Candi Singosari, Peninggalan Terakhir Kerajaan Singasari

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Halo para traveler! Jika kalian berwisata di Malang bukan hanya ada wisata alam dan wisata modern aja loh !

Kalian juga harus mencoba wisata bersejarah di Malang, selain berwisata kalian juga mendapatkan ilmu pengetahuan pastinya. Wisata bersejarah di Malang gak kalah seru sama wisata lainnya! Yuk kita simak informasinya.

Kali ini kita bakal mengajak kalian untuk mengenal lebih jauh tentang Candi Singosari / Singasari, candi singosari merupakan peninggalan raja Kertanegara, berdiri di areal 200 x 400 m dan terdiri dari beberapa candi. Dulunya candi ini adalah candi tertinggi pada masa itu, dibandingkan dengan candi lain di sekelilingnya. Pahatannya terlihat sederhana dan ada dugaan bahwa candi ini belum selesai pengerjaannya.

Untuk waktu tepat mengenai kapan Candi Singosari ini didirikan masih belum pasti diketahui, namun para ahli memperkirakan candi ini dibangun sekitar tahun 1300 M atau pada masa akhir kerajaan singasari.

Candi ini didirikan sebagai tempat pendharmaan / penghormatan Prabu Kertanegara (raja terakhir dan terbesar dari kerajaan Singasari). Candi ini termasuk Candi Shiwa dikarenakan ada beberapa arca dewa Shiwa didalam Candi Singosari

candi di malang
image by instagram @dk_indra

Lokasi, Jam Buka & Harga Tiket Candi Singosari

Peninggalan bersejarah ini berasal dari Kerajaan Singhasari dan berlokasi di desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Tepatnya di Jalan Kertanegara, No 148. Candi ini berada di antara Pegunungan Tengger dan Gunung Arjuna. Untuk tiket masuk candi singosari, kalian bisa bayar dengan sukarela / seikhlasnya. Buka mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore.

Disini anda juga bisa melakukan banyak hal, anda bisa mengorek sejarah dari masyarakat atau penjaga setempat, bermain dihalaman candi dan juga bisa berfoto dengan latar belakang candi yang tentunya eksotis dan menawan.

arca dwarapala
arca dwarapala penjaga Candi Singosari

Arca Dwarapala Dipercaya Sebagai Penjaga Kesucian Candi

300 m ke arah barat dari Candi Singasari, setelah melalui permukiman yang cukup padat, terdapat dua arca Dwarapala. Dan juga arca terbesar di dunia, dan dinobatkan sebagai Arca atau patung penjaga terbesar di Dunia.

Dwara berarti jalan dan Pala berarti penjaga, jadi Dwarapala adalah penjaga jalan atau pintu gerbang pada candi atau istana pada masa itu dan Dwarapala digambarkan sebagai raksasa menyeramkan yang membawa gada ,seperti yang kita bisa lihat di Candi Singosari.

Terdapat 2 arca Dwarapala dengan berat masing-masing arca mencapai berat 40 ton dan tingginya mencapai 3,7 m, serta lingkar tubuh terbesar mencapai 3,8 m. Letak kedua patung tersebut sekarang terpisah oleh jalan raya.

image by instagram @nadyahsilvy

Candi Singosari Diperkirakan Belum Sepenuhnya Selesai

Hiasan di candi Singosari tidak seluruhnya terselesaikan. Dugaan yang kuat candi ini dulunya pembangunannya belum terselesaikan namun sudah ditinggalkan.

Tak selesainya candi ini dihubung-hubungkan dengan adanya serangan dari Jakatwang yang ingin membunuh Raja Kertanegara dan pasukanya. Peristiwa ini menghancurkan kerajaan Singosari. Dari masa kehancuran ini lah, candi Singosari jadi terbengkalai.

Dihalaman candi sangat banyak arca arca berserakan diantaranya adalah arca dewa dewi. Pada zaman kolonial, sebagain besar arca diambil dan sekarang tersimpan di Leiden, Belanda.

image by instagram @tiikaatikoo

Dan sekedar info tambahan untuk kalian, candi peninggalan kerajaan singasari tidak hanya candi singosari saja lo…,  Tercatat ada beberapa candi lain yang dibangun di masa kerajaan singasari, antara lain : Candi Jawi, Candi Kidal, Candi jago dan Candi Sumberawan (untuk candi sumberawan, letaknya cukup dekat dengan candi singosari, kurang lebih 1,8 km).

Jadi, jika anda masih belum puas melihat keindahan candi singosari, anda bisa mencoba mengunjungi candi – candi peninggalan kerajaan singasari lainnya.

Gimana masih penasaran sama cerita cerita dan legenda disana? Yuk dateng dan isi waktu liburan kalian dengan hal yang bermanfaat. Jangan lupa ajak sodara dan teman teman kalian. Dan yang tak boleh ketinggalan jangan sampai lupa untuk mengabadikan moment kalian berkunjung ketempat bersejarah satu ini.

HAPPY EXPLORING HISTORI IN SINGOSARI AND HOPEFULLY USEFULL GAES!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top
Open chat
1
hallo, selamat datang di erc trans,
ada yang bisa kami bantu?
Powered by