akan melihat papan petunjuk menuju air terjun Kabut Pelangi, anda tinggal mengikuti instruksi dari papan petunjuk tersebut.

Dari Malang

Jika melalui Malang, anda bisa mengambil jalur menuju Kepanjen dan terus saja menuju Gondanglegi – Turen – Dampit Tirtoyudho – Ampelgading dan tiba di Polsek Pronojiwo. Setelah itu tinggal ikuti arah papan petunjuk menuju lokasi air terjun.

Jam Buka

Untuk jam buka wisata ini, buka 24 jam setiap hari, tetapi karena ini merupakan wisata alam dan letaknya agak jauh dari keramaian, maka saat malam hari, tempat ini masih belum tersedia penerangan. Jadi waktu terbaik untuk bersenang – senang disini adalah saat pagi hari sampai sore hari.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk air terjun Kabut Pelangi ini sangatlah murah dan terjangkau, tapi pemandangannya sangat jauh lebih indah meskipun harga tiketnya murah.

KeteranganHarga
Harga TiketRp. 5.000,-
Parkir MotorRp. 5.000,-

Note : Harga diatas bisa berubah sewaktu – waktu

air terjun kabut pelangi
image Yang Tersembunyi by instagram @drerf_

Tips Jika Ingin Berwisata Ke Air terjun Kabut Pelangi

Berikut kami berikan tips dan saran untuk anda yang ingin berwisata menuju Air Terjun Kabut Pelangi, sebaiknya anda menyiapkan segala sesuatu sesuai tips yang kami berikan ini sebelum berangkat, karena tips ini akan sangat berguna saat anda memulai perjalanan menuju lokasi.

Siapkan Stamina Anda

Seperti yang kami jelaskan di atas, lokasi air terjun ini benar benar tersembunyi dibalik hutan dengan akses jalan yang naik turun dan penuh tantangan. Jadi, sebelum kesini sebaiknya anda perlu berlatih meningkatkan stamina agar tidak cepat lelah.

Gunakan Alas Kaki Yang Nyaman

Berikutnya adalah gunakan alas kaki yang nyaman untuk perjalanan menembus medan menuju air terjun. Akan sangat baik jika anda menggunakan sepatu trekking atau sepatu hiking dan pastikan yang memiliki bahan cepat kering, karena anda juga akan menyusuri sungi kecil.

Bawa Bekal Sendiri

Ini cukup penting untuk anda perhatikan jika tidak ingin kelaparan atau kehausan di tengah perjalanan, mengingat warung makan disini hanya ada di sekitar area parkir, dan dari area parkir menuju lokasi air terjun cukup jauh. Jadi, akan nyaman jika anda membawa makanan ringan dan minuman botol sendiri.

Tapi INGAT ! Jika anda membawa bekal sendiri, pastikan untuk tidak meninggalkan sedikitpun sampah di area ini. Karena alamnya yang masih sangat terjaga, tentu jika terdapat sampah berserakan, akan membuat buruk dan merusak ekosistem alam disini.

Bawa Pakaian Ganti

Jiak anda ingin bermain basah basahan di air terjun, anda tidak perlu khawatir jika anda membawa pakaian ganti.

Pastikan Baterai Handphone / Kamera Anda Full

Poin ini mungkin menjadi yang paling penting bagi kaum milenial atau bagi mereka yang gemar mengoleksi foto, tentu akan sangat menjengkelkan jika sudah menempuh jarak jauh, melewati medan yang penuh tantangan, menyusuri sungai, naik turun lembah, namun saat sampai di lokasi Air Terjun Kabut Pelangi dan ingin mengabadikan foto, baterai anda ternyata habis dan perlu di isi daya.

Mengingat lokasinya yang berada di area hutan, tentu tidak akan anda temui charge station. Jadi solusi terbaiknya adalah pastikan semua perlatan elektronik anda dalam kondisi full charge, atau bawa baterai cadangan untuk kamera anda.

Inilah info, tips dan saran tentang Air Terjun Kabut pelangi yang bisa kami bagikan kepada anda, semoga bermanfaat dan dapat menjadi panduan jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Saat kesini, pastikan anda tidak meninggalkan sampah sedikitpun, cukup tinggalkan jejak saja yang akan menjadi pengingat bahwa anda pernah melihat keindahan alam air terjun yang ada di Jawa Timur ini.

Have a Good day !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top