Pantai Bajul Mati, Pantai Indah Mempesona di Selatan Malang

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Pantai Bajul Mati merupakan salah satu pantai indah yang banyak dikunjungi di Malang. Terletak di pesisir selatan Malang, pantai ini juga termasuk dalam jajaran pantai selatan jawa. Sama seperti kebanyakan pantai selatan yang terkenal berombak cukup besar, ombak di pantai ini juga terbilang cukup besar.
Image by instagram @tunzami

Alamat : Gejahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Harga Tiket : Rp. 10.000,-
Jam Buka : 24 jam (Setiap hari)
Peta Lokasi : Klik disini

Namun anda tidak perlu khawatir, karena anda masih bisa bermain main air di bibir pantainya. Oh ya, mengenai penamaan “Bajul mati” ini didapat dari cerita masyarakat sekitar yang mengisahkan mengenai penemuan bangkai buaya yang telah mati di sekitar area pantai, “Bajul” dalam bahasa jawa artinya buaya. Penemuan bangkai buaya inilah yang akhirnya menjadi titik balik penamaan pantai ini.

Selain dari cerita tentang penemuan bangkai buaya, ada satu lagi kisah asal usul penamaan Pantai Bajul Mati yang cukup banyak dipercaya, yaitu terdapatnya batu karang memanjang yang sekilas terlihat seperti bentuk buaya. Apalagi saat malam, dimana batu karang ini tersapu oleh ombak dibawah sinar rembulan, siluetnya akan terlihat seperti buaya sungguhan.

Dari kedua cerita yang beredar tentang asal usul penamaan pantai ini, masih belum jelas informasi mana yang menjadi acuan pemberian nama pantai ini. Namun, anda bisa percaya atau tidak pada cerita diatas, semua terserah anda. Baik anda percaya atau tidak, itu tidak akan mengurangi keindahan panorama Pantai Bajul Mati.

jembatan bajul mati
Image by instagram @flyingandlive

Pantai Bajul Mati Yang mempesona

Pantai ini sangatlah mempesona, keindahannya pasti akan membuat siapapun yang melihatnya menjadi terpesona. Bertabur pasir putih yang bersih, ditambah adanya batuan karang yang semakin menambah sempurna keindahannya. Air lautnya pun juga berwarna jernih kebiruan, semakin ke tengah warnanya akan semakin membiru. Di lepas pantai ini juga terdapat pulau karang yang menambah keeksotisan Pantai Bajul Mati.
Satu yang menjadi ciri atau menjadi ikon dari pantai ini ialah terdapat sebuah jembatan sepanjang 90 meter yang melintas diatas sungai yang bermuara ke pantai. Dari atas jembatan ini, panorama Pantai Bajul Mati sudah bisa anda saksikan.
jalan jalan di pantai bajul mati
Image by instagram @alniaeur

Lokasi

Pantai Bajul Mati ini terletak di desa Gajahrejo, kecataman Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berjarak sekitar 58 kilometer dari pusat Kota Malang, dengan waktu tempuh sekitar 2 sampai 2,5 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Pantai Bajul Mati ini sangat terjangkau dan anda sudah bisa berpuas puas menikmati keindahan panorama yang ditawarkan pantai ini.

KeteranganHarga
Harga tiket masukRp. 10.000,-
Parkir motorRp. 5.000,-
Parkir mobilRp. 10.000,-

Note : Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu.

Jam Buka

Untuk jam buka Pantai Bajul Mati ini, terbuka 24 jam setiap hari, anda bebas kapan saja berkunjung ke pantai ini. Baik di pagi ataupun sore hari, anda tetap bisa mengunjunginya. Bahkan anda juga bisa menginap di pantai ini.
Image by instagram @nophie_novita

Kegiatan Menarik di Pantai Bajul Mati

Berwisata ke sebuah pantai, tentu ada banyak hal menarik yang bisa anda coba lakukan. Menghabiskan waktu dengan bermain – main di pantai tidak akan membuat bosan siapapun yang melakukannya, karena anda juga bisa melakukan kegiatan favorit anda sambil memandangi panorama pantai, merasakan hembusan angin pantai yang aduhai dan merasakan sejuknya air pantai.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa anda coba lakukan saat berwisata ke Pantai Bajul Mati, kegiatan kegiatan ini akan lebih menarik jika anda melakukannya ramai ramai bersama teman atau keluarga anda.

