9 Tempat Wisata Dekat Bromo Yang Patut Anda Kunjungi

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Bromo memang menjadi magnet terbesar dalam menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Jawa Timur, pesonanya seakan tak pernah surut meski ribuan orang terus mengunjunginya setiap hari. Melihat banyaknya antusias wisatawan yang datang ke Bromo, membuat gunung ini menjadi semakin populer hingga mancanegara.
Image by Ectrans

Berkaca pada kepopuleran Gunung Bromo, seharusnya tempat tempat wisata dekat Bromo ikut terangkat juga, mengingat letaknya yang cukup dekat. Namun, ternyata banyak wisatawan yang masih belum mengetahui bahwa di dekat Gunung Bromo ada begitu banyak tempat wisata menarik yang patut dikunjungi.

Nah…. Berangkat dari hal inilah kami akan membahas tentang tempat wisata dekat Bromo, yang mungkin bisa menjadi refrensi anda ketika ingin berwisata ke Bromo dan ingin menjelajahi tempat tempat lain yang ada di sekitar Gunung Bromo.

Berikut Tempat Wisata Dekat Bromo Yang Bisa Anda Kunjungi

Image by Dokumentasi Erctrans

Merupakan tempat paling populer untuk melihat sunrise, namun ternyata banyak wisatawan yang belum tahu jika tempat mereka melihat sunrise ini bernama Bukit Penanjakan. Penanjakan ini sendiri terbagi menjadi Penanjakan 1 & Penanjakan 2. Kedua tempat tersebut adalah tempat terbaik untuk menyaksikan detik detik terbitnya matahari.

Jika anda berwisata ke Bromo dan memilih untuk ikut Paket Wisata Bromo, bukit penanjakan ini sudah otomatis termasuk dalam destinasi yang akan anda kunjungi. Bukit ini menjadi spot pertama yang akan anda singgahi sebelum menuju spot lain.

Pasir Berbisik

tour bromo dari probolinggo
Image by Dokumentasi Erctrans

Pasir Berbisik juga termasuk dalam spot inti dari wisata Gunung Bromo, disini anda akan melihat betapa luasnya hamparan padang pasir. Namun padang pasir disini tidaklah panas seperti di Timur Tengah sana, karena berada di area Gunung, hawanya terasa dingin dan sejuk.

Asal penamaan “Pasir Berbisik” ini, didasari oleh adanya suara seolah olah seseorang sedang berbisik. Suara ini bisa timbul akibat dari adanya angin yang berhembus menerpa luasnya padang pasir. Disini anda bisa menjelajahi area lautan pasir dengan jeep hardtop atau jika anda membawa motor trail, anda bisa mengeksplore area lautan pasir ini lebih seru lagi.

Bukit Teletubbies

bukit teletubbies
Image by Dokumentasi Erctrans
Ke Bromo kurang rasanya jika tak mampir ke area Padang Savananya atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies. Area ini berada di sisi tenggara dari Gunung Bromo, Bukit Teletubbies ini juga sudah termasuk dalam destinasi wisata Paket Bromo, jadi jika anda mengambil paket, anda ototmatis akan mengunjungi tempat ini juga.

Pura Luhur Poten

pura luhur poten

Pura Luhur Poten atau orang sering bilang Pura Bromo ini marupakan tempat peribadatan Umat Hindu, mengingat penduduk sekitar Bromo ini mayoritas beragama Hindu. Pura ini terletak di tengah tengah kaldera Bromo dan menjadi satu satunya bangunan permanen yang berdiri di atas kaldera.

Mengingat tempat ini merupakan tempat suci yang digunakan untuk beribadah, jika anda kesini patut rasanya untuk selalu menajga sikap dan menghormati apa yang ada di tempat ini ya…

Air Terjun Tumpak Sewu

tumpak sewu lumajang
image by instagram @meritaha789

Tempat wisata dekat Bromo berikutnya adalah Air terjun Tumpak Sewu, air terjun ini berada di luar area Gunung Bromo namun masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air Terjun ini juga sangat terkenal, hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang ke sini.

