Keunikan Air Terjun Coban Tundo, Punya 3 Tingkat lo…

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Halo sobat ! Bingung cari tempat wisata yang bisa buat pikiran jadi fresh kembali ? Gimana kalo sobat coba mengunjungi wisata alam ? Yup…. Wisata bertemakan alam memang banyak dipercaya dan dipilih sebagai tempat refreshing untuk melepas segala penat setelah sibuk dengan rutinitas harian.

Tapi tempat yang akan kami rekomendasikan kali ini, mungkin dibutuhkan sedikit kerja keras untuk dapat mencapainya. Karena letaknya yang tersembunyi, jauh dari keramaian dan berada dibalik lebatnya hutan dengan medan yang juga sedikit menantang.

image by instagram @novian_altelucav

Apakah anda termasuk kategori wisatawan yang suka dengan tantangan untuk dapat mencapai surga kecil yang tersembunyi ini ? Jika iya, tempat yang akan rekomendasikan ini, pasti sangat cocok untuk anda. Karena letaknya yang tersembunyi, anda harus menembus lebatnya hutan dengan medan menantang. Tapi jika anda dapat menaklukkannya, sebuah pemandangan luar biasa indah akan membayar semua kerja keras dan rasa lelah anda.

Air Terjun Coban Tundo lah yang kami maksud sebagai surga kecil yang tersembunyi dibalik rimbun pepohonan. Penasaran dengan wisata alam satu ini ? Yuk simak terus penjelasan lengkap kami mengenai keunikan dari Air Terjun Coban Tundo.

Alamat : Tambaksari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Harga Tiket : Rp. 5.000,-
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB (Setiap hari)
Peta Lokasi : Klik disini

Air Terjun Coban Tundo

Air Terjun Coban Tundo ini adalah satu dari sekian banyak air terjun atau coban yang ada di Malang. Ya… Malang memang mempunyai banyak sekali air terjun cantik nan menawan seperti Air Terjun, Coban Rondo, Air Terjun Coban Nirwana, Air Terjun Coban Ciblungan, Air Terjun Coban Srengenge dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan begitu banyaknya air terjun di Malang, lantas apa yang membedakan Air Terjun Coban Tundo dibanding lainnya ? Air Terjun Coban Tundo ini memiliki perbedaan yang cukup unik dan jarang dimiliki air terjun lainnya. Mau tau keunikkannya ? Berikut fakta fakta uniknya.

air terjun bertingkat
image by instagram @novian_altelucav

Keunikan Air Terjun Coban Tundo ini yaitu bertingkat, sesuai namanya “Tundo” yang berarti tingkatan. Air Terjun ini memiliki 3 tingkatan, anda dapat melihat keindahan yang mengagumkan dari air terjun ini.

Ketinggian masing masing tingkatannya pun juga berbeda, di tingkat ketiga yang berada di paling atas memiliki ketinggian 8 meter, air yang jatuh dari tebing di tingkat tingga ini membentuk sebuah kolam kecil sebelum kembali jatuh menuju tingkat kedua. Di air terjun yang berada di tingkat ke 2 inilah yang paling tinggi, yakni mencapai 15 meter. Air terjun di tingkat kedua ini juga memiliki sebuah kolam yang cukup luas dengan kedalaman mencapai 7 meter.

Lalu air yang telah jatuh di tingkat 2 ini juga akan berlanjut menuju tingkatan paling rendah yakni tingkat pertama. Air terjun di tingkat paling bawah ini tidak terlalu tinggi, dan terbagi menjadi 2 bagian, air yang jatuh disini juga akan ditampung di pada kolam yang terbentuk dibawahnya.

Keeksotisan air terjun yang jatuh dari 3 tingkatan melalui celah celah tebing ini akan memberi pemandangan yang jarang anda jumpai.

image by instagram @mas_rudi_setiawan

Lokasi Air Terjun Coban Tundo

Air Terjun Coban Tundo ini berlokasi di Dusun Tambaksari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten malang, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 60 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota malang.

Jam Buka

Wisata alam Air Terjun Coban Tundo ini bisa anda kunjungi setiap hari, karena tempat ini berada cukup terpencil dan terpelosok di tengah hutan. Otomatis belum tersedia jaringan listrik, jadi waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat pagi hingga sore hari.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Air terjun Coban Tundo ini sangatlah terjangkau, anda tiak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk bisa menyaksikan keindahannya.

KeteranganHarga
Harga tiket masukRp. 5.000,-
ParkirRp. 5.000,-

Note : Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu.

coban tundo
image by instagram @laveniarosalia

Kegiatan Menarik di Coban Tundo

Ada banyak hal menyenangkan yang bisa anda lakukan di Air terjun Coban Tundo ini, tentu yang paling utama adalah anda harus merasakan kesegaran airnya. Anda bisa berenang atau sekedar bermain air, menyusuri 3 tingkatan air terjunnya, menikmati keindahan pemandangan alam sekitar yang begitu asri.

Air terjun ini juga sangat layak anda abadikan dengan berswafoto sebagai tanda bukti bahwa anda pernah mengunjungi tempat menakjubkan ini. Penampakan tebing kokoh yang bertingkat dengan air yang mengalir terjun menyusuri setiap tingkatannya ditambah dengan jernihnya air, pasti akan memukau setip mata yang memandangnya.

Rute

Untuk bisa mencapai tempat ini, anda bisa memulai perjalanan dari kota Malang, sebenarnya ada beberapa rute yang bisa anda lewati, namun kami akan memberikan rute lebih ringkas dan cepat. Dari kota Malang, anda bisa menuju Kecamatan Turen lalu lanjut menuju Kecamatan Dampit.

Tiba di Dampit, ambil arah ke Sukodono hingga sampai di bundaran desa akan terlihat papan petunjuk rute Air Terjun Coban Tundo. Saat tiba di daerah Sukodono ini usahakan untuk bertanya kepada penduduk, karena banyak persimpangan yang membuat anda bingung. Lalu lanjutkan perjalanan menuju Desa Sidoasri dan anda akan menemui area pintu masuk air terjun.

Fasilitas

Fasilitas di tempat ini terbilang sangat kurang, mengingat letaknya yang cukup jauh. Tapi di Coban Tundo 2 anda dapat menemui warung makan, persewaan ban pelampung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top