Bermain Air

Pergi liburan ke pantai tanpa merasakan kehangatan airnya, rasanya pasti ada yang kurang. Tak terkecuali jika anda berwisata ke Pantai Bajul Mati, anda wajib mencoba merasakan kehangatan airnya. Meskipun anda tidak disarankan untuk berenang di pantai ini, namun anda masih bisa bermain air di bibir pantainya lo…
Image by instagram @feqadimara_

Berjalan Jalan Menyusuri Pantai

Berjalan jalan juga bisa menjadi kegiatan menarik yang bisa anda coba di pantai ini, anda bisa menyusuri bibir pantai sambil merasakan deburan ombak yang datang menyapu kaki anda. Apalagi jika anda berjalan jalan bersama pasangan anda, pasti akan terasa romantis sekali.

Andaipun anda tidak punya pasangan, anda bisa mengajak teman, keluarga atau bahkan binatang peliharaan anda seperti anjing untuk bersama sama berjalan jalan sambil menikmati hamparan pemandangan pantai yang mempesona.

Bermain Pasir

Permainan pasir juga tak kalah menarik untuk dilakukan lo… Karena pasir Pantai Bajul Mati ini berwarna putih bersih, anda bisa mencoba membuat istana pasir atau bentuk bentuk unik sesuai kreasi anda. Jika anda membawa buah hati, cobalah untuk mengajaknya bermain pasir dengan beraneka bentuk, pasti akan menambah kreativitas si buah hati.
berfoto di pantai bajul mati
Image by instagram @rahayu,wibowo

Berfoto Ria

Ini mungkin menjadi kegiatan favorit bagi kebanyakan orang, berfoto ria mungkin sudah lama dijadikan kegiatan wajib saat berwisata ke berbagai tempat. Anda pun juga jangan sampai ketinggalan untuk mengabadikan momen saat berkunjung ke pantai.

Selain sebagai pengingat bahwa anda pernah menjejakkan kaki di Pantai Bajul Mati ini, anda juga bisa memamerkannya di media sosial anda. Siapapun yang melihat foto anda, pasti akan terpesona melihat kecantikan atau ketampanan anda berpadu dengan keindahan Pantai Bajul Mati.

Fasilitas Yang Tersedia

Meskipun fasilitasnya belum selengkap dibanding Pantai Balekambang, namun untuk fasilitas dasar seperti toilet, mushola, kamar mandi dan area parkir sudah tersedia. Selain itu, anda juga bisa menemui banyak warung makan yang menjual aneka macam makanan.

Rute Menuju Pantai Bajul Mati

Berwisata ke pantai pantai di Malang, anda akan mendapat banyak keuntungan, karena otomatis anda juga bisa mampir ke pantai pantai lain yang letaknya berderet berdekatan satu sam lain. Sekali jalan, anda bisa menjelajahi banyak pantai yang ada di Malang.

Seperti saat anda berwisata ke Pantai Bajul Mati, anda juga bisa mampir ke Pantai Goa Cina yang berjarak 4 kilometer dengan jarak tempuh 11 menit perjalanan. Untuk rutenya pun juga hampir sama jalurnya, karena tadi lokasinya yang berada dalam satu barisan.

Rute menuju Pantai Bajul Mati ini bisa anda lalui lewat 2 rute yaitu :

Rute pertama : dari Kota Malang, anda bisa menuju Kecamatan Turen, lalu belok ke selatan menuju Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Lanjut mengikuti jalur Pantai Sendang Biru, sampai di pertigaanm ambil arah kanan menuju Pantai Goa Cina dan Pantai Bajul Mati. Melewati rute ini, Pantai Bajul Mati terletak di sebelah barat jembatan Bajul Mati.

Rute kedua : Dari Kota Malang, anda bisa lanjut menuju Kecamatan Kepanjen dan terus menuju arah Pagak hingga tiba di Bantur. Sesampainya di Bantur, anda lanjut menuju pantai Belekambang, sampai di perempatan sebelum masuk Balekambang, anda belok kiri, menuju Pantai Bajul Mati kurang lebih 15 kilometer.

bajul mati malang
Image by instagram @khoirudin_id

Itulah info yang bisa kami sampaikan terkait dengan wisata Pantai Bajul Mati, semoga bisa membantu anda yang sedang mencari info tentang wisata pantai di Malang. Berwisata ke pantai yang ada di Malang adalah salah satu kegiatan populer yang banyak diminati wisatawan.

Cobalah sesekali untuk main ke Pantai Bajul Mati dan pantai pantai lain yang ada di Malang seperti Pantai Tiga Warna, Pantai Gatra, Pantai Clungup, Pantai Batu Bengkung, Pantai Kondang Merak dan masih banyak pantai menarik lainnya.

Jangan lupa juga untuk mengajak teman teman atau keluarga anda agar liburan anda menjadi lebih ceria dan menyenangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top