Air Terjun Tumpak Sewu terlihat sangat artistik, dengan kontur air terjun yang melebar, banyak orang yang menjulukinya sebagai Mini Niagara di Jawa Timur.

Goa Tetes

goa tetes tumpak sewu
image by instagram @naka_azriel
Goa Tetes ini terletak satu area dengan Air Terjun Madakaripura, juga masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Tengger Semeru. Goa Tetes ini sangat indah, dengan panorama alam yang ditawarkannya berupa sebuah Goa di atas tebing yang selalu basah akibat guyuran air terjun yang ada diatasnya.

Air Terjun Madakaripura

air terjun madakaripura
image by @sebastianus.suaidy

Tempat wisata dekat Bromo berikutnya juga merupakan sebuah air terjun, air terjun ini bernama Air Terjun Madakaripura. Jika anda berwisata ke Bromo sebaiknya anda juga mampir sejenak ke air terjun satu ini. Karena tempat ini berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Untuk bisa mencapai Air Terjun Madakaripura ini, anda harus berjalan menyusuri kedalam tebing. Namun saat sudah sampai di lokasi air terjun, anda akan terpana dengan pesona keindahannya.

Air Terjun Coban Pelangi

image by @ev_malinda

Air Terjun Coban Pelangi ini juga merupakan tempat wisata dekat Bromo, terletak di daerah Tumpang, Malang. Air terjun ini juga cocok anda kunjungi setelah ke Bromo, asal usul penamaan “Pelangi” di air terjun ini, berawal dari munculnya pelangi di bagian kaki air terjun. Pelangi ini muncul sebagai akibat dari pembiasan air oleh cahaya matahari.

Saat ke sini anda bisa melihat betapa anggunnya air terjun dengan sebuah pelangi yang muncul di bagian kaki nya.

Puncak B29

pemandangan b29
image From instagram by @puncakb29
Puncak B29 ini merupakan salah satu spot untuk melihat sunrise Gunung Bromo. Terletak di Lumajang, bukit ini menjadi salah satu tempat yang diburu untuk melihat detik detikm unculnya matahari. Yang membuat tempat ini menarik bagi para wisatawan ialah suasana dan sensasinya yang akan membuat siapapun yang datang berkunjung ke tempat ini akan terasa seperti sedang berada di negeri diatas langit yang sesungguhnya.

Tips Menjelajahi Tempat Wisata Dekat Bromo

Berikut kami beri tips untuk menjelajahi tempat tempat wisata dekat Bromo agar lebih efektif, tips ini bisa anda coba ikuti agar perjalanan wisata anda berjalan lancar tanpa kendala. Tips yang akan kami bagikan ini berasal dari berbagai pengalaman kami yang telah melayani hampir ratusan kali kegiatan wisata di Bromo maupun tempat tempat wisata dekat Bromo lainnya.

Berikut bisa anda simak tips menjelejahi tempat tempat wisata dekat Bromo :

Tentukan Destinasi Yang Ingin Dikunjungi

Saat sedang merencanakan sebuah perjalanan wisata, tentu alangkah baiknya untuk menentukan terlebih dahulu destinasi apa saja yang akan dikunjungi. Ini penting untuk anda tentukan. Untuk lebih efektif, anda perlu memilih tempat wisata yang letaknya cukup berdekatan agar perjalanan wisata anda dapat ditempuh dengan waktu singkat.

Tentukan Budget

Ini juga point terpenting saat merencanakan perjalanan wisata, anda perlu berpikir baik baik mengenai kebutuhan biaya dalam perjalanan wisata anda. Anda bisa memberi batas tertinggi pengeluaran, agar tidak membengkak nantinya.

