Pahami Aturan Sewa Mobil Agar Tidak Menyesal Nantinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Saat ini, jasa sewa mobil menjadi alternatif bagi banyak orang yang membutuhkan kendaraan untuk menunjang kegiatan yang mereka lakukan. Apalagi jika kegiatan tersebut mengharuskan anda untuk pergi ke luar kota, akan lebih praktis jika anda menggunakan jasa sewa mobil di kota tujuan ketimbang anda harus membawa kendaraan sendiri.

Namun banyak orang yang cenderung sedikit ceroboh dan tidak was was ketika menggunakan jasa tersebut. Dalam jasa sewa mobil, tentu ada ketentuan atau aturan yang diberlakukan oleh perusahaan penyedia kepada setiap penyewa. Nah… Aturan inilah yang biasanya tidak terlalu diperhatikan oleh penyewa, sehingga bisa mengakiatkan kerugian nantinya.

Memangnya aturan apa saja sih yang terdapat pada jasa sewa mobil ? Untuk mengetahui jawabannya, simak terus penjelasan kami berikut ini !

aturan sewa mobil

Aturan Sewa Mobil Umum Yang Bisa Anda Jadikan Paduan Saat Sewa Mobil

Aturan sewa mobil ini tentu dibuat untuk ditaati dan sebagai syarat penyewa agar bisa memperoleh jasa sewa mobil yang diinginkan. Aturan ini dibuat sebagai kesepakatan antara penyedia jasa dengan pengguna jasa sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

Aturan sewa mobil di setiap perusahaan biasanya sedikit berbeda, sesuai daerah dan ketentuan masing masing perusahaan. Namun, kali ini kami akan memberikan aturan umum yang banyak dipakai oleh penyedia jasa sewa mobil, yaitu :

Aturan awal yang banyak dijadikan syarat untuk bisa menyewa kendaraan ialah DP atau Down Payment alias uang muka. Dp atau uang muka ini penting untuk anda perhatikan ketika akan menggunakan jasa sewa mobil. Dengan melakukan pembayaran Dp, artinya anda telah melakukan kontrak terikat dengan penyedia jasa atau istilahnya anda telah membooking unit kendaraan yang akan anda gunakan nantinya.

Besaran Dp yang harus anda bayarkan biasanya berbeda – beda disetiap perusahaan, namun umumnya tidak lebih dari 50% dari total pembayaran. Dp ini menjadi poin penting ketika menyewa mobil, perhatikan waktunya juga, contohnya ketika anda mempunyai rencana menggunakan jasa sewa mobil yang bertepatan di musim liburan atau high season, pastikan untuk membayar Dp secepatnya.

Hal ini mengingat pada musim high season, permintaan jasa sewa mobil akan meningkat tajam, sehingga banyak orang yang juga mengincar jasa sewa mobil. Dan satu lagi yang tak kalah penting, jangan lupa tanyakan berapa besaran Dp yang harus dibayar. Pada musim high season, biasanya harga sewa akan naik jauh lebih mahal dari harga normal.

syarat rental mobil

Area Pelayanan & Ketentuan Over Area

Poin selanjutnya yaitu, perhatikan ketentuan area pelayanan dan over area. Contohnya jika anda menyewa mobil di Kota Malang, maka ketentuan awalnya adalah area pelayanan yang akan anda dapatkan hanya terbatas pada area dalam kota Malang & Kota Batu. Jika sampai melewati batas, atau keluar dari area pelayaanan, maka otomatis anda akan dikenakan denda Over Area.

Jadi ketika melakukan pemesanan, jangan lupa tanyakan ketentuan area layanan dan batas mana saja yang tidak termasuk dalam area layanan. Tanyakan juga berapa besaran denda Over Area jika seandainya anda melanggar ketentuan.

Atau lebih gampangnya, saat memesan langsung sampaikan kepada customer service kemana saja tempat yang akan anda kunjungi, dan minta harga sewa secara rinci sesuai rute pemakaian anda.

Durasi Pelayanan & Ketentuan Over Time

Hampir sama seperti ketentuan area pelayanan, durasi pemakaian ini juga harus anda ketahui. Biasanya durasi pemakaian sewa mobil harian ada yang berkisar antara 16 jam atau ada juga yang 24 jam. Tanyakan juga berapa denda yang harus dibayar jika pemakaian anda melebihi batas sewa yang telah disepakati.

Fasilitas Include & Exclude

Fasilitas Include atau Exclude ini artinya fasilitas apa saja yang disediakan dan tidak disediakan oleh penyedia jasa. Untuk sewa mobil reguler biasanya hanya include mobil & sopir saja, dan yang termasuk exclude biasanya yaitu konsumsi BBM, biaya parkir, Tol, makan sopir.

Jika anda tidak ingin repot mengurus semua hal diatas, anda bisa minta pada customer service untuk menyediakan fasilitas All Include. Artinya semua kebutuhan saat pemakaian sewa mobil akan di hitung jadi satu, jadi anda hanya akan membayar sekali sesuai kebutuhan saat pemakaian.

