Goa Tetes, Perpaduan Sempurna Goa & Air Terjun Yang Menawan

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Goa TetesJawa Timur memang dikenal memiliki banyak sekali wisata alam yang sangat indah, mulai dari wisata gunung, pantai, hutan hingga wisata air terjun. Pesona alam indah yang sanggup menghipnotis siapa saja yang melihatnya, tentu wisata ini menjadi favorit dan banyak diburu oleh wisatawan yang ingin refreshing dengan melihat keindahan alam.

Ada satu daerah di Jawa Timur yang memiliki wisata alam indah dan patut anda kunjungi, yakni di Kabupaten Lumajang. Lumajang memang juga dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki objek wisata alam populer dan sudah banyak dikunjungi, mulai dari Puncak B29, Air Terjun Tumpak Sewu, Goa tetes, Pantai Watu Gojeg, Danau Ranu Kumbolo dan masih banyak tempat waisata lainnya.

image by instagram @luyutt

Alamat : Dusun Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Harga Tiket :  Rp. 5.000,-
Jam Buka : Setiap hari
Peta Lokasi : Klik Disini

Nah…., Sesuai gambar diatas, kali ini kami akan membahas wisata alam Air Terjun Goa Tetes, pemandangan alam yang menampilkan perpaduan antara air terjun dan goa ini, seakan tampak tak nyata. Saking indah pemandangannya, anda seakan melihat sebuah mahakarya lukisan yang tampak seperti di film film dongeng.

Kepopuleran wisata alam Goa Tetes sendiri sudah menyebar ke pelosok dunia, hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan baik domestik maupun wisatawan mancanegara yang datang untuk melihat sendiri penampakan alam yang luar biasa indah ini.

Air Terjun Goa Tetes

Tempat wisata dekat bromo
image by instagram @naka_azriel

Goa Tetes sebenarnya memiliki karakteristik yang sama dengan Goa pada umumnya, yakni memiliki komposisi stalagmit dan stalagtit yang tertata menghiasi lagit langit goanya.

Yang membedakan Goa ini dengan goa lainnya ialah letaknya yang berada di bawah air terjun, sehingga menimbulkan kesan guyuran air yang jatuh dari atas goa dan menetes turun dari langit angit goa. Air terjun di Goa Tetes ini memiliki aliran yang sama dengan Air terjun Tumpak Sewu, hal ini jugalah yang membuat goa ini selalu basah.

Saat kesini anda mungkin akan ternganga seakan tak percaya bahwa ternyata ada pemandangan semacam ini, perpaduan goa berwarna cokelat kekuningan dengan tebing – tebing yang ditumbuhi aneka tanaman dan lumut hijau serta disempurnakan oleh guyuran air terjun yang membasahi hampir setiap bagian goa ini.

image by instagram @poto2ku

Lokasi

Lokasi Goa Tetes ini terletak dalam satu kawasan dengan Air Terjun Tumpak Sewu, yakni berada di Dusun Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk

Untuk tiket masuk Goa Tetes ini harganya sangat terjangkau, dan anda akan melihat pemandangan yang sangat indah disini.

Harga Tiket Masuk Goa Tetes
Tiket MasukRp. 5.000,-
Parkir MotorRp. 5.000,-
  • Note : Harga diatas dapat berubah ubah sewaktu – waktu

Jam Buka

Wisata alam Goa Tetes ini buka setiap hari, jadi anda bisa kesini kapanpun anda mau. Waktu terbaik berwisata ke Goa Tetes ialah saat pagi hingga sore hari. Karena wisata alam ini belum banyak memiliki fasilitas untuk malam hari, mungkin anda bisa datang bersenang senang disini mulai jam 06.00 sampai 16.00 WIB.

Rute

Karena lokasinya yang sangat dekat dengan Air terjun Tumpak Sewu Lumajang, maka akan lebih mudah jika mengikuti rute Tumpak Sewu, yaitu :

Dari arah Lumajang :
Anda bisa melalui jalan nasional Lumajang – Malang, melewati daerah Sumbersuko – Tempeh – Pasirian – Candipuro – Gladak Perak – Pronojiwo. Saat sampai di daerah Pronojiwo, anda sudah bisa melihat banyak petunjuk arah menuju lokasi dan Banner besar bertuliskan Air Terjun Tumpak Sewu.

