Kampung Sanan, Kampung Terkenal Penghasil Keripik Tempe Malang

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Sebuah perkampungan kecil di tengah Kota Malang yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berburu oleh oleh khas Kota Malang, yaitu Keripik Tempe Malang yang khas. Kampung Sanan yang awalnya hanya memproduksi tempe untuk lauk pauk, sekarang sudah menjadi Sentra Industri Pengolahan Tempe di kota Malang.

Perkampungan yang memiliki suasana kehidupan yang dinamis dan seimbang diantara industri dengan kesejahteraan penduduknya. Pengelolaan ekonomi kemasyarakatan yang ada di sentral kripik tempe sanan ini di percayakan kepada Primkopti “BANGKIT USAHA” nama tersebut dibuat supaya menjadi harapan masyarakat yang dapat membangkitkan usaha masyarakat.

kampung sanan
image by instagram @nelawardani

Malang raya yang sekarang sudah bisa dibilang sebagai destinasi wisata yang diburu banyak wisatawan asing, maupun wisatawan lokal yang ingin berlibur dan refresing. Destinasi wisata yang ada di Malang raya mulai dari wisata sajarah dengan kearifan budaya lokal, perkampungan perkampungan tematik yang beragam, hingga wisata kulinernya yang patut untuk di coba.

Oleh karena itu, perkembangan destinasi wisata yang membuat masyarakat Malang membuat Pusat oleh oleh dan salah satunya adalah pusat oleh oleh keripik tempe malang yang di kelola oleh masyarakat sentral industri sanan. Meskipun saat ini banyak kue kue artis hits yang beredaran di kota Malang. Tapi, eksistensi keripik tempe sebagai makanan rakyat tidak dapat tergerus dan tergantikan hingga saat ini.

Asal Usul Kampung Sanan Sebagai Sentra Industri Pengolahan tempe & Penghasil Keripik Tempe

Sentral industri sanan ini mulai dibentuk pada tahun 1970an, tetapi pada saat itu, masyarakat hanya menjual tempe yang beredar dipasaran, yaitu tempe yang belum tersaji dan juga tempe tempe lauk pada umumnya. Akan tetapi masyarakat membuat beberapa kreasi yang mengolah tempe yang djual dipasar tidak laku menjadi sebuah camilan kripik tempe dan dikemas menjadi keripik kekinian yang berhasil terkenal sampai saat ini.

Perkampungan yang dihuni sekitar kurang lebih 2000.an kepala keluarga ini, yang 95% mayoritas masyarakatnya menjadi pengusaha pengelola tempe. Mulai dari tempe yang bisa digunakan untuk lauk pauk, maupun tempe olahan lainnya yang dijadikan oleh oleh. Dan untuk saat ini merambat olahan macam macam keripik lainnya seperti keripik buah buahan, contohnya. Keripik salak, keripik buah naga, keripik apel, keripik nangka, keripik singkong, keripik pisang bahkan keripik semangka dan aneka keripik sayur lainnya.

image by instagram @keripik_tempe_malang

Dengan adanya perkembangan jaman dan teknologi yang semakin maju. Beberapa produsen mengembangkannya lewat sosial media dan juga menjual kripik tempe di online shop. Agar tidak terkena dampak dari musiman, pada saat sepi atau juga ramai pengunjung pada hari hari tertentu.

Pemasaran keripik tempe ini sudah menyebar kebeberapa tempat di Indonesia banyak juga yang menjual keripik tempe di kota malang. Namun harga yang ditawarkan sangatlah berbeda saat anda pergi langsung ke pusat oleh oleh sanan malang. Disana menjual aneka olahan tempe dan buah buahan lainnya. Harganya pun berbeda dengan harga harga diluaran sana yang dibilang sangat jauh, karena rata rata per kilo di luaran sampai harga 60 ribu, jika kalian langsung pergi ke store harganya mulai dari 23 ribu. Fantastis bukan?

Dan tak hanya itu saja. Sekarang kripik tempe sanan juga menerima delivery order untuk darah malang kota. Melalui online kita dapat membeli kripik tempe ini. Jika kalian tidak sempat datang ke store oleh oleh kalian bisa membelinya melalui online yang tersedia. Delivery order dilayani untuk diantarkan di tempat tempat umum di kota malang dan batu. Contohnya hotel hotel, penginapan, stasiun, dan bandara.

Kampung Sanan
image by instagram @hafizagassi

Lokasi Kampung Sanan

Namun jika kalian datang ke Kota Malang, sempatkan waktu anda untuk datang ke store yang ada di Jl. Sanan kota Malang. Pusat oleh oleh Sentral Industri Kripik Tempe dapat di akses dengan sangat mudah karena tempatnya yang berada di tengah kota dan juga dapat dilalui berbagai macam jenis kendaraan. Dilalui banyak kendaraan umum yang melewati store itu.

Keripik Tempe Malang Dengan Aneka Rasa

Banyak paket yang tersedia di pusat oleh oleh sanan ini. Kalian juga dapat membelinya per satuan. Keripik tempe terdapat banyak aneka rasa yang tersedia mulai dari Original, keju, ayam, spageti, pizza, barbeque, jeruk purut, rumput laut, jagung bakar, pedas manis, dan juga rasa udang.
image by instagram @keripik_tempe_malang

Harga yang sangat berbeda dengan kripik tempe lain karena faktor tenaga kerja yang tersedia. Karena tenaga kerja yang tersedia di sana, mulai dari pembuatan bahan dasar, pengirisan, penggorengan, pembumbuan, pengemasannya pun sangat tersedia dengan menggunakan jasa dari masyarakat kampung sanan.

Jadi bagaimana ? sempatkan kalian datang ke store dan datang ke tempat kampung sanan untuk melihat proses pengolahan keripik tempe malang yang khas & nikmat rasanya !!

HAPPY SHOPPING AND HAVE A NICE TOUR.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top
Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?
Powered by