Akomodasi Sopir

Akomodasi sopir ini maksudnya adalah kebutuhan untuk sopir, bisa berupa uang makan, atau lainnya. Jika anda menyewa mobil untuk ke luar kota lebih dari 1 hari, tentu anda akan menginap, termasuk juga sang sopir yang mengantar anda, anda juga berkewajiban memenuhi kebutuhan penginapan & makan sopir.
aturan sewa mobil

Syarat & Aturan Sewa Mobil Lepas Kunci

Untuk Aturan Sewa Mobil lepas kunci ini biasanya anda akan dikenakan syarat yang cukup rinci, hal ini tentu bertujuan sebagai jaminan karena anda akan membawa mobil sewa sendiri tanpa sopir. Jadi hampir semua perusahaan sewa mobil akan menerapkan syarat yang cukup kompleks untuk anda agar bisa membawa sendiri kendaraan sewa. Untuk syarat sewa mobil lepas kunci dibawah ini bisa anda jadikan acuan jika anda ingin layanan sewa mobil tanpa sopir

Sim Aktif Sebagai Syarat Mutlak Rental Mobil Tanpa Sopir

Sim Aktif tentu menjadi syarat sah dan wajib jika anda ingin sewa mobil tanpa sopir. Perusahaan penyedia pasti tidak akan memberikan izin jika anda tidak mempunyai dokumen satu ini. Sim aktif disini yaitu sim A atau sim untuk mobil ya, jika anda tidak mempunyainya, siap siap permintaan anda akan ditolak, karena perusahaan penyedia pasti tidak mau mengambil resiko jika nantinya terjadi sesuatu seperti operasi lalu lintas.

Syarat Penunjang

Syarat penunjang disini biasanya berbeda beda, umumnya yaitu foto tiket transportasi jika anda berasal dari luar kota, voucher penginapan jika anda menginap, KTP/ Passport, Kartu Keluarga dll. Anda bisa tanyakan pada customer service mengenai dokumen penunjang apa saja yang harus anda siapkan untuk bisa sewa mobil lepas kunci. Dokumen – dokumen ini biasanya hanya diminta berupa foto atau scan saja.

Jaminan

Banyak perusahaan yang memberikan syarat kepada penyewa untuk memberikan jaminan selama masa pemakaian kendaraan dan akan dikembalikan jika pemakaian berakhir. Jaminan ini bisa berupa KTP, Passport, atau bisa juga berupa barang. Anda bisa tanyakan detailnya pada masing masing perusahaan.

Meeting Point /Tempat Serah Terima Kendaraan

Meeting point atau tempat serah terima kendaraan ini yaitu tempat yang anda dan penyedia sepakati untuk dilakukan proses serah terima kendaraan. Tempat serah terima kendaraan umumnya bisa dilakukan di kediaman, atau jika anda dari luar kota, biasanya tempat serah terimanya berada di stasiun kereta atau bandara, bisa juga di hotel.

Jadi anda perlu berkoordinasi dengan customer service untuk mengantar mobil di tempat yang anda inginkan.

Biaya Serah Terima Kendaraan

Biaya serah terima ini biasanya tergantung lokasi pengantaran dan pengambilan kembali kendaraan. Jika lokasinya berada jauh dari kantor penyedia, anda akan dikenakan biasa antar ambil kendaraan. Namun, jika lokasinya dekat, biasanya anda tidak akan dikenakan biaya satu ini.

Area Pemakaian

Sama seperti sewa mobil reguler atau pakai sopir, untuk sewa mobil lepas kunci ini juga ada ketentuan tentang area pemakaian. Anda bisa tanyakan area mana saja yang diperbolehkan dan area mana saja yang menjadi batas dan tidak boleh anda lewati.

Video Checklist Kendaraan

Ketika menggunakan jasa sewa mobil lepas kunci umumnya pada saat pengantaran unit kendaraan, pengantar mobil akan merekam kondisi kendaraan di seluruh sisi. Rekaman ini akan menjadi bukti jika nantinya saat pemakaian anda berakhir, ditemukan adanya baret atau goresan pada bodi mobil. Saat perekaman ini, pastikan anda untuk ikut serta dan minta juga video cecklistnya untuk anda sendiri.
travel bandara juanda batu

Itulah info yang bisa kami bagikan mengenai Aturan Sewa Mobil yang penting anda perhatikan saat menggunakan jasa sewa mobil. Pastikan dengan teliti setiap peraturannya, agar anda tidak menyesal nantinya.

Nah… Bagi anda yang mempunyai rencana ke Kota Malang, dan sedang bingung mencari jasa Sewa Mobil Malang yang terpercaya, murah dan pastinya aman, Kami Erctrans menyediakan jasa sewa mobil dengan armada lengkap, harga murah dan syarat yang mudah. Untuk harga sewa lebih detail bisa anda lihat di menu sewa mobil kami atau bisa langsung menghubungi customer service kami di Telp. (0341) – 341 944 atau whatsapp 081233930143.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?