Budget perjalanan wisata ini termasuk didalamnya adalah transportasi, akomodasi penginapan, konsumsi, tiket masuk tempat wisata dan pengeluaran tidak terduga nantinya.

Transportasi

Kebutuhan tarnspotasi juga perlu anda pertimbangkan secara matang, jika anda membawa kendaraan pribadi mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah. Namun jika anda datang dari luar kota atau luar provinsi, tentu anda akan membutuhkan sarana transportasi untuk menunjang kegiatan wisata anda.

Jika anda membutuhkan jasa transportasi, anda bisa menggunakan jasa Sewa Mobil Malang yang bisa mengantar kemanapun anda inginkan. Dengan menggunakan jasa sewa mobil, tentunya anda tidak perlu lagi repot repot memikirkan tentang jalan, rute menuju tempat wisata dan lain sebagainya.

Penginapan

Berikutnya adalah sarana penginapan, ini penting jika perjalanan wisata anda memakan waktu lebih dari 1 hari 1 malam. Untuk pilihan yang efektif, anda perlu memilih penginapan yang terletak di dekat tempat wisata yang anda kunjungi.

Sesuaikan juga dengan budget yang anda miliki, jika budget anda besar, anda bebas memilih penginapan atau hotel baik yang bintang5 sekalipun. Namun, Jika budget anda tidak terlalu banyak, anda tidak perlu memaksa untuk menginap di hotel berbintang, karena ada banyak juga penginapan berbiaya murah, seperti homestay.

Anda juga bisa memanfaatkan jasa penginapan murah seperti reeddorz, airy room dan lainnya yang rata rata memiliki biaya murah.

Konsumsi

Saat berwisata, tentunya kebutuhan konsumsi jangan sampai terlupakan. Kebanyakan orang akan memilih untuk makan di tempat makan di sekitar tempat wisata atau membawa bekal sendiri.

Namun, anda juga perlu memperhatikan tempat wisata yang akan anda kunjungi, karena kebanyakan tempat wisata dekat Bromo diatas berupa wisata alam, yang beberapa diantaranya berada jauh di tengah hutan dan tidak terdapat warung makan, maka solusinya anda harus membawa bekal sendiri.

Jika Ingin Lebih Praktis, Ikut Paket Wisata

Jika anda merasa repot dengan segala macam urusan wisata diatas, anda bisa mencoba alternatif terbaik, yaitu ikut Paket Wisata. Mengikuti paket wisata adalah pilihan paling mudah, karena anda hanya perlu mengatakan kemana saja anda mau pergi, dan berapa budget yang anda miliki.

Nantinya penyedia jasa paket wisata akan menghitungkan berapa biaya yang dibutuhkan dan mempersiapkan segala kebutuhan wisata anda sedetail detailnya. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai tempat wisata apa saja yang sebaiknya dikunjungi, penginapan mana yang dekat dengan tempat wisata dan anda juga bisa nego harga paket wisata yang ditawarkan dengan budget yang anda sediakan.

Untuk info penyedia paket wisata terpercaya dan berpengalaman, anda bisa mempercayakannya pada Erc Trans, Erc trans merupakan perusahan penyedia layanan transportasi dan paket wisata di Malang.

Erctrans adalah perusahaan resmi berbentuk CV. Erc Berkah Mulia yang berbadan hukum dan memiliki kelengkapan Legalitas perusahaan. Yang lebih penting lagi, Erctrans telah melayani ribuan perjalanan wisata di Jawa Timur. Sehingga pengalaman dalam memandu perjalanan wisata dan memberikan service pelayanan yang maksimal akan anda dapatkan

sewa jeep bromo
Image by Dokumentasi Erctrans

Itulah info tempat wisata dekat Bromo dan tips untuk menjelajahinya, semoga bisa bermanfaat dan dapat memberi inspirasi bagi anda yang sedang merencanakan liburan ke Bromo dan mengunjungi tempat wisata dekat Bromo lainnya.

Have a Good Trip !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top