Museum Mpu Tantular & Koleksi Benda Benda Bersejarahnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Museum Mpu Tantular merupakan tempat yang sangat cocok bagi anda yang ingin melakukan study tour atau sebagai media pembelajaran. selain sebagai media pembelajaran tempat ini juga menyediakan persewaan pameran atau acara acara di ruangan terbuka. Jika kalian juga ingin tahu sejarah dari museum ini di tempat ini juga ada guide untuk menjelaskan semua benda benda bersejarah.

Setiap tanggal 12 oktober di peringatinya hari museum nasional. Setiap hari museum nasional selalu diadakan gerak jalan, lomba cerdas cermat dan banyak kegiatan lainnya.

museum mpu tantular
image by instagram @mputantularjatim

Alamat : Jalan Raya Buduran – Jembatan Layang, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
Harga Tiket : Rp. 5.000,-
Jam Buka : 08.00 – 15.00 WIB (Selasa – Kamis), 08.00 – 14.00 WIB (Jum’at), 08.00 – 13.00 WIB (Sabtu – Minggu), 
Peta Lokasi : Klik disini

Museum Mpu Tantular & Koleksi Bersejarahnya

Museum ini terdapat beberapa koleksi batik dari berbagai daerah seperti batik lamongan, batik parang barong, batik trenggalek, batik situbondo, batik gajah oling, dan juga terdapat sarung tenun seperti sarung tenun ikat dan sarung tenun rawan.

Koleksi Benda Bersejarah

Terdapat juga koleksi prasejarah seperti beberapa contoh batu seperti konglomerat, phosphate dan banyak lainnya, juga terdapat beberapa fosil seperti tengkorak manusia, gading dan geraham hewan, dan juga nekara.

Koleksi Benda Temuan

Terdapat koleksi benda penemuan seperti sepeda motor uap sepeda ini mempunyai kecepatan 30 km/jam, telepon meja, sepeda kayu seperti namanya sepeda ini hampir semuanya terbuat dari kayu mulai dari rodanya sampai tempat duduknya terbuat dari kayu sepeda ini di ciptakan oleh Michael kesler seorang kebangsaan jerman.

Ada juga sepeda tinggi, sepeda tinggi ini diciptakan oleh James Starley dan William Hillman sepeda ini sangat unik karena mempunyai ukuran roda yang berbeda roda depan mempunyai ukuran lebih roda belakang ukurannya lebih kecil.

image by instagram @dolordarjo

Koleksi Prasasti & Arca

Juga terdapat peninggalan majapahit seperti arca perunggu, candi, uang dan naskah kuno, emas dan pusaka.

Jam Matahari

jam ini merupakan jam yang digunakan orang dahulu untuk menentukan waktu sholat.
museum mpu tantular
image by instagram @astrid_ucrid
Selain koleksi diatas, juga banyak terdapat koleksi keramik, senjata senjata seperti pistol saku, pistol blunderbuss, pistol revolver, senapan musketbrown bess, whinchester, grenadier, dan pistol flintlock tower.

Lokasi Museum Mpu Tantular

Museum ini terletak di Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Bedrek, Siwalanpanji, Kabupaten Sidoarjo, museum ini memiliki banyak sejarah dan juga mempunyai koleksi koleksi yang unik. Tempat ini di buka tanggal 23 mei 1972 dan wisata ini adalah sepeninggal dari von faber 30 september 1955. Dulu tempat bersejarah ini di beri nama museum jawa timur kemudian diresmikan menjadi museum mpu tantular pada tahun 1974.

Untuk rute menuju museum ini sangat mudah karena rute menuju museum ini bisa dilalui semua kendaraan, untuk dari Surabaya hanya menempuk jarak 17 km jika dari terminal bungurasih cukup menempuh jarak 10 km.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Museum Mpu Tantular ini juga cukup murah kalian hanya cukup membayar Rp. 4.000 dan Rp. 3.000 untuk anak anak/orang. Terdapat beberapa fasilitas umum seperti kamar mandi, pedagang makanan dan minuman.

image by instagram @fajarhw

Jadi gimana apa kalian tertarik dengan Museum Mpu Tantular ini ?, tempat ini sangat cocok bagi kalian yang ingin mengetahui sejarahnya majapahit dan jika ingin lebih lengkap lagi di sini juga terdapat guide yang bisa mendampingi kalian dan menjelaskan semua silsilah sejarah kerajaan majapahit. tempat ini juga cocok sebagai alternatif berlibur sambal belajar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?