Dari arah Malang :
Dari arah Malang anda bisa menuju Kepanjen – Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo – Ampelgading dan sampai di Pronojiwo, anda akan menemui banyak petunjuk jalan menuju lokasi Air Terjun Tumpak Sewu.

image by instagram @rujitratanaya

Tips Berwisata ke Goa Tetes

Saat anda memutuskan untuk berwisata ke Goa tetes, ada beberapa tips yang akan kami berikan untuk anda, tips ini pasti akan berguna saat mengeksplore Goa Tetes, Yaitu :

Bawalah Pakaian Pengganti

Karena wisata ini memiliki air terjun dan sebuah kolam, pasti saat mengunjungi tempat ini pakaian anda akan basah, jadi bawalah pakaian ganti saat kesini.

Bawalah Barang Bawaan Secukupnya

Goa Tetes merupakan tempat wisata alam, kebanyakan wisata alam tidak memiliki fasilitas penitipan barang. Jadi untuk mempermudah kegiatan anda selama disini, usahakan bawa barang bawaan yang penting saja dan tidak perlu membawa banyak barang yang nantinya malah akan menghambat atau merepotkan anda sendiri.

Amankan Barang Elektronik Anda

Jika anda membawa perangkat elektronik semacam handphone atau barang elektronik lainnya, pastikan untuk menjaga dan melindungi barang anda tersebut agar tidak basah terkena cipratan air.

Gunakan Sandal Gunung

Karena akses jalan menuju Goa Tetes ini masih belum mulus karena medannya yang masih sangat alamai, dimana anda harus menyusuri tanah, bebatuan, sungai dan kondisi jalannya cukup licin, akan lebih nyaman jika anda menggunakan sandal gunung.

Selalu Berhati Hati Saat Menyusuri Medan Goa Tetes

Seperti yang telah kami singgung pada poin di atas mengenai kondisi medan yang masih sangat alami, saat menyusuri area Goa Tetes ini perhatikan langkah anda, carilh pijakan yang tidak ditumbuhi lumut. Karena loaksinya yang lembab dan ditumbuhi banyak lumut, dapat mengakibatkan anda terpeleset.
image by instagram @poto2ku

Wisata Terdekat

Ada cukup banyak tempat wisata yang berada dekat dengan Goa Tetes, satu yang paling dekat ialah Air Terjun Tumpak Sewu, anda bahkan bisa berjalan kaki dari Goa Tetes menuju Tumpak Sewu. Menurut banyak orang yang telah berkunjung kesini, mayoritas mengatakan bahwa tidak lengkap rasanya ke Goa Tetes tanpa mampir ke Air Terjun Tumpak Sewu. Jadi kalau kalian kesini, usahakan mampir ke Tumpak Sewu juga ya…

Karena wisata ini berada di Kabupaten Lumajang, anda juga bisa sekalian mampir ke Air terjun Kapas Biru, Puncak B29, Air terjun Kabut Pelangi dan masih banyak lainnya.

Itulah info yang bisa kami sampaikan tentang Goa Tetes, tempat wisata alam yang menawan dengan pemandangan indah yang pasti tidak akan bisa anda temukan di tempat lain. Jika anda semakin penasaran setelah membaca pembahasan kami diatas dan ingin sekali mengunjungi tempat ini, jangan ragu dan jangan tunda lagi….

Buruan datang ke Goa Tetes, jangan lupa untuk mengajak teman, sahabat, keluarga atau pasangan anda agar bisa sama sama menikmati pemandangan menakjubkan di Goa Tetes ini.

Sekian yang bisa kami sampaikan, semoga info yang kami berikan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi ketika anda memutuskan berwisata kesini, jangan lupa juga untuk share ke media sosial anda agar lebih bemanfaat.

